Vitell V288, Ponsel Multimedia dengan Jaringan Dual On

Tak mau ketinggalan dibanding para rivalnya, Vitell Mobile kembali menggebrak pasar ponsel tanah air lewat seri-seri terbaik. Satu daiantaranya Vitell V288. Ponsel berdisain stylish ini, menjagokan sisi multimedia khususnya pemutar musik yang dikolaborasikan dengan teknologi Dual On GSM-GSM.


Disain

Dari kucuran warna dan ornamen disain, ponsel ini nampaknya ingin mengadopsi konsep disain generasi Walkman Sony Ericsson. Tengok saja, lubang earpeace serta permainan warnanya kental nuansa ponsel musik Sony Ericsson. Namun, ciri khas ponsel Cina tetap saja terlihat jelas di ponsel berkonstruksi candybar ini. Mulai dari penggunaan LCD berteknologi sentuh (touchscreen), yang menghadirkan deretan tombol akses cepat ke beberapa fitur utama di bagian bawah layar, hingga struktur keypad yang terkesan kurang familier. Pasalnya, posisi tombol *, # dan angka 0 ada di barisan paling kanan.

Di bagian D-pad, ponsel ini menanamkan dua tombol pilihan untuk mengakses dua jaringan operator berbeda, yang ditandai dengan angka 1 dan 2. Ya, Vitell V288 memang diposisikan sebagai ponsel berjaringan ganda alias Dual On. Nah, hadirnya tombol-tombol ini cukup membantu proses pemilihan kartu operator mana yang akan digunakan untuk bertelepon. Sayang, penggunaan material keypad dari bahan plastik bening terkesan kurang baik. Masalahnya, tombol alfanumerik ini ketika ditekan terasa kurang nyaman, karena cukup keras dan sedikit membal.

Di sisi bodi, tak banyak dihiasi panel-panel kontrol. Hanya ada port kabel data yang juga berfungsi sebagai port charger. Sementara, untuk slot kartu memori posisinya ada dibagian dalam dan untuk menyisipkan kartu memori Anda harus melepas baterai terlebih dahulu. Sedang untuk slot kartu SIM, letaknya di atas memory card, dengan posisi berjajar antara SIM 1 dan 2.

Layar & User Interface

Seperti disinggung sebelumnya, Vitell V288 menggunakan LCD touchscreen. Kejernihan tampilannya mencapai 262.144 warna, seukuran 2.6 inci. Cukup enak dan nyaman dipandang mata. Sayang, ketika digunakan langsung di bawah sinar matahari, kualitas layarnya merosot drastis. Bahkan, jajaran menunya tak terlihat sama sekali. Untuk antarmuka, Vitell V288 menggunakan model list. Tampilannya serupa struktur menu ponsel Siemens kelas low end. Bagian kiri menghadirkan ikon mungil standar, sementara bagian kanannya menerangkan fungsi menu tersebut. Sayang, tak ada pengaturan untuk transformasi menu ke model lain, layaknya ponsel Motorola. Masuk lebih jauh ke sub menu, Anda akan mendapatkan tampilan khas ponsel Cina. Struktur list, dengan ikon kecil yang dilengkapi keterangan fungsi menu.

Jaringan

Hadirnya dua tombol akses ke dua jaringan berbeda, menunjukan kalau ponsel ini sanggup beroperasi dengan baik menggunakan dua kartu SIM berbeda, alias Dual On. Namun, network yang bisa dijalankan hanya GSM-GSM. Seperti halnya ponsel Dual On lain, saat kartu SIM pertama sedang melakukan komunikasi, kartu satunya lagi tetap bisa dioperasikan atau menerima telpon masuk. Notifikasinya berupa nada khusus dan juga tampilan incoming call di layar ponsel.

Multimedia

Di sisi hiburan, Vitell V288 telah menyiapkan sederet fitur yang lumayan oke. Ada audio player, video player, radio FM dan beberapa buah game. Untuk pemutar musik, player ponsel ini bisa mengeksekusi file MP3/AAC dan WAV. Performanya standar ponsel Cina lain, dengan tampilan interface yang lumayan atraktif. Informasi seputar judul lagu, artis serta durasi putar bisa ditampilkan dengan baik. Bagaimana dengan kualitas output audionya? Ya, inilah kekuatan Vitell V288 di sisi hiburan.

Hadirnya loudspeaker di bodi belakang, sanggup menyemburkan dentuman musik yang cukup menggelegar. Mesti volume suaranya diatur dalam posisi maksimal, kualitasnya tetap baik. Bahkan, hadirnya pilihan equalizer bisa meningkatkan performa audio ini. Untuk pemutar video, Vitell V288 dapat memainkan klip film berformat avi dan 3gp. Meski tampilannya biasa-biasa saja, namun lumayan baik untuk sekadar hiburan. Menariknya, saat video sedang diputar Anda bisa mengatur tampilannya dalam modus landscape maupun portrait.

Bahkan, Anda juga bisa meng-capture tayangan klip film tadi dalam format jpeg. Untuk radio FM, Anda baru bisa menikmatinya setelah menancapkan handsfree dengan ujung port jack khusus. Handsfree ini juga berfungsi sebagai antena penangkap sinyal gelombang stasiun radio. Kualitas penangkapan frekuensi siaran, tercatat lumayan bagus. Anda juga bisa menggunakan loudspeaker, untuk mendengarkan siaran berita. Sayang, Vitell V288 tak menyertakan fasilitas rekam siaran radio, apalagi menambahkan kemampuan untuk menjadikannya sebagai penanda alarm.

Kamera

Vitell V288 ditanamkan kamera berkekuatan VGA, dengan resolusi gambar maksimal 640×480 piksel. Tampilan menu kamera V288 khas phonel-ponsel Cina, dengan ikon dan struktur yang identik. Untuk fasilitas pemaksimal hasil foto, kamera ini dilengkapi dengan pengaturan white balance, night mode, effect serta beberapa setingan standar lain.
Soal kualitas foto, tak jauh beda dengan kamera VGA ponsel asal Cina lain. Masih banyak dihiasi noise, dan terkadang tampilannya kurang terang. Bahkan, saat digunakan memotet obyek outdoor ditempat berpencahayaan normal, hasil fotonya justru sedikit terlihat over exposure. Urusan perekaman video, kamera Vitell V288 pun sanggup mengeksekusinya dengan baik. Meski formatnya hanya avi, dan performanya terkesan nanggung, namun sudah lumayan andil dalam menghadirkan sarana entertain di ponsel ini.

Koneksi & Internet

Sebagai jembatan proses pengiriman file, Vitell V288 mempercayakannya ke Bluetooth yang telah support profile A2DP (Advanced Audio Distribution Profile). Lewat teknologi ini, Anda bisa mengirimkan dendangan lagu secara nirkabel ke perangkat headset stereo yang kompatibel. Performa saluran koneksi ini terbilang cukup tangguh dalam mengirim/menerima file. Selain itu, Vitell V288 juga menyiapkan alternatif media koneksi lain berupa port kabel data. Dengan port ini, Vitell V288 bisa dimanfaatkan sebagai mass storage dan webcam PC. Anda yang hobi browsing, bisa juga memanfaatkan browser WAP 2.0 yang telah disuntikan ke V288. Kanal datanya menggunakan jaringan GPRS. Untuk kemampuan ini, memang masih terasa kurang maksimal, tampilannya pun masih sekelas WAP 1.2.1. Satu lagi, untuk menikmati internet di V288, kartu SIM yang bisa digunakan default-nya adalah SIM 1.

Memori

Vitell V288 menyiapkan kapasitas memori internal yang cukup kecil, yakni hanya sekitar 250 kb. Namun, untuk menampung seluruh data baik foto, video maupun lagu, ponsel ini telah menyiagakan slot kartu microSD dengan kapasitas maksimal 2GB. Dalam paket penjualannya, pihak distributor telah menyisipkan kartu microSD sebesar 1GB secara gratis.

Baterai

Sumber power ponsel ini bisa dibilang lumayan baik. Ya jenis lithium ion berkekuatan 1300 mAh jadi andalannya. Untuk pemakaian standar, misalnya memutar lagu dan sedikit jeprat-jepret, baterai ini bisa bertahan sekitar 1-1,5 harian.

Spesifikasi:
Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On GSM-GSM; Dimensi: Layar: 2.6 inci, TFT touchscreen 262.144 warna; Kamera: VGA, 640×480 piksel, video recording; Memori internal: 250 KB; Memori eksternal: microSD up to 2GB; Transfer data: GPRS class 12; Messaging: SMS, SMS Chat, MMS; Konektivitas: Bluetooth (A2DP), kabel data; Browser: WAP 2.0; Fitur lain: Polifonik 64 channel (MP3/WAV/MIDI), Audio player, video player, radio FM, Image viewer, Sound recorder, Melody composer, Calendar, To do list, Alarm, World clock, SIM tool kit, Calculator, Currency converter, Stopwatch, E-book reader, Handwriting recognition, Equalizer, File manager, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion 1300 mAh.

vote
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 3388 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

20 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments