Review Singkat Sony Alpha 7C, Fitur Unggulan dan Harganya

Sony Alpha 7C

thePONSEL.com – Bagi para pecinta fotografi, kini ada kabar terkini dari Sony yang baru-baru ini menghadirkan kamera full-frame Alpha 7C (model ILCE-7C).

Kamera Alpha 7C merupakan kamera dengan bodi full-frame terkecil dan teringan di dunia dilengkapi dengan performa yang tajam, menampilkan fitur AF (autofocus) terbaru, kemampuan video 4K dengan resolusi tinggi, dan masih banyak lagi.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia mengatakan, “Kamera terbaru Alpha 7C dan lensa zoom FE 28-60mm F4-5.6 mengemas banyak sekali teknologi pencitraan terdepan dengan desain terbaru, yaitu kamera full-frame dan sistem lensa terkecil dan teringan di dunia. Hal ini membuka peluang baru untuk para kreator dan memberikan kekuatan baru melalui sistem full-frame dalam genggaman tangan mereka.”

Performa Full-frame yang Tajam dengan Desain Ringkas
Alpha 7C yang baru menggabungkan kemampuan kualitas gambar full-frame khas Sony, fitur kapabilitas AF terbaru, dan kemampuan serbaguna untuk fungsi perekaman video dalam desain yang ringan dan ringkas.

Kamera terbaru ini menampilkan 24.2MP (sekitar efektif) 35mm full-frame dengan sensor back-illuminated Exmor R CMOS dan mesin pengolah gambar BIONZ X, menawarkan sensitifitas tinggi, resolusi luar biasa, 15-stop dengan rentang dinamis yang luas dan pemrosesan data gambar berkecepatan tinggi.

Berukuran 124.0mm x 71.1mm x 59.7mm dan berat 509g, kamera Alpha 7C memiliki ukuran dan berat yang serupa dengan kamera APS-C, dengan hanya 1% lebih berat dari Alpha 6600.

Alpha 7C merupakan kamera terkecil dan teringan dengan bodi yang ringkas melalui stabilitas 5-axis in-body dan unit shutter yang lebih canggih dan penggunaan konstruksi monocoque yang sering kali digunakan dalam badan mobil dan pesawat terbang.

Walaupun memiliki bodi yang ringkas, Alpha 7C menawarkan fitur efek stabilitas 5-step yang mempermudah pengambilan gambar tanpa bantuan tripod.

Terlebih lagi, kapasitas baterai NP-FZ100 menyediakan daya yang cukup untuk mengambil gambar dengan durasi panjang secara nyaman, memungkinkan Anda untuk mengambil 740 gambar yang terdepan di industri, menggunakan monitor LCD, atau 680 gambar menggunakan jendela bidik.

Kualitas Gambar Terbaik
Kamera Alpha 7C terbaru dari Sony menggabungkan resolusi tinggi dengan gangguan rendah agar dapat menciptakan kualitas gambar yang sangat baik, menawarkan kualitas gambar yang menakjubkan, mengambil gambar setiap hari, dan merekam berbagai film seperti alam, portrait, olahraga, fotografi jalanan, dan lainnya.

Standar ISO semakin luas hingga 51.200 dan dapat diperluas hingga ISO 50-204.800 untuk pengambilan gambar lingkungan dengan cahaya rendah dan minim gangguan. Alpha 7C juga mendukung pemrosesan gambar 16-bit dan output 14-bit RAW untuk memberikan gradasi alami.

Autofocus Terbaru
Menggunakan fungsi AI-driven, fitur Alpha 7C Real-time Tracking mempertahankan fokus yang akurat secara otomatis saat tombol shutter setengah ditekan. Ditambah lagi, “Tracking On + AF-ON” sekarang dapat dialihkan ke tombol kustom dan diaktifkan berbarengan saat menekan tombol AF-ON.

Selain itu, pengguna juga dapat menentukan subjek yang diinginkan hanya dengan menyentuhnya di monitor saat “Pelacakan Sentuh” telah DIAKTIFKAN melalui menu. Fitur ini tersedia untuk foto dan film. Fungsi AF pada Alpha 7C juga menghadirkan fitur Real-time Eye AF untuk subjek manusia dan hewan guna mencapai fokus yang cepat dan akurat.

Menggunakan Pelacakan Real-time saat “Prioritas Wajah / Mata dalam AF” AKTIF dengan subjek manusia, mata dan wajah subjek terdeteksi dan dikunci dalam waktu nyata dengan presisi pelacakan yang sangat tinggi.

Alpha 7C menawarkan AF yang luas, cepat, dan dapat diandalkan, terkunci pada subjek yang dituju secara instan tanpa kehilangan fokus, berkat sistem AF 693-point focal-plane phase-detection yang mencakup sekitar 93% dari area gambar, dengan tambahan 425 poin contrast-detection untuk memastikan fokus yang bisa diandalkan, bahkan dalam lingkungan yang ramai.

Kamera Alpha 7C juga menawarkan fitur pengambilan gambar secara terus menerus hingga 10fp dengan AF/AE (auto exposure) menggunakan unit shutter yang baru dikembangkan dan sistem proses penghalusan gambar.

Kamera ini juga dapat mengambil gambar secara terus menerus hingga 8fps dalam mode tampilan langsung, dengan jendela bidik/layar tampilan minimal untuk framing dengan mudah dan stabil bahkan saat objek bergerak secara intens.

Alpha 7C memungkinkan hingga 223 gambar JPEG (Fine L), 115 gambar RAW yang dikompres, atau 45 gambar RAW yang tidak dikompres untuk ditangkap menggunakan satu kali pengambilan gambar secara terus menerus dan mencapai tingkat akurasi tertinggi dan presisi AF dapat diandalkan dengan tingkat cahaya EV-4 Fitur-fitur ini akan mempermudah pengambilan gambar subjek yang bergerak secara cepat.

Kemampuan Video Terbaik di Kelasnya
Pembacaan piksel penuh full-frame tanpa perlu pixel binning memungkinkan untuk menangkap lebih dari dua kali jumlah data yang diperlukan untuk video 4K (QFHD: 3840 x 2160), yang kemudian diambil sampelnya untuk menghasilkan rekaman 4K berkualitas tinggi dengan detail dan kedalaman luar biasa.

Selain itu, Alpha 7C mendukung profil HDR (HLG) dan S-Log / S-Gamut, Gerakan Lambat & Cepat, perekaman full HD berkecepatan tinggi pada 120fps dan fitur video canggih lainnya yang menawarkan kemampuan video luar biasa untuk merekam video berkualitas tinggi.

Selain itu, kamera Alpha 7C memiliki fitur Real-time AF (manusia) untuk perekaman video. Mata yang secara otomatis terlacak dengan presisi tinggi dan dapat diandalkan sehingga pengguna dapat berkonsentrasi untuk membuat konten.

Pengguna juga bisa mengatur kecepatan transisi AF dalam tujuh pengaturan, dan Sensitifitas AF Pergantian Subjek dalam lima pengaturan, sesuai preferensi mereka. Fungsi Pelacakan Sentuh juga tersedia untuk perekaman gambar.

Kamera Alpha 7C menawarkan fitur bukaan samping vari-angle layar LCD, memudahkan untuk merekam swafoto, pengambilan gambar dari atas kepala, pengambilan gambar dari permukaan tanah, dan angle lainnya sesuai kebutuhan pengguna.

Tombol FILM telah diletakan di atas kamera untuk mempermudah penggunaan saat merekam dalam mode swafoto. Ditambah lagi, kamera Alpha 7C menyediakan perekaman video dengan kualitas tinggi, tidak hanya untuk gambar, namun juga untuk audio.

Tampilan audio digital telah tersedia di Multi Interface (MI) kamera, memungkinkan pengguna untuk menyambungkan Mikrofon Shotgun ECM-B1M atau Kit Adaptor XLR-K3M XLR untuk meng-input sinyal audio digital langsung ke dudukan MI untuk hasil rekaman audio yang lebih bersih dan lebih jelas.

Seperti aksesori dudukan MI lainnya, tidak ada kabel atau baterai yang diperlukan, memberikan kebebasan tak terbatas untuk pembuatan film menggunakan sistem Alpha. Soket headphone dan mikrofon juga disediakan untuk memantau suara yang direkam secara akurat, dan metadata yang dilampirkan ke rekaman film yang diambil secara vertikal pada kamera memungkinkan rekaman setelah ditransfer ke smartphone atau perangkat serupa, juga diputar ulang dan diedit dalam posisi vertikal.

Didesain untuk Penggunaan Lebih Mudah
Kamera Alpha 7C didesain sesuai dengan kebutuhan pengguna. Layar sentuh LCD pada kamera merupakan tipe touch-sensitive 3.0 dengan kurang lebih 921 ribu titik, menyediakan visibilitas yang tajam, bahkan di kondisi luar ruangan yang terang, dan mendukung pengaturan sentuh.

Alpha 7C juga menawarkan mode tampilan dengan kualitas tinggi untuk detail yang lebih baik dan alami dengan tambahan 2.35 megadot (kurang lebih) XGA OLED Tru-Finder EVF. Alpha 7C menawarkan fungsi yang menyederhanakan pengaturan selama dan setelah pengambilan gambar, seperti tombol pengaturan Fn dan masih banyak lagi.

Kamera ini juga tahan terhadap debu dan kelembaban untuk mendukung kebutuhan pengambilan gambar dalam lingkungan yang menantang.

Untuk menyederhanakan kebutuhan alur kerja, penggunaan fungsi Wi-Fi wireless-communication memudahkan gambar dan video untuk langsung dipindahkan ke smartphone atau tablet untuk dibagikan, dilihat, dan disimpan.

Sebagai tambahan dari konvensional 2.4GHz band, mendukung standar 11ac memudahkan pemindahan data via 5GHz band (IEE 802.11a/b/g/n/ac) sehingga pengguna dapat memilih pemindahan data yang stabil dan cepat dengan gangguan rendah.

Penyambung USB tipe-C mendukung SuperSpeed USB 5Gbps (USB 3.2) yang juga disediakan, mempermudah pemindahan gambar secara cepat selama pengambilan gambar jarak jauh PC dan ketersediaan daya dari baterai eksternal.

Sebagai informasi tambahan, selain meluncurkan Alpha 7C Sony Indonesia juga menghadirkan lensa zoom terbaru FE 28-60mm F4-5.6 dengan bentuk terkecil dan teringn di kelas standard, dan juga flash ringkas HVL-F28RM yang dirancang agar sesuai dengan Kamera mirrorless Sony.

Harga dan Ketersediaan
Sony Alpha 7C akan tersedia pada akhir Oktober dengan banderolan harga Rp26,7 juta dan Rp31,2 juta dengan lensa zoom FE 28-60mm F4-5.6. Kamera akan dijual dalam dua pilihan warna, hitam dan perak. Sementara untuk Lensa Zoom FE 28-60mm F4-5.6 dijual terpisah pada awal 2021 seharga Rp7,4 juta.

5 1 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments