Jajal Navigasi Digital di Tablet Lokal

Anda yang suka bepergian alias traveling menggunakan kendaraan bermotor, pastinya membutuhkan panduan navigasi via peta digital untuk menjangkau lokasi atau tempat yang belum pernah dikunjungi, supaya tidak tersesat alias ‘kesasar’.

Di smartphone yang memiliki fitur GPS internal, bisa dengan mudah memanfaatkan fasilitas ‘jelajah’ ini. Begitu pula untuk Anda yang memiliki Tablet PC. Tak hanya merek branded, Tablet Android keluaran vendor lokal seperti IMO, NS Mobile, Cyrus, Beyond, Movi dan sebagainya pun bisa pula memanfaatkan kemampuan navigasi digital ini untuk panduan traveling.

Secara default, Tablet PC berbasis Android akan dilengkapi oleh peta digital Google Maps plus fitur Latitude dan Navigation. Namun, jika menggunakan fitur ini Tablet PC Anda harus terkoneksi dengan data operator. Selain itu, Google Navigation sendiri belum bisa dimanfaatkan untuk wilayah Indonesia.

Nah, sebagai alternatif Anda bisa memanfaatkan layanan navigasi menggunakan aplikasi Papago!. Versi awal, Papago! Menyediakan aplikasi khusus untuk beberapa wilayah Asia seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei. Namun, di versi terbaru sudah terintegrasi untuk semua wilayah Asia. Versinya adalah Papago! M9.

Di aplikasi ini, Anda bisa mengikuti panduan navigasi dengan tampilan 3D atau 2D plus panduan Turn by Turn melalui suara. Anda juga dapat mencari lokasi-lokasi penting alias Point Of Interest (POI) seperti tempat makan, pom bensin, tempat ibadah, hotel, rumah sakit dan sebagainya dengan ditel yang jelas serta lengkap.

Untuk Anda yang ingin mencobanya, bisa mengikuti panduan berikut. Tapi syaratnya, Tablet Android Anda sudah mendukung GPS Internal. Sebagai contoh IMO Tab X-One atau NS Mobile iCon Tac 7”. Anda yang ingin mengecek Tablet PC mendukung GPS Internal atau tidak, bisa masuk ke menu “Settings” > Location. Lihat gambar berikut.

Untuk menjajal kemampuan GPS internal Tablet Android lokal Anda, coba gunakan aplikasi GPS Test yang bisa didownload dari Google Play Store.

Berikut langkah instalasi PAPAGO! M9:

1.    Download Papago! M9.
2.    Selanjutnya ekstrak file hasil download tadi menggunakan WinRAR. Anda akan mendapatkan folder bernama “NaviSEA” dari hasil ekstrak tersebut.
3.    Sekarang, download peta digital untuk Indonesia.
4.    Setelah itu, ekstrak file tersebut, hingga Anda mendapatkan folder “INDONESIA”.
5.    Copy folder “INDONESIA” ke folder Maps yang ada di folder “NaviSEA” hasil ekstrak sebelumnya.
6.    Langkah berikutnya, Copy folder “NaviSEA” dari komputer ke memori Tablet PC Anda, tapi dengan catatan memori internal yang dimiliki cukup besar. Jika tidak, sebaiknya copy folder “NaviSEA” ke Memory Card (MicroSD/TF card).
7.    Sekarang, dari Tablet Android Anda buka folder “NaviSEA” menggunakan aplikasi File Manager seperti Astro File Manager, ES File Explorer atau File Expert. Di dalam folder tersebut, Anda akan menemukan file APK dari aplikasi Papago! M9 yakni “Navitotal! M9SEA.apk”.
8.    Klik Navitotal! M9SEA.apk untuk menginstal aplikasi Papago! M9 ke Tablet Android Anda.
9.    Selesai. Anda sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut sebagai panduan navigasi untuk traveling.

Selamat mencoba!

Credit to: navitotal

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments