Tips: Modding IMO X5 Jadi Mirip HoneyComb

Buat yang sudah lama menunggu-nunggu”Tips: Modding  IMO Tab X5 Jadi Mirip HoneyComb” seperti yang sebelumnya dilakukan pada Modding IMO X3, kini saatnya IMO X5 yang Anda miliki menampilkan nuansa baru dan lebih seru. Dan pastinya, bakal dijejali dengan sederet fitur yang sebelumnya tak akan dijumpai pada IMO X5 versi original.

Misalnya saja: Interface (antarmuka) ala Android HoneyComb, dukungan Android Market (bukan AppMarket), Gmail, Google Voice Search, QuickOffice Full Version serta fasilitas-fasilitas keren lainnya, termasuk perbaikan kekurangan (upgrade performance) yang sebelumnya muncul di IMO Tab X5 original (sebelum di-Modding) dan sama persis dengan kekurangan di IMO X3 sebelumnya.

“Sebagai catatan buat pengguna yang masih awam soal Rooted, modding atau modifikasi, sebaiknya cari informasi yang lebih banyak terlebih dahulu, supaya lebih jelas keuntungan maupun resiko yang nantinya dihadapi dari proses modifikasi ini.

Kami dari thePONSEL hanya menyampaikan informasi, dan tak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada tablet Android Anda.”

Untuk ritual modding/rooting/modifikasi IMO X5 ini sejatinya tak jauh beda dengan proses modding di IMO X3. Anda harus mengunduh ROM modding “v10_v912XL_Uberubertweaked”. Sebagai catatan, ROM ini berlaku untuk Tablet Android yang menggunakan layar kapasitif (capacitive).

Proses instalasi ROM:
1.    Sisipkan kartu microSD ke PC/Laptop. Bisa menggunakan card reader atau port khusus yang ada di PC/Laptop.
2.    Format kartu microSD menggunakan sistem FAT32.
3.    Cari tahu tipe/model Tablet Android IMO Tab X5 Anda (misalnya VIA WM8650/M009s/M003s/M012s/etc.).
4.    Ekstrak/Unzip file ROM v10_v912XL_Uberubertweaked yang telah didownload ke folder PC/Laptop.
5.    Jalankan file “CHANGER.BAT” yang ada di folder hasil ekstrak ROM modding.


6.    Masukan nomor kode dari tipe/model Tablet Android Anda di kotak dialog bagian bawah. Selanjutnya tekan “Enter”. Misalnya, di tips ini thePONSEL memilih ROM dari tipe M009plus 1.5.1 7” (sesuai dengan “Build” number Tablet Android yang tertampil saat pertama kali dihidupkan), di kotak dialog tersebut ketik angka 29 lalu Enter.

Baca:   Tips Penting Main Tinder ala Komedian Kiky Saputri

7.    CHANGER.BAT akan menampilkan notifikasi untuk menyimpan ROM modifikasi ke microSD, pilih ‘Y’ selanjutnya tekan Enter. Proses modifikasi dan copy ROM ke microSD akan berlangsung secara otomatis.

8.    Setelah sukses ter-copy ke microSD, cabut kartu memori tersebut
9.    Matikan Tablet Android IMO X5
10.  Masukan kartu microSD ke slot yang tersedia.
11.  Hidupkan Tablet Android IMO X5
12.  Proses instalasi ROM akan berlangsung secara otomatis, di bagian bawah screen/layar akan tertampil indikator prosentase proses instalasi. Tunggu sampai 100%, dan Anda akan diminta untuk mencabut kartu microSD.
13.  Jreeeeennnggggg….IMO X5 Anda sudah berhasil dimodifikasi.

Setelah proses modding berhasil, umumnya Anda akan mendapati “Touchscreen” tidak bisa diakses alias “Touchscreen Not Working”, dan hanya bisa menggunakan ‘Mouse’ via converter USB bawaan. Nah, untuk mengakalinya:

1. Tekan tombol power beberapa saat, hingga muncul beberapa pilihan (Silent Mode, Airplane Mode, Hibernate dan Power Off)

2. Pilih “Hibernate” dan tunggu sampai lampu indikator mati

3. Tekan kembali tombol power untuk menghidupkan Tablet

4. Tunggu beberapa saat, dan Touchscreen Tablet Android Anda akan bisa digunakan. Langsung deh kalibrasi layarnya.

Catatan: Pastikan, setelah berhasil memodifikasi IMO X5 Anda, hapus file yang ada di kartu microSD tadi (format ulang kartu microSD) jika ingin digunakan untuk penyimpanan file.

Thanks to:

1. leeh33

2. http://techknow.freeforums.org

 

votes
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 4253 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

68 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments