Titan T9898, Produk Anyar dari Brand Baru

Titan T9898

thePONSEL.com – Hadirnya Titan, menambah deretan panjang ponsel Cina yang mengadu nasib di Tanah Air. Bagi konsumen, ini merupakan suatu keuntungan. Pasalnya, alternatif pilihan produk jadi lebih beragam. Lewat seri perdananya: Titan T9898, brand lokal ini tak hanya menjanjikan fasilitas tv tuner full multimedia, tapi sekaligus memadukannya dengan teknologi dual Mode/dual ON.

Konsep memadukan ponsel tv dengan teknologi dual ON CDMA-GSM, memang bukan cerita baru. Beberapa vendor sejenis, bahkan telah menawarkan garapannya lebih dulu. Sebut saja Beyond, MyG, MicXon, IMO, Taxco dan beberapa lainnya. Rata-rata, model serta sokongan fitur di dalamnya terbilang identik. Nah, bagai mana dengan Titan T9898?

Disain

Disain T9898 memang bukan satu-satunya di pasaran. Jika Anda sering main ke pusat perkulakan ponsel, pastinya bakal menjumpai disain yang sama persis namun dari brand lain. Sebut saja Taxco DM-90 dan MicXon CTV-880.

Wajar, di Cina urusan paten produk memang sedikit kurang baik. Yang penting, jika terdapat minimal lima perbedaan, suatu produk sudah bisa dibilang lain. Meskipun struktur fisiknya sama persis.

Cita rasa Cina, hadir di jajaran keypad. Yakni, tuts (*), 0 dan (#) diletakan di kolom paling kanan. Ciri satu lagi, yakni hadirnya ikon shortcut di bagian bawah layar yang menandakan ini adalah ponsel berlayar sentuh (touchscreen).

Uniknya, untuk memudahkan akses ke fitur tv tuner, Titan T9898 menyematkan satu tombol cepat. Posisinya di bawah tombol right softkey, bersebelahan dengan tombol power.

Karena mengusung dua jaringan berbeda (GSM-CDMA), ponsel ini pun menanamkan dua tombol singkat untuk memilih kartu SIM mana yang akan digunakan menelpon. Peletakannya ada di sisi kiri tombol navigasi.

Layar dan User Interface

Permukaan atas bodi bongsornya dihiasi layar warna, dengan porsi yang cukup besar. Yakni, 3 inci dengan daya pancar 262 ribu warna plus teknologi layar sentuh (touchscreen).

Urusan antar muka (User Interface), Titan T9898 mengandalkan model standar pabrikan Cina. Alhasil, tampilan keseluruhan menu di dalamnya cukup identik dengan ponsel sejenis. Termasuk struktur dan susunan sub menu turunannya.

Hadirnya menu ‘Background play’ kembali jadi poin plus ponsel asal negeri tirai bambu, dalam menghadirkan nuansa multitasking. Khususnya untuk pemutar musik dan radio FM. Jadi, Anda tetap bisa mengoperasikan fitur lain semisal mengetik pesan, sambil tetap mendengarkan lagu atau berita radio.

Fitur Unggulan

TV Tuner

Masih santernya gaung ponsel tv, menggiring Titan T9898 untuk tetap menjagokan Fitur tv tuner. Teknologi ini sepertinya tak perlu dibahas panjang lebar lagi. Yang perlu diperhatikan sekarang adalah masalah performanya.

Urusan menjaring gelombang siaran, ponsel ini dipersenjatai antena internal dengan model stick. Saat dijajal menayangkan program siaran tv, gambar yang terpampang cukup jernih dan jelas di layar ‘wide’-nya. Modus pengaturan tingkat terangnya layar pun terakomodasi baik.

Menariknya, Titan T9898 pun bisa meng-capture tayangan televisi dan menyimpannya dalam format jpg, layaknya MyG 800 dan MicXon MTV-800.

Jaringan

Unggulan kedua Titan T9898 ada di teknologi jaringan dual Mode/dual On-nya. Dengan artian, dua slot kartu SIM yang tersedia bisa disisipi dua kartu dari jaringan berbeda, GSM dan CDMA. Kerennya, dua kartu tadi sanggup bekerja secara bersamaan alias dual On/dual standby.

Namun, meski bisa ‘On’ keduanya, Anda tetap dapat mengatur hanya satu saja yang hidup. Setingan ini bisa ditemukan di menu Settings > CDMA&GSM setting.

Kamera

Berdasarkan spesifikasi yang tertera di leflet dan dus, Titan T9898 mencatatkan kamera berkekuatan 1,3 megapiksel untuk yang utama. Nyatanya, ukuran maksimal yang bisa digapai model ini hanya sebatas 640×480 piksel alias VGA. Sayang sekali jika hal ini masih terus diterapkan para vendor ponsel Cina.

Sementara, di folder depan pun ponsel ini menanamkan selongsong kamera dengan kekuatan yang sama.

Selain bakal dicap menipu, pembohongan publik ini bakal menurunkan daya jual ponsel itu sendiri, bahkan bisa berimbas ke merek lain yang notabene dari kelas yang sama.

Baca:   Review Singkat Samsung Galaxy S21 Ultra, Spesifikasi dan Harga Resminya

Di sisi kualitas, hasil jepretan foto ponsel ini masih banyak menyimpan noise. Meski pun telah dilakukan pengaturan maksimal. Bahkan, untuk di tempat yang berpencahayaan melimpah, hasil olah gambarnya terlihat over exposure.

Kemampuan mencipta video ikut dimiliki kamera T9898. Durasi rekamnya bisa diatur unlimited, dengan format avi.

Multimedia

Sebagai sarana hiburan, ponsel ini menyertakan pemutar musik dan video. Format file yang bisa didukung player ini antara lain MP3, AAC, AAC+, WAV, AMR, 3gp, mpeg4 dan avi.

Serupa ponsel Cina kebanyakan, tampilan player musik/video T9898 pun khas banget interface player multimedia Cina yang full warna. Hanya, tampilan skinnya saja yang sedikit beda.

Alternatif hiburan lain, Titan T9898 juga menanamkan radio FM. Hadirnya antena TV internal di ponsel ini, cukup membawa berkah. Pasalnya, Anda tak perlu lagi menancapkan konektor handsfree untuk sekedar mengaktifkan fitur radio FM, layaknya ponsel-ponsel lain semisal Motorola dan Nokia. Daya tangkap siaran radio T9898 pun tercatat oke, tak ada delay sama sekali.

Fitur lain

Untuk urusan pengamanan, Titan T9898 menyuguhkan pilihan yang lebih beragam. Tak hanya fitur antisteal (anti maling), memblokir telpon dan SMS serta memproteksi beragam file pun mampu dilakukannya. Fasilitas ini tergabung dalam menu ‘Bussiness Affair’.

Konektivitas dan Internet

Seperti halnya ponsel TV dan produk Cina yang lebih dulu beredar, ponsel ini pun menyertakan saran koneksi yang lumayan handal. Ada bluetooth dan kabel data USB. Beruntungnya, kabel data ini tersedia pula dalam paket penjualan yang juga sekaligus sebagai charger. Satu lagi, dengan mengkoneksikan kabel data + ponsel ke PC, kamera ponsel ini bisa dijadikan layaknya PC webcam.

Untuk yang ingin berinternet ria, Titan T9898 telah dipersenjatai browser WAP dengan kanal GPRS. Sayang, tampilan browsernya masih standar, termasuk kecepatan transfer data yang terkesan lambat.

Memori

Ruang penyimpanan file internal ponsel ini tercatat sangat minim, kurang dari 1 MB (195 kb). Kapasitas sebesar ini pastinya tak bakal cukup untuk menyimpan beragam file, terlebih lagu. Beruntung, T9898 menyediakan slot kartu microSD.

Baterai

Umumnya, ponsel berfitur lengkap apalagi mengusung kemampuan TV tuner plus hadirnya dua slot kartu SIM, bakal membutuhkan pasokan daya super besar. Tenang, hal ini telah diperhitungkan Titan T9898. Ponsel ini mengandalkan baterai lithium ion berkapasitas 1500 mAh, sebagai sumber powernya.

Untuk sekali charging, baterai ini sanggup digunakan menonton tv selama 6 jam nonstop. Lain lagi untuk menelpon, kekuatannya bisa mencapai 3 jaman. Untungnya, pihak pabrikan menambahkan satu baterai cadangan lagi dalam paket penjualan.

Kesimpulan

Di sektor multimedia, ponsel pendatang baru ini tak kalah komplit dari para pesohornya. Bahkan bisa dibilang super lengkap, dengan hadirnya tv tuner plus teknologi jaringan dual Mode/dual On.

Sayang, kemampuan kamera yang sedikit kurang sesuai kenyataan bakal menuai masalah dikemudian hari. Apalagi, kekuatan yang digembar-gemborkan beda dengan spesifikasi yang ada di ponsel itu sendiri.

Spesifikasi:

Jaringan: Triband GSM (900/1800/1900 MHz) & CDMA (800 MHz); Dimensi: 11,5×5,4×1,8 cm; Layar: 3 inci, TFT Touchscreen 260 ribu warna; Kamera: Dual VGA (640×480 piksel), video; Memori internal: 195 kb; Memori eksternal: microSD; Transfer data: GPRS; Messaging: SMS, SMS Chat; Konektivitas: Bluetooth, kabel data USB; Browser: WAP; Fitur lain: Polifonik (MP3, AAC, AAC+, MIDI), TV tuner, Dual Mode/Dual On, MP3 player, Video player, radio FM, Sound recorder, Image viewer, Phonebook 500 entri, Themes, Alarm, Calendar, To do list, Calculator, Stopwatch, Currency converter, Unit converter, Worldclock, E-Book reader, Bussiness Affair (Track, Incall Firewall, MSG Firewall, Remote Control), File manager, Handwriting recognition, Flight mode, Equalizer, Game; Baterai: Lithium Ion 1500 mAh.

votes
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 3949 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

21 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments