Review Singkat Vivo Y20s G, Smartphone Gaming 2 Jutaan

Vivo Y20s G

thePONSEL.com – Pasar smartphone Indonesia kembali kedatang an satu produk baru yang hadir secara diam-diam yakni Vivo Y20s G.

Smartphone ini sejatinya produk yang hampir sama dengan Vivo Y20G di India dan beberapa negara lain. Hal ini terlihat dari tampilan desain dan dukungan fitur utama yang lebih menonjolkan kemampuan gaming.

Di tanah air, Vivo Y20s G bisa dibilang sebagai varian lebih terjangkau dari Vivo Y20s yang telah resmi edar beberapa waktu lalu. Untuk yang penasaran, berikut review Vivo V20s G.

Desain

Vivo Y20s G hadir dengan konsep desain 2.5D dan memiliki bodi yang cukup slim. Smartphone ini punya ketebalan bodi hanya sekitar 8,41mm dan tersedia dalam dua pilihan warna yakni Purist Blue dan Obsidian Black.

Selain tampil dengan desain trendi, smartphone terbaru di seri Y Vivo ini dibekali senor sidik jari di samping bodi. Panel fingerprint ini mampu membuka kunci layar hanya dalam waktu 0,17 detik. Sebagai tambahan, Vivo Y20s G juga menyertakan Face Unlock untuk opsi lain membuka kunci layar.

Layar

Hampir sama seperti Y20s, Vivo Y20s G juga didukung Ultra All Screen berukuran 6.51 inci. Dengan rasio aspek mencapai 20:9, layar perangkat ini jadi terasa cukup luas dan tentunya akan mampu menampilkan detil gambar yang tajam berkat resolusi HD+ (1600×720 piksel).

Dengan tampilan yang lebih besar dipadu dengan teknologi In-Cell terbaru, layar terlihat lebih berwarna dan mengesankan.

Detail pun akan semakin terlihat jelas, ideal untuk bermain game dan menonton video. Selain itu, layar perangkat ini juga telah didukung mode Eye Protection yang menyaring cahaya biru berbahaya, dan bisa melindungi penglihatan sepanjang hari.

Performa

Berbeda dengan Y20s yang menggunakan chipset Snapdragon 460, Vivo Y20s G mengandalkan proseror Octa-core besutan MediaTek yakni Helio G80.

Jeroan yang dibawa Vivo Y20s G ini dibangun dengan pabrikasi 12nm dan mendukung 2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55, plus Mali-G52 MC2 GPU.  Jika dilihat dari performanya, hardware ini memang tidak terpaut jauh dengan Vivo Y20s.

Namun, sesuai karakter Helio G80, Vivo Y20s G lebih menonjolkan sisi hiburan dan gaming. Bahkan, GPU yang dibawanya itu juga mampu mendongkrak kualitas gambar lebih tinggi, kinerja yang lebih kuat dan kabarnya menawarkan daya 98% lebih besar.

Di perangkat ini, Vivo juga menanamkan teknologi HyperEngine Game yang dapat menjalankan manajemen dinamis pada CPU, GPU dan memori, memberikan kinerja yang berkelanjutan dan gameplay yang lebih lama.

Untuk mendongkrak kemampuan gaming, Vivo Y20s G menyertakan Ultra Game Mode yang kini menghadirkan Mode Esports terbaru dan memberikan pengalaman dengan standar profesional yang dapat dinikmati dalam permainan sehari-hari.

Ada juga fitur Do Not Disturb untuk menghapus peringatan yang mengganggu dan pesan masuk sehingga Anda dapat fokus penuh untuk menikmati & memenangkan permainan.

Di perangkat ini Vivo menanamkan Multi-Turbo 3.0 eksklusif didukung dengan Center Turbo yang bekerja pada sistem utama dikombinasikan dengan AI Turbo dapat memprediksi kelainan pada sistem (yang sering kali disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga) dan menyelesaikannya sebelum masalah terjadi. Dengan kinerja jaringan yang lebih baik, pendinginan yang cepat, hingga fungsi AI yang lancar, pengalaman pengguna kini lebih menyenangkan dari sebelumnya.

Untuk mendukung kinerja keseluruhannya tersebut, Vivo Y20s G didukung RAM 4GB dengan penyimpanan internal 128GB, serta slot ekspansi memori hingga 1TB, sehingga semua musik, film, foto, dan video kesayangan tersimpan dengan mudah tanpa khawatir cepat kehabisan memori.

Baca:   Review Singkat OPPO Reno5 F, Fitur Unggulan dan Harga

AI Triple Camera

Untuk kebutuhan foto, Vivo Y20s G menyertakan tiga buah kamera di bagian belakang yang didukung berbagai fitur, seperti Face Beauty, Portrait Light Effect, dan Selfie Filters.

Konfigurasi kamera belakangnya sendiri terdiri dari sensor utama 13MP, aperture besar f/2.2 dan teknologi PDAF, setiap detail akan lebih bersinar.

Berikutnya, ada 2MP Super Bokeh Camera memberikan hasil yang akurat dan halus, berkat algoritma bokeh vivo yang diperbarui. Potret akan terlihat lebih hidup dan berkualitas tinggi bagai foto sampul majalah.

Dan yang terakhir Super Macro Camera 2MP dengan fokus 4cm, Anda dapat menangkap keindahan dunia dari objek tersembunyi yang terkecil sekalipun.

Bagi yang hobi selfie, Vivo Y20s G menanamkan kamera 8MP di bagian poni yang didukung sejumlah fitur kekinian seperti efek dan mode kecantikan.

Android 11 dengan Funtouch OS 11

Smartphone ini sudah secara default berjalan di platform Android 11 dengan antarmuka Funtouch OS 11 khas Vivo. Di user interface ini, Vivo menghadirkan sejumlah fitur menarik yang cukup berguna bagi penggunanya.

Pertama adalah AI Editor memungkinkan Anda membuat video penuh gaya dan membagikannya dengan cepat di media sosial. Algoritme AI-nya mengidentifikasi wajah dan pemandangan dalam rekaman video Anda, lalu menggabungkannya menjadi reel baru dalam templat vlog.

Kedua yaitu Memories membantu Anda mengelompokkan foto berdasarkan waktu dan lokasi. Temukan foto yang Anda inginkan melalui cara baru dan inovatif, serta ciptakan lebih banyak momen dan kenangan.

Dan ketiga adalah iManager yang dapat membersihkan ponsel Anda secara berkala atau memindai masalah secara otomatis di malam hari serta menjaga ponsel Anda dalam kondisi yang baik saat Anda menikmati tidur malam yang nyenyak.

Baterai 5000 mAh + 18W Fast Charging

Sebagai salah satu smartphone gaming, dukungan sumber power yang mumpuni tentu saja sudah menjadi syarat wajib. Di Vivo Y20s G ini disediakan baterai berkapasitas 5000 mAh yang dilengkapi teknologi AI hemat daya.

Satu kali pengisian daya hingga penuh, dapat mendukung streaming film HD online hingga 20 jam, atau bermain game selama 8 jam.

Menariknya, Vivo Y20s G telah disokong teknologi pengisian daya cepat 18W yang dapat mengisi daya hingga 70% hanya dalam waktu 69 menit saja. Satu lagi yang cukup penying, ada juga dukungan fitur reverse charging yang memungkinkan Vivo Y20s G dapat mengisi daya perangkat lain via kabel OTG micro USB.

Harga dan Ketersediaan

Vivo Y20s G sendiri telah tersedia di sejumlah e-commerce tanah air seperti Lazada dan Shopee, serta  siap untuk dipesan.

Untuk harga Vivo Y20s G sendiri dibanderol Rp 2.599.000. Konsumen yang melakukan pemesanan akan mendapatkan sejumlah bonus menarik seperti earphone XE-100, gratis 1 bulan VIP subscription JOOX, gift voucher Grab senilai 20 ribu dan voucher diskon Video 30%.

votes
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 3666 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments