Melindungi file ponsel

Proteksi File di Ponsel Java

Ada cara baru melindungi file-file penting dan sensitif di ponsel berbasis J2ME/Java MIDP 2.0, tentunya lebih mudah dan tanpa dibatasi Application Programming Interface (API) khusus, yang memang kebanyakan jadi kendala di ponsel-ponsel ini.

Masalah lainnya, aplikasi yang beredar umumnya hanya dibuat untuk tipe dan merek tertentu. Kecuali untuk ponsel bersistem operasi Symbian. Sekarang, beberapa pengembang aplikasi berbasis Java coba membuat aplikasi sekuriti yang kompatibel untuk sebagian besar ponsel Java.

Di situs internet penyedia layanan download aplikasi, beberapa diantaranya sudah bisa dijajal dan bahkan ada yang menawarkannya gratis alias freeware. Contohnya, aplikasi FileHide dan Lock. Untuk mencobanya, ikuti langkah berikut:

FileHide

Aplikasi gratisan ini bisa didapatkan dari http://www.getjar.com/products/15083/FileHide atau bisa juga dengan mengunduhnya langsung dari ponsel. Ketik wap.getjar.com > Quick Download > Masukan kode 28093. Bila sudah, ekstraksi dan install file .jar-nya ke ponsel.

Langkah 1

Setelah terinstal, Anda bakal mendapatkan ikon unik serupa kunci gembok di folder aplikasi/installation. Klik dan mulai operasikan aplikasi sekuriti ini.

Langkah 2

Sebagai permulaan, Anda diminta mengisikan kata kunci alias password yang bakal menjadi ‘jampi-jampi’ ajaib untuk mengoperasikan aplikasi ini.

Setelah tersimpan, masukan kembali kata kuncinya > OK. Berikutnya, Anda diminta menyetujui aplikasi ini untuk membaca data-data yang ada di ponsel > Yes.

Langkah 3

Bila proses membaca data berhasil, maka tampilan berikutnya menunjukan drive lokasi penyimpanan file ponsel. Ada Phone memory, Drive C:, Memory card dan Drive: E. Pilih lokasi penyimpanan file yang ingin Anda proteksi. Misalnya, foto/video yang ada di memori ponsel.

Langkah 4

Setelah filenya ditemukan, pilih ‘Go’. Proses proteksi akan otomatis menyembuntikan file tadi.

Bagai mana jika ingin kembali menampilkannya? Mudah, Anda tinggal melakukan proses yang sama ketika akan memproteksinya. Gampangkan…!

Locker

Alternatif lain untuk melindungi file di ponsel java, Anda bisa mencoba aplikasi ‘Locker’. Aplikasi ini sedikit lebih rumit ketimbang ‘FileHide’. Pasalnya, untuk proses proteksi dan mengembalikannya ke semula menggunakan dua metode yang berbeda. Tahapannya sebagai berikut:

Langkah 1

Download aplikasi ini dari http://www.getjar.com/products/3279/Locker, atau bisa juga langsung dari browser ponsel dengan mengetikan wap.getjar.com > Quick Download > Masukan kode 4052. Aplikasi pun akan langsung terinstal ke ponsel.

Langkah 2

Di aplikasi ini, Anda tak langsung diminta mengisikan password, karena defaultnya telah disediakan. Namun, sebaiknya lakukan pengaturan kode ini, Login > Set Password, Kosongkan ‘Old password’ dan isikan password baru beserta konfirmasinya.

Langkah 3

Untuk mulai mengunci file penting Anda, tinggal pilih ‘Lock/Encrypt’ > Yes, untuk mengijinkan aplikasi membaca data.

Langkah 4

Berikutnya, Anda akan mendapatkan folder penyimpanan data ponsel maupun kartu memori. Tentukan folder penyimpanan file, dan sorot file yang ingin diproteksi > Lock, file pun akan hilang dari galeri.

Langkah 5

Untuk Mengembalikannya ke semula, Anda harus kembali ke menu utama. Pilih Unlock/Decrypt > Drive penyimpanan, sorot filenya > Unlock, file pun kembali pada posisi awal. Yakni, bisa muncul di menu galeri.

Selamat mencoba…!

Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

5 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
wenqi
wenqi
12 years ago

thanks untuk tip n trik nya, tapi koq gak ketemu ya software file hide n locker….??????????alamat yg diberikan gak ada tuch….tolong di konfirm ke e-mail saya yach….thanks

Firman
Firman
11 years ago

saya Ingin tanya,.gimana caranya mengembalikan file memory ponsel yg ditelpon klo sudah diformat trus kabel datanya tidak terbaca??

Ibra
Ibra
11 years ago

mau tanya, ak nyoba pke FileHide.
saya nyoba ngikutin langkah2ny, tpi stelah klik GO file ny tidak terhide ..
pesanny jg “subaru.jpg is now visible”(nma fileny subaru)kok tidak “subaru.jpg is now hidden” ???
mkasii..

solliloque
solliloque
10 years ago

aq udah pake file hide, udah berhasil terkunci.
Tapi setelah aq masukin password kok tetap nggak bisa kebuka, sampe sekarang terhidden alias terpassword, jadi aq coba uninstall aja software file hide, eh ternyata fileku yang terpassword tetap ga bnisa dibuka dan gak bisa dihapus. Punya solusinya ga, biar fileku bisa kembali spt semula?

Park Lee
Park Lee
10 years ago

Pro Solliloque: Bisa! gunakan aja BlueFTP. Unduh aja di Getjar. Ikuti langkah2nya. Saya punya pengalaman yang sama dengan kamu. K, Selamat mencoba, bro!