Pertolongan Pertama Ponsel Terkena Air

Saat ini, banyak ponsel yang memiliki kemampuan anti air (waterproof) yang ditandai oleh dukungan sertifikat IP67. Contohnya Sony Xperia Acro S, Motorola Defy Mini, Samsung Xcover 2 dan sebagainya. Jadi, tak akan masalah jika terkena air atau ekstrimnya tercebur ke air. Pertanyaannya, bagaimana jika ponsel biasa yang mengalami nasib sial tersebut?

Nah, buat Anda yang memiliki ponsel tanpa kemampuan anti air, dan smartphone tersebut basah atau jatuh ke air, berikut ini langkah-langkah yang bisa diterapkan sebagai pertolongan pertama, agar ponsel Anda tersebut selamat dari ancaman kerusakan:

1.    Keringkan ponsel
Keringkan ponsel Anda dengan menggunakan handuk atau kain bertekstur halus lainnya. Agar air di dalam ponsel Anda keluar, goyang-goyangkan ponsel Anda dengan perlahan. Hindari mengeringkan ponsel dengan menggunakan pengering rambut atau hairdryer karena sirkuit ponsel yang ada di dalam ponsel Anda sangat rentan terhadap panas.

2.    Gunakan Alkohol
Gunakan alkohol untuk mengeluarkan air dari dalam ponsel. Selain lebih cepat menguap, alkohol juga dapat memaksa air keluar.

3.    Timbun dengan beras
Mungkin terdengar agak aneh, namun beras memiliki sifat menyerap kelembaban, oleh karena itu menimbun ponsel di dalam beras selama semalam juga dapat membantu menurunkan tingkat kelembapan ponsel Anda.

4.    Gunakan Drybox
Drybox adalah media penyimpanan yang dilengkapi dengan serangkaian alat untuk memastikan kelembapan perangkat yang disimpan didalamnya terjaga. Dengan menempatkan ponsel di dalam drybox, Anda dapat mengatur agar tingkat kelembapan di dalam drybox serendah mungkin. Hal ini tentu sangat baik dilakukan agar tingkat kelembapan ponsel Anda dapat berkurang secara perlahan namun tetap aman.

5.    Bawa ke teknisi
Jika semua usaha sudah Anda lakukan, namun ponsel Anda belum dapat dinyalakan saatnya untuk membawa ponsel Anda ke teknisi ponsel yang berpengalaman. Jangan malu untuk mengakui bahwa ponsel Anda rusak karena terendam air. Hal ini perlu Anda lakukan karena pada dasarnya ponsel milik Anda umumnya telah dilengkapi dengan indikator tertentu yang menunjukkan bahwa ponsel pernah terkena air.

Semoga bermanfaat!

(Sumber: Tabloid PULSA)

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Major
Major
7 years ago

Salah! Harusnya cara pertama yg di lakukan adalah melepas batre, untuk mencegah kongselet.