Melindungi file di Ponsel Berbasis Java

Proteksi File

thePONSEL.com – Ada cara baru melindungi file-file penting dan sensitif di ponsel berbasis J2ME/Java MIDP 2.0, tentunya lebih mudah dan tanpa dibatasi Application Programming Interface (API) khusus, yang memang kebanyakan jadi kendala di ponsel-ponsel ini.

Masalah lainnya, aplikasi yang beredar umumnya hanya dibuat untuk tipe dan merek tertentu. Kecuali untuk ponsel bersistem operasi Symbian. Sekarang, beberapa pengembang aplikasi berbasis Java coba membuat aplikasi sekuriti yang kompatibel untuk sebagian besar ponsel Java.

Di situs internet penyedia layanan download aplikasi, beberapa diantaranya sudah bisa dijajal dan bahkan ada yang menawarkannya gratis alias freeware. Contohnya, aplikasi FileHide dan Lock. Untuk mencobanya, ikuti langkah berikut:

FileHide

Aplikasi gratisan ini bisa didapatkan dari http://www.getjar.com/products/15083/FileHide atau bisa juga dengan mengunduhnya langsung dari ponsel. Ketik wap.getjar.com > Quick Download > Masukan kode 28093. Bila sudah, ekstraksi dan install file .jar-nya ke ponsel.

Langkah 1

Setelah terinstal, Anda bakal mendapatkan ikon unik serupa kunci gembok di folder aplikasi/installation. Klik dan mulai operasikan aplikasi sekuriti ini.

Langkah 2

Sebagai permulaan, Anda diminta mengisikan kata kunci alias password yang bakal menjadi ‘jampi-jampi’ ajaib untuk mengoperasikan aplikasi ini.

Setelah tersimpan, masukan kembali kata kuncinya > OK. Berikutnya, Anda diminta menyetujui aplikasi ini untuk membaca data-data yang ada di ponsel > Yes.

Langkah 3

Bila proses membaca data berhasil, maka tampilan berikutnya menunjukan drive lokasi penyimpanan file ponsel. Ada Phone memory, Drive C:, Memory card dan Drive: E. Pilih lokasi penyimpanan file yang ingin Anda proteksi. Misalnya, foto/video yang ada di memori ponsel.

Baca:   4 Syarat Penting Dalam Memilih TWS, No.4 Paling Ajib

Langkah 4

Setelah filenya ditemukan, pilih ‘Go’. Proses proteksi akan otomatis menyembuntikan file tadi.

Bagai mana jika ingin kembali menampilkannya? Mudah, Anda tinggal melakukan proses yang sama ketika akan memproteksinya. Gampangkan…!

Locker

Alternatif lain untuk melindungi file di ponsel java, Anda bisa mencoba aplikasi ‘Locker’. Aplikasi ini sedikit lebih rumit ketimbang ‘FileHide’. Pasalnya, untuk proses proteksi dan mengembalikannya ke semula menggunakan dua metode yang berbeda. Tahapannya sebagai berikut:

Langkah 1

Download aplikasi ini dari http://www.getjar.com/products/3279/Locker, atau bisa juga langsung dari browser ponsel dengan mengetikan wap.getjar.com > Quick Download > Masukan kode 4052. Aplikasi pun akan langsung terinstal ke ponsel.

Langkah 2

Di aplikasi ini, Anda tak langsung diminta mengisikan password, karena defaultnya telah disediakan. Namun, sebaiknya lakukan pengaturan kode ini, Login > Set Password, Kosongkan ‘Old password’ dan isikan password baru beserta konfirmasinya.

Langkah 3

Untuk mulai mengunci file penting Anda, tinggal pilih ‘Lock/Encrypt’ > Yes, untuk mengijinkan aplikasi membaca data.

Langkah 4

Berikutnya, Anda akan mendapatkan folder penyimpanan data ponsel maupun kartu memori. Tentukan folder penyimpanan file, dan sorot file yang ingin diproteksi > Lock, file pun akan hilang dari galeri.

Langkah 5

Untuk Mengembalikannya ke semula, Anda harus kembali ke menu utama. Pilih Unlock/Decrypt > Drive penyimpanan, sorot filenya > Unlock, file pun kembali pada posisi awal. Yakni, bisa muncul di menu galeri.

Selamat mencoba…!

votes
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 3964 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

5 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments