Tips: Modding Websong M008 9.7 inci Jadi HoneyComb

Serbuan tablet lokal yang dipatok dengan harga murah, cukup menjadi alternatif menggiurkan konsumen entry level yang ingin tampil gaya. Cukup dengan merogoh kocek sekitar Rp 800 ribu sampai dengan Rp 1 juta-an, kita sudah bisa menenteng tablet PC. Sebagai contoh MID Websong M008 9,7 inci.

Sayangnya, fasilitas atau fitur yang dijejalkan ke tablet murah meriah ini menyimpan banyak kekurangan.  Misalnya saja:

  1.  Android Market yang tak tersedia (kalau pun ada, tak bisa diakses), dan digantikan dengan AppMarket. Widget Application Store yang mengarah ke penyedia konten di Cina, untuk download aplikasi/game Android.
  2. Tidak mendukung “Live Wallpaper”.
  3. Konsumsi baterai yang disediakan sangat boros.
  4. Fungsi Modem (default) sangat sulit untuk terkoneksi dengan Modem USB Stick, meskipun sudah menggunakan tipe yang tertera di daftar ‘kompatibilitas Modem’.

Nah, untuk memperbaiki kekurangan ini, MID Websong M008 9,7 inci perlu di-rooted/unlock atau di-upgrade, istilah kerennya di-modding alias modifikasi. Proses Modding ini tak jauh beda dengan IMO Tab X3 maupun IMO Tab X5.

Selanjutnya, hasil Modding ini akan membuat performa keseluruhan MID Websong M008 9,7 inci jadi lebih maksimal. Misalnya saja: Interface (antarmuka) ala Android HoneyComb, dukungan Android Market (bukan AppMarket), Gmail, Google Voice Search, QuickOffice Full Version serta fasilitas-fasilitas keren lainnya, termasuk perbaikan kekurangan (upgrade performance) yang sebelumnya muncul di MID Websong M008 9,7 inci awal.

 “Sebagai catatan buat pengguna yang masih awam soal Rooted, modding atau modifikasi, sebaiknya cari informasi yang lebih banyak terlebih dahulu, supaya lebih jelas keuntungan maupun resiko yang nantinya dihadapi dari proses modifikasi ini.

Kami dari thePONSEL hanya menyampaikan informasi, dan tak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada tablet Android Anda.”

Untuk ritual modding/rooting/modifikasi ini, Anda harus mengunduh ROM modding “Universal Uberoid WM8650 1.5.5 HoneyCombMOD v11 BETA3”.

Proses instalasi ROM:
1.    Sisipkan kartu microSD ke PC/Laptop. Bisa menggunakan card reader atau port khusus yang ada di PC/Laptop.
2.    Format kartu microSD menggunakan sistem FAT32.
3.    Cari tahu tipe/model Tablet Android MID Websong M008 9,7 inci Anda (misalnya VIA WM8650/M009s/M008s/M003s/M012s/etc.);
4.    Ekstrak/Unzip file ROM Universal Uberoid WM8650 1.5.5 HoneyCombMOD v11 BETA3 yang telah didownload ke folder PC/Laptop.
5.    Jalankan file “CHANGER.BAT” yang ada di folder hasil ekstrak ROM modding.

6.    Masukan nomor kode dari tipe/model Tablet Android Anda di kotak dialog bagian bawah. Selanjutnya tekan “Enter”. Misalnya, di tips ini thePONSEL memilih ROM dari tipe M008s 9.7” (sesuai dengan tipe ROM yang sesuai dengan tipe tablet), di kotak dialog tersebut ketik angka 22 lalu Enter.

7.    CHANGER.BAT akan menampilkan notifikasi untuk menyimpan ROM modifikasi ke microSD, pilih ‘Y’ selanjutnya tekan Enter. Proses modifikasi dan copy ROM ke microSD akan berlangsung secara otomatis.

8.    Setelah sukses ter-copy ke microSD, cabut kartu memori tersebut
9.    Matikan Tablet Android MID Websong M008 9,7 inci.
10.  Masukan kartu microSD ke slot yang tersedia.
11.  Hidupkan Tablet Android MID Websong M008 9,7 inci.
12.  Proses instalasi ROM akan berlangsung secara otomatis, di bagian bawah screen/layar akan tertampil indikator prosentase proses instalasi. Tunggu sampai 100%, dan Anda akan diminta untuk mencabut kartu microSD.
13.  Jreeeeennnggggg…. MID Websong M008 9,7 inci Anda sudah berhasil dimodifikasi.

Catatan: Pastikan, setelah berhasil memodifikasi MID Websong M008 9,7 inci Anda, hapus file yang ada di kartu microSD tadi (format ulang kartu microSD) jika ingin digunakan untuk penyimpanan file.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
SAM
SAM
8 years ago

yg mo download film gratis tuk aplikasi king movie player yg ada di hp asiafone/spc/hp lain kunjungi http://www.hpmoviez.blogspot.com

andre
andre
8 years ago

kalo untuk ivio md70 twilight ke gingerbread atau honeycomb bagaimana? atau punya informasi cara meng-upgradenya? terimaksih sebelumnya…….

agus kresbianto
agus kresbianto
8 years ago

makasi gan, dah jalan nih….

forbosse
forbosse
7 years ago

link mediafirenya ga bisa sudah diset private for owner only. Ada link lain uberoid v11 beta3 ga ne? blm sempet icip2 please