TiPhone T78, Qwerty TV dengan TrackPad Navigation

Dilihat dari struktur disain, sepintas ponsel ini bak pinang dibelah dua dengan TiPhone T67. Penerapan konsep full QWERTY dan peletakan tombol shortcut-nya pun identik. Hanya saja, TiPhone T78 sudah dibenamkan navigasi menu dengan sensor sentuh, yang lebih dikenal dengan TrackPad atau TouchPad.

Ada dua tombol cepat untuk pemilihan kartu SIM (tombol 1 dan 2). Ya, sesuai dengan kemampuan online yang diemban TiPhone T78. Sama seperti kebanyakan ponsel QWERTY Online yang beredar di pasaran. Di sisi berseberangan, ponsel ini menanamkan shortcut ke fitur utama, yakni TV tunner. Namun, yang membuat tampilan luarnya terlihat sedikit nyentrik karena hadirnya panel kontrol multimedia dengan posisi yang asimetris dengan struktur keypad. Panel ini justru ditempatkan di sisi kanan bidang layar.

Bergeser ke bagian bawah. Bantalan keypad dibuat agak menonjol dengan bentuk tuts yang besar. Tujuannya, tentu saja untuk memberikan kenyamanan saat pengetikan pesan. Sayang, teksturnya yang rapat serta komponen dalam yang keras membuat aksi tekan tombol membutuhkan tenaga ekstra.

Sekarang kita tengok bagian belakang. Di sini terdapat corong speaker dengan bentuk bulat yang diklaim sanggup menghantarkan suara 3D. Di pojok atasnya bercokol kamera, yang bersanding dengan lampu flash.

Secara keseluruhan, disain fisik TiPhone T78 cukup apik dan elegan. Apalagi, bahan cover yang digunakan pun tergolong baik. Tak terlalu glossi dan tak terlihat murahan.

Sekarang masuk ke bagian dalam. TiPhone T78 pun menggunakan tipe dan ukuran layar yang sama dengan T67, yakni TFT 262k warna beresolusi QVGA (240×320 piksel) seluas 2.2 inci. Cukup jernih dan terang saat menampilkan struktur menu khas TiPhone Mobile yang berbentuk grid, dengan ikon atraktif. Di tampilan depan, TiPhone T78 juga menghadirkan ikon shortcut layaknya menu today Nokia, untuk memudahkan akses ke menu favorit.

Multimedia

Di bagian ini, TiPhone T78 menyediakan sarana yang cukup komplit. Ada TV tunner, Audio/Video player dan radio FM. Semuanya bisa dinikmati dengan baik dan lancar. Untuk chipset TV, TiPhone menggunakan produk garapan Telegent Systems yang memang terkenal akan chipset TV Mobile-nya. Poin plus dari TV T78 adalah kemampuan untuk merekam siaran TV. Sebenarnya, fitur ini bukan barang baru lagi. Di T67, TiPhone juga telah menyuntikan fitur TV recording ini.

Soal kemampuan, TV tunner di TiPhone T78 tergolong baik. Meskipun, tetap tergantung berbagai kondisi. Untuk mendapatkan kualitas gambar yang tajam dan jernih, disediakan antenna khusus yang bisa ditarik-ulur.

Untuk pengaturan dan pencarian gelombang, TV tunner di ponsel ini sudah menyediakan pencarian otomatis dan pilihan lokasi (Negara) yang lengkap. Tersedia 30 slot kanal kosong yang bisa digunakan untuk menyimpan gelombang stasiun TV. Sementara, untuk pemilihan channel kita bisa menggunakan TrackPad dengan arah pergeseran atas-bawar. Sedangkan kiri-kanan, untuk pengaturan volume suara.

Selanjutnya adalah kamera, TiPhone T78 membenamkan kamera beresolusi VGA plus lampu flash. Layaknya kamera ponsel sejenis, kualitas foto pun tak jauh beda. Tetap banyak dihiasi noise dan kurang fokus. Wajar, kamera ponsel ini memang tanpa autofokus. Meski begitu, kamera ponsel ini pun bisa dimanfaatkan untuk merekam video. Format filenya adalah avi. Namun, untuk playernya sendiri TiPhone T78 sudah mendukung format MPEG4, 3GP dan AVI.

Media hiburan ketiga adalah audio player. Interface dan fasilitas pengaturannya khas ponsel berplatform software MTK. Tak terlalu istimewa dan tak rumit. Tapi pastinya bisa memutar file audio dari berbagai format. Misalnya, MP3, AMR, WAV dan MIDI. Soal output suara, speaker 3D yang ditanamkan sanggup menyemburkan deburan suara yang menggelegar. Namun, khas ponsel merk lokal, yang masih terasa cempreng jika diatur ke volume maksimal.

Tak ada opsi untuk menggunakan headset universal (jack audio 3.5mm). Pasalnya, T78 hanya menyediakan port berbentuk miniUSB. Meski begitu, kita bisa memanfaatkan Bluetooth headset stereo secara wireless dengan mengandalkan teknologi A2DP yang didukungnya.

Sebagai alternatif, ponsel ini juga menyediakan radio FM. Karena sudah memiliki antenna internal, radio FM ini bisa dihidupkan tanpa mencolokan headset terlebih dulu. Kerennya, radio di T78 sudah dilengkapi pula dengan kemampuan rekam.

Facebook, Chatting dan Browsing

Untuk kemampuan online, TiPhone T78 sudah menyediakan berbagai link shortcut dan aplikasi terkait keperluan ini. Ada Facebook, Twitter, Juzfren, Friendster, Yamee, eBuddy, MyPulau ChatBox, Yahoo Messenger, dan MSN. Untuk browsing internet, tersedia Opera Mini dan BOLT lite browser via kanal data GPRS.

Untuk yang kepingin menikmati layanan Email dengan teknologi Push, TiPhone T78 juga menyediakan aplikasi RingEmail yanglayanannya sendiri merupakan hasil kerjasama dengan Telkomsel.

Hadirnya platform Java di ponsel ini, setidaknya membawa angin segar bagi yang hobi menambahkan berbagai aplikasi/game pihak ketiga. Namun, untuk bisa menambahkan dan mendownload berbagai aplikasi Java, kita harus melakukan pengatuan profile Java-nya terlebih dulu dan disesuaikan dengan profile browser yang digunakan.

Hardware

Layaknya ponsel sejenis, TiPhone T78 juga mengemban teknologi Dual On GSM-GSM. Hal ini ditandai denga tersedianya dua slot kartu SIM, yang posisinya ada di balik baterai. Kedua kartu bisa dioperasikan secara bersama-sama. Sayang, karena menggunakan metode bundling dalam strategi penjualannya, otomatis salah satu slot kartu SIM dilock (dikunci) dan hanya bisa digunakan untuk kartu SIM dari operator Telkomsel.

Di sisi penyimpanan file, TiPhone T78 menyediakan ruang penyimpanan internal sebesar 1.9MB. Dan juga menyiapkan slot ekspansi microSD hingga kapasitas 8GB. Dalam paket penjualannya diberikan gratis 2GB.

Fitur Lain

Tak seperti kebanyakan ponsel online, TiPhone T78 menyediakan fasilitas singkronisasi (Phone Sync) phonebook ponsel. Ada juga kemampuan untuk merekam percakapan telepon (call/sound record). Untuk yang standar, tersedia flashlight, World clock, Alarm, To do list, Calendar, Calculator, Unit converter, Currency converter, Health, Stopwatch dan E-book reader.

Baterai

Untuk baterai, TiPhone T78 menggunakan jenis lithium ion berkapasitas 850 mAh. Dengan pemakaian normal, bisa bertahan kurang dari 3 hari.

Spesifikasi:
Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On GSM-GSM; Dimensi: 10,6√ó5,8√ó1,3 cm; Berat: 105 gr; Layar: 2.2 inci, TFT 262.144 warna, 240√ó320 piksel; Transfer data: GPRS; Kamera: VGA, Video recording, flash; Memori eksternal: microSD up to 8GB; Messaging: SMS, MMS, Email; Konektivitas: Bluetooth (A2DP support), kabel data miniUSB; Browser: WAP, BOLT Lite, Opera Mini; Fitur lain: Polifonik (MP3), TV tunner, TV recording, MP3/MP4/AVI/3GP player, Radio FM, FM recording, Yahoo Messenger, twitter dan Facebook, Phonebook 300 entri, Organizer, Azan alarm, calendar, to do list, alarm, world clock, flashlight, Motion Sensor, Calculator, Currency converter, stopwatch, E-book reader, Java, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion 850 mAh; Harga: Rp 849.000,-

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments