Vitell V299

Menjaring Konsumen

Lewat Program Bundling

Strategi jitu kembali digelar Vitell Mobile, lewat program bundling ponsel murahnya: Vitell V299 dengan operator XL. Sebelumnya, beberapa seri murah yang ditawarkan vendor lokal ini, tercatat belum bisa mendongkrak pendapatannya. Padahal, beberapa fitur yahud ikut disuntikan, sebut saja MP3 player dan video player. Nah, lewat program perdananya ini, sanggupkah Vitell V299 jadi primadona ponsel murah?

Disain

Tak ada yang spesial dari tampilan fisik ponsel ini. Ya, disain Vitell V299 sewajarnya ponsel kelas murah-meriah. Candybar alias batang, dengan struktur yang sederhana. Namun, padanan lis perak dengan warna cover hitam, membuat tampilan Vitell V299 sedikit terlihat manis.

Meski berharga murah, ponsel ini telah ditanamkan LCD warna. Di spesifikasi pabrikan, jenisnya disebutkan CSTN 65 ribu warna. Namun, untuk ukuran ponsel berharga kurang dari Rp 500 ribu, layar ini terbilang lumayan keren.

Struktur keypad dan tombol navigasi V299 serupa seniornya, Vitell V200. Bahan plastik jadi material utama tombol alfanumerik ini. Sama halnya dengan bahan karet, tipe tuts ponsel ini terasa membal ketika ditekan.

User Interface

Anda yang pernah menggunakan ponsel Nokia seri 40 atau kelas low end-nya, bakal menemukan interface yang mirip di Vitell V299. Struktur menunya dibuat dalam format matrik grid 3×3, dengan model ikon yang khas Nokia seri 40. Cukup menarik.

multimedia

Sektor ini lah yang jadi unggulan utama Vitell V299. Dengan harga murah – meriah, ponsel ini sanggup mengakomodasi sarana hiburan lengkap. Ada MP3 player dan video player. Sayang, fasilitas ini tak didukung dengan kemampuan ruang penyimpanan yang memadai. Termasuk, tak tersedianya slot kartu memori tambahan.

Kelemahan lain, file MP3 dan video (MP4) bawaah pun jumlahnya terbatas. Bahkan, bisa dibilang hanya sekedar ‘ada’. Dari segi kualitas, file musik dan video yang disuntikan, jauh dari harapan. Bahkan, untuk klip video-nya merupakan modifikasi file gambar yang dibuat bergerak, alias motion JPEG (MJPEG). Jadi, jangan terlalu berharap lebih dengan harga yang murah.

Beruntung, ponsel ini menambahkan satu sarana hiburan alternatif. Yakni, radio FM. Kemampuannya menangkap siaran berita terbilang standar. Termasuk proses pengoperasiannya, yang harus mencolokan handsfree terlebih dulu. Seriupa kebanyakan ponsel ber-radio FM milik Motorola dan Nokia.

Fitur Lain

Untuk fitur harian, Vitell V299 pun menyertakan fasilitas yang seadanya. Sebut saja My schedule, Calculator, Calendar, Notepad, Stopwatch, Converter, World times, Currency converter, Height & Weight, Biorythm dan beberapa lainnya.

Sementara, buat iseng-isengan V299 menambahkan tiga buah permainan. Ada Tetris, Hit Mice dan Bumper Ball. Semuanya merupakan game sederhana, dengan tampilan grafis yang juga seadanya. Yang penting ‘fun’.

Baterai

Serupa beberapa merek ponsel Cina lain, semisal Beyond dan Swaahoo, Vitell pun menggunakan model baterai universal dengan standar milik Nokia. Yakni, Lithium Ion BL-4C berkapasitas 650 mAh. Bahkan, port charger dan konektornya pun sama persis dengan milik Nokia tipe low end. Jadi, Anda yang memiliki baterai Nokia BL-4C bisa menggunakannya di Vitell V299 ini.

Untuk daya tahan, baterai ini sanggup mensuplay daya hingga 2 hari, Sementara, untuk waktu bicara bisa mencapai 2 jam nonstop.

Kesimpulan

Dengan program bundling, pastinya harga yang ditawarkan bisa lebih murah lagi plus sederetan ‘hadiah’ yang diberikan. Namun disisi kualitas, harga murah berimbas pada kualitas yang juga seadanya. Lihat saja, fitur MP3/MP4 player yang ditawarkan hanya sekedar ‘ada’, tanpa didukung ketersediaan memori yang besar. Sudah gitu, format file yang digunakan pun tak standar alias telah dimodifikasi sana sini. Sayang sekali.

Tetapi, Anda yang hanya membutuhkan sarana komunikasi standar dengan teknik pengoperasian yang mudah, dan budget yang terbatas pula, tak ada salahnya menjadikan Vitell V299 sebagai alternatif pilihan.

Spesifikasi:

Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz); Dimensi: 10×4,3×1,35 cm; Layar: CSTN 65 ribu warna; Konektivitas: Kabel data USB; Messaging: SMS; Fitur lain: My schedule, Calculator, Calendar, Notepad, Stopwatch, Converter, World times, Currency converter, Height & Weight, Biorythm, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium Ion 650 mAh (BL-4C).

Share this:
About thePONSEL.com 3268 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

14 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments