SpeedUp Note S4, Android ICS Dual SIM Layar 5 Inci Prosesor 1GHz Harga Terjangkau

SpeedUp-Note-S4Tren Galaxy Note milik Samsung nampaknya masih mengilhami vendor lokal dalam merancang lineup produknya. Salah satunya adalah SpeedUp, brand yang awalnya bermain di sektor modem data USB yang bekerjasama dengan Telkomsel ini merilis ponsel berkonsep mini tablet (Note) berkode SpeedUp Note S4. Di pasaran, smartphone ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 2 jutaan.

Layaknya Samsung Galaxy Note, SpeedUp Note 4 juga menerapkan konsep disain yang bongsor. Hal ini untuk mengakomodasi ukuran layar seluas 5.3 inci miliknya. Meski begitu, struktur disain Galaxy Note lokal ini terbilang agak kaku dan cukup berat ketimbang Samsung Galaxy Note. Dengan bodi bongsor ini, SpeedUp Note S4 tentu saja akan sulit dimasukan ke kantong celana. Namun soal kenyamanan, smartphone ini cukup bisa diandalkan untuk browsing atau bermain game dengan dua tangan.

SpeedUp Note S4 menggunakan jenis layar TFT Capacitive Touchscreen 480×800 piksel, muti-touch 5 poin dan dilengkapi empat touch pad (home, options, back, search) untuk mengakses dan menelusuri menu di dalamnya.

Prosesor

Soal kinerja, SpeedUp Note S4 dibekali prosesor Snapdragon buatan Qualcomm dengan kecepatan 1GHz. Untuk ukuran smartphone lokal dengan harga terjangkau, chipset prosesor ini sudah tergolong tangguh. Terlebih, smartphone ini juga didukung memori internal berkapasitas 512MB plus storage 8GB untuk kebutuhan penyimpanan data dan sistem. Jika memori internal menipis, pengguna SpeedUp Note S4 bisa mengalihkan penyimpanan ke kartu microSD yang tersedia. Menariknya, konsep slot microSD di SpeedUp Note S4 sudah menggunakan model hotswap, sedangkan untuk kapasitas penyimpanan file di kartu microSD sendiri bisa mencapai 32GB.

Selain itu, SpeedUp Note S4 juga didukung GPU Mali 400 yang cukup tangguh dalam menghadirkan grafis gambar saat bermain game. Performa keseluruhan prosesor smartphone ini juga ditunjang oleh sistem operasi Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich.
Fitur Unggulan

Seperti kebanyakan ponsel Android merek lokal, SpeedUp Note S4 juga didukung kemampuan Dual SIM Dual Standby. Artinya, pengguna bisa menyisipkan dua kartu SIM operator berbeda ke ponsel pintar ini. Posisi slot SIM card-nya bersebelahan dan berada di dalam, untuk menyisipkannya harus melepas baterai. Dua slot SIM card SpeedUp Note S4 ini mendukung jaringan data HSDPA dengan kecepatan akses internet hingga 7,2 Mbps/HSUPA 5,76 Mbps.

Aksi telusur dunia maya menggunakan jalur operator bisa berjalan dengan baik dan lancer. Hal ini juga didukung oleh browser native Android yang telah mendukung format HTML plus Flash player. Di sisni, pengguna SpeedUp Note S4 bisa mengatur kartu SIM mana yang akan digunakan sebagai kartu utama baik untuk akses data, telpon maupun SMS tinggal masuk ke menu Dual SIM setting.

Jika data seluler operator sedang bermasalah, pemilik SpeedUp Note S4 bisa memanfaatkan jalur koneksi alternatif yang sudah menjadi fitur standar smarphone saat ini yaitu WiFi. Dengan fasilitas ini, pengguna bisa berinternet ria secara gratis di area hotspot. Menariknya, WiFi smartphone ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi koneksi data dengan beberapa perangkat lewat menu WiFi Hotspot.

Buat yang ingin menjadikannya sebagai modem internet PC, SpeedUp Note S4 menyediakan port kabel data USB dan pengguna tinggal mencolokan kabel data tersebut ke PC, selanjutnya tinggal pilih menu USB Tethering.
Di sektor multimedia, SpeedUp Note S4 dibekali beragam fasilitas keren. Kamera misalnya, smartphone ini menanamkan kamera berkekuatan 5 megapiksel di bagian belakang. Untuk foto, kamera ini bisa meng-captur gambar dengan ukuran maksimal 2592×1936 piksel. Sedangkan untuk video, format rekamnya adalah MP4 dengan kemampuan rekam 480p. Selain kamera utama ini, SpeedUp Note S4 juga menyediakan kamera depan yang memiliki resolusi VGA. Kamera ini juga bisa untuk foto dan rekam video. Pengguna juga dapat memanfaatkan kamera SpeedUp Note S4 untuk video chat/video call menggunakan aplikasi chatting seperti Skype atau Yahoo Messenger.

Selain kamera, phablet lokal ini juga menyertakan sarana hiburan standar seperti pemutar musik, video dan juga radio FM. Sayang, SpeedUp Note S4 tak dibekali fitur TV Analog. Untuk yang hobi traveling, SpeedUp Note S4 menyediakan peta digital khas Android yakni Google Maps yang dikombinasikan dengan fitur GPS/A-GPS untuk menemukan lokasi dengan lebih akurat baik memanfaatkan bantuan satelit maupun network operator.

Bagi pecinta game, secara default SpeedUp Note S4 memang tak menyertakan game. Namun, pengguna bisa memanfaatkan Google Play Store untuk memperkaya aplikasi/game di phablet ini. Tinggal cari di katalog took aplikasi tersebut, selanjutnya download. Selain untuk multimedia, SpeedUp Note S4 pun bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk membantu pekerjaan kantor. Pasalnya, smartphone ini sudah disediakan beberapa aplikasi bisnis seperti Document Viewer dan Adobe PDF Reader.

Baterai
Kapasitas baterai handset Android lokal yang ada saat ini biasanya tidak lebih dari 2000 mAh. Namun, SpeedUp membekali Note S4 dengan jenis Lithium Ion kapasitas 2500mAh yang mampu bertahan normal selama 450 jam. Diharapkan oleh vendornya, baterai bertahan cukup lama untuk menemani aktivitas pengguna sehari-hari.

Spesifikasi:
Jaringan: Quadband GSM/UMTS 2100 MHz & Dual SIM; Dimensi: 150×85,4×11,2mm; Berat: 206gr; Layar: 5.3 Inci, TFT Capacitive Touchscreen 480×800 piksel, multi-touch; OS: Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich; Prosesor: Qualcomm Snapdragon 1GHz; Memori internal: 512MB RAM, storage 8GB; Memori eksternal: microSD up to 32GB; Transfer data: HSDPA, 3G, EDGE, GPRS; Kamera utama: 5 MP (2592×1936 piksel), autofocus, flashlight, video recorder; Kamera depan: VGA; Konektivitas: WiFi 802.11 b/g, Bluetooth, kabel data USB, audio jack 3.5mm; Browser: HTML; Fitur lain: Polifonik (MP3), Audio/video player, radio FM, Voice recorder, Google Play Store, GMail, GTalk, Google Maps, GPS/A-GPS, Latitude, Navigation, Color Note, Facebook, Calculator, calendar, clock, game; Baterai: Lithium 2500 mAh

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments