Cara Memproteksi File dan Aplikasi di Asus Padfone 2

0Selain didukung beragam fitur dan aplikasi khas Android Jelly Bean, Padfone 2 juga menyediakan beberapa aplikasi bawaan Asus yang cukup bermanfaat bagi pengguna. Salah satunya adalah App Locker.

Aplikasi ini berfungsi untuk memproteksi file-file penting yang tersimpan di Padfone 2, supaya tidak bisa diakses orang lain. Menariknya, App Locker juga dapat digunakan untuk ‘mengunci’ aplikasi penting yang Anda inginkan.

Secara teknis, App Locker menerapkan mekanisme yang tak jauh beda dengan aplikasi proteksi file kebanyakan. Yakni, dengan menggunakan password alias kata kunci yang Anda buat pada saat awal mengaktifkan aplikasi tersebut.

Nah, untuk yang ingin mencobanya, bisa mengikuti tips singkat berikut:

1. Buka dan jalankan App Locker dengan memilih ‘Start’.

2. Masukan password alias kata kunci sesuai keinginan Anda (4-12 Alphanumeric), konfirmasi kembali password lalu klik ‘OK’.

3. Berikutnya, Anda akan diminta untuk mengaktifkan App Lock dengan memilih ‘OK’. Selanjutnya, untuk mengaktifkan atau me-nonaktifkan App Locker tinggal membuka menu tray aplikasi ini.

4. Di opsi paling atas sebelah kiri tampilan App Locker, Anda akan menjumpai dua pilihan yakni App Locker dan File Protection.

5. Pilih App Locker jika Anda ingin memproteksi aplikasi yang ada di Padfone 2. Berikutnya, secara otomatis akan tertampil katalog aplikasi apa saja yang ada.

6. Klik kotak dialog yang ada di depan nama aplikasi yang Anda pilih. Akan muncul tanda centang dan gambar ‘gembok’ di aplikasi tersebut, yang mengindikasikan kalau si aplikasi telah terproteksi.

7. Jika Anda ingin memproteksi file, pilih opsi ‘File Protection’. Selanjutnya, lakukan langkah sama seperti saat Anda memproteksi aplikasi.

8. Jika selesai, Anda bisa menutup App Locker.

9. Di homescreen Padfone 2, Anda akan melihat ikon aplikasi atau file yang digembok. Untuk membukanya, Anda harus memasukan password yang telah dibuat saat pertama mengaktifkan fitur App Locker.

Selamat mencoba!

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments