5 Fitur Keamanan Telegram yang Wajib Diketahui

Fitur Keamanan Telegram

thePONSEL.com – Untuk pengguna layanan sosial media, tentunya tidak asing lagi dengan Telegram, ya salah satu platform pengiriman pesan instan multiplatform. Tapi, tau gak sama fitur keamanan Telegram?

Sebagai informasi, Telegram pertama kali dirilis pada tahun 2013 dan saat ini sudah bisa digunakan di berbagai platform, mulai dari desktop, iOS dan Android.

Apabila dibandingkan dengan aplikasi layanan pengiriman pesan instan lainnya, Telegram juga tak kalah populer, lho.

Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya sebagai aplikasi favorit bagi banyak orang, di antaranya adalah sifatnya yang gratis dan bebas dari iklan, dapat menampung lebih banyak anggota grup (200.000 anggota), memiliki fitur Channel, dan masih banyak lagi.

Namun selain kelebihan-kelebihan tersebut, Telegram juga punya berbagai fitur keamanan yang membuat aplikasi ini lebih stand out dan dapat diandalkan dibanding aplikasi-aplikasi pengiriman pesan instan lainnya.

Penasaran? Yuk, simak 5 fitur keamanan Telegram yang wajib Anda tahu berikut ini!

Kunci pesan dengan fitur Lock Chat agar terhindar dari teman yang kepo

Anda mungkin pernah merasa risih saat sedang chatting di tempat umum atau di sekitar teman-teman karena khawatir isi pesan dilirik orang lain.

Tenang saja, sebagai pengguna Telegram Anda bisa memanfaatkan fitur lock chat agar isi pesan tidak ketahuan orang lain.

Caranya, Anda cukup klik tombol Setting – Privacy and SecurityPasscode and Touch ID – Pasang PIN atau Touch ID – Selesai!

Pesan akan secara otomatis terkunci setelah aplikasi tidak digunakan selama beberapa menit atau Anda bisa klik ikon lock chat pada bagian atas aplikasi Telegrammu untuk mengaktifkan fitur ini kapan saja.

Kirim pesan rahasia dengan fitur Secret Chat

Mau berkirim pesan rahasia dengan sahabat? Anda bisa gunakan fitur secret chat di Telegram, lho.

Melalui fitur ini Anda bisa mengirim pesan rahasia dengan siapapun yang Anda inginkan. Fitur secret chat pada aplikasi Telegram bersifat end-to-end encrypted sehingga tidak ada pihak ketiga yang bisa melihat pesan Anda dengan sahabat saat menggunakan fitur ini, termasuk Telegram. Hebat, kan?

Untuk mengaktifkannya, Anda cukup klik kontak orang yang ingin kamu kirim pesan, klik namanya, kemudian klik Start Secret Chat pada ikon more.

Akses masuk yang super aman dengan fitur Two-Step Verification

Saat ini sudah ada banyak aplikasi yang menggunakan fitur two-step verification untuk meningkatkan keamanan penggunanya, tak terkecuali Telegram.

Apabila diaktifkan, fitur ini mengharuskan pengguna untuk memasukkan password setiap kali masuk ke akun Telegram pribadi melalui perangkat yang baru maupun lama.

Baca:   3 Cara Bikin Vlog Stand Out #WithGalaxy

Password ini dibutuhkan sebagai pelengkap dari OTP (one-time password) yang muncul ketika pengguna memasang akun Telegram di perangkat yang baru.

Fitur ini sangat berguna untuk melindungi akun pengguna aplikasi dari para pencuri identitas yang mengetahui password dan berusaha untuk meretas akun Telegram mereka.

Mendukung server proxy

Selain ketiga fitur di atas, Telegram juga mendukung server proxy. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan IP address dengan cara mengkoneksikan akunnya ke sebuah server proxy khusus.

Pada dasarnya, cara kerja fitur ini sama seperti VPN connection yang lazim digunakan oleh banyak orang untuk melindungi identitas mereka di internet.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa menuju Settings – Data and Storage – Proxy Settings.

Salkir? Jangan panik, pesan yang sudah terkirim bisa dihapus, lho!

Seringkali kita terlalu asyik chatting hingga keliru ketika mengirim pesan. Seharusnya kirim ke pacar, tapi malah salah sasaran.

Kalau hal ini terjadi, Anda nggak perlu khawatir karena di aplikasi Telegram kamu bisa menghapus pesan yang sudah terkirim.

Lebih kerennya lagi, berbeda dengan aplikasi pesan instan lainnya, kamu bisa menghapus pesan yang sudah terkirim kapan pun dan tanpa ada batas waktu.

Jadi, kalau Anda ingin menghapus pesan yang sudah terkirim sebulan lalu, Anda masih bisa melakukannya. 

Gimana? Keren, kan? Sebagai salah satu aplikasi layanan pengiriman pesan instan yang paling populer, Telegram selalu mengutamakan keamanan para penggunanya.

Sebagaimana dikutip dari Pavel Durov, Founder dari Telegram, dalam blognya, “We believe being open source and having crypto contests helps us provide a better service. That’s why we reward people when they share ideas that allow us to make Telegram more secure.” Telegram selalu terbuka terhadap hal-hal yang mendukung keamanan aplikasinya menjadi lebih baik lagi.

Jadi, Andau ngga perlu khawatir dengan keamanan aplikasi Telegram. Mulai sekarang, Anda bisa dengan bebas bertukar pesan rahasia dengan sahabat, mengunci pesan agar terhindar dari orang-orang kepo, dan bahkan terhindar dari orang-orang asing yang ingin meretas akun. Selamat mencoba!

votes
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 3974 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments