Review Singkat Sony Alpha 1, Kamera Mirrorless 50MP Bisa Rekam Video 8K

Review Sony Alpha 1

thePONSEL.com Sony Electronics mengumumkan peluncuran kamera full-frame mirrorless terbaru yang didukung fitur-fitur baru yang inovatif, Sony Alpha 1. Lantas, seperti apa review Sony Alpha 1 ini?

Kamera mirrorless ini merupakan kamera paling inovatif dan berteknologi paling canggih yang pernah dirilis Sony, memadukan kinerja resolusi tinggi dan kecepatan tinggi pada tingkat yang belum pernah dicapai di dunia kamera digital.

Berkat sensor gambar Exmor RS yang digabungkan dengan full-frame 50,1 megapiksel, hingga penghitungan 120 AF/AE per detik, video 8K 30p 10-bit 4:2:0 dan masih banyak lagi, Alpha 1 memungkinkan kreator untuk menangkap hal yang belum pernah mereka tangkap sebelumnya.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia mengatakan, “Kami selalu mendengarkan para pengguna kami dan menghadirkan inovasi baru yang melampaui ekspektasi mereka. Kamera Alpha 1 ini melampaui semua batasan yang ada, menetapkan standar baru untuk apa yang dapat dicapai oleh kreator dengan satu kamera. Yang paling menarik – lebih dari produk fitur yang ekstensif – adalah kemampuan Alpha 1 untuk menangkap apa yang belum pernah ditangkap sebelumnya. Kamera ini membuka dunia baru yang penuh dengan kreativitas, menjadikan hal yang sebelumnya tidak mungkin sekarang menjadi mungkin.”

Sensor gambar yang baru dikembangkan ini dibuat dengan memori integral dan dipasangkan dengan mesin pemroses gambar BIONZ XR yang ditingkatkan, membuatnya mampu memotret gambar 50,1 megapiksel secara terus menerus pada 30fps yang luar biasa dengan perhitungan hingga 120 AF/AE per detik.

Kemampuan pengambilan gambar Alpha 1 semakin baik dengan viewfinder elektronik OLED Quad-XGA 9,44 juta titik, dengan kecepatan refresh hingga 240 fps, memastikan tidak ada blackout. Selain itu, untuk pertama kalinya dalam kamera seri Alpha, tersedia video 8K 30p 10-bit 4:2:0.

Alpha 1 juga mampu merekam 4K 120p / 60p 10-bit 4:2:2 dan menyertakan warna S-Cinetone. Alpha 1 juga dikemas dengan fitur-fitur yang mendukung para profesional lapangan dengan alur kerja yang lebih cepat, termasuk kecepatan transfer FTP nirkabel 3,5 kali lebih cepat, dan masih banyak keunggulan lainnya.

Resolusi dan Kecepatan Terbaik

Pengambilan Gambar Beruntun hingga 30 Frame Per Detik

Alpha 1 mampu menangkap seluruh momen berkat performa berkecepatan tinggi, memberikan kecepatan yang dibutuhkan fotografer untuk menangkap objek yang bergerak cepat.

Pembacaan kecepatan tinggi dari sensor gambar 50,1 megapiksel dan memori buffer yang besar memungkinkan pengambilan gambar hingga 155 gambar RAW yang terkompresi full-frame atau 165 gambar JPEG full-framehingga 30 frame per detik dengan shutter elektronik saat mempertahankan performa pelacakan AF dan AE penuh.

Pada kecepatan kalkulasi yang luar biasa hingga 120 AF/AE per detik, Alpha 1 dapat mempertahankan fokus dengan akurasi tinggi bahkan untuk subjek yang bergerak cepat. Kamera ini dapat secara otomatis menyesuaikan eksposur, bahkan pada perubahan tingkat kecerahan yang tiba-tiba, dengan latensi respons AE serendah 0,033 detik.

Viewfinder Elektronik Canggih dengan Kecepatan Refresh 240 fps

Melengkapi kemampuan kamera untuk mengambil gambar dengan kecepatan yang belum pernah ada sebelumnya, viewfinder Alpha 1 menghadirkan kecepatan refresh 240 fps pertama di dunia untuk tampilan yang sangat halus.

Viewfinder tidak menjadi gelap saat menggunakan eksposur, menawarkan tampilan tanpa gangguan dan memungkinkan framing dan tracking yang mulus, bahkan selama pengambilan gambar beruntun.

Layar OLED high-definition Quad-XGA 9,44 juta titik (perkiraan) tipe 0,64 dan optik yang halus menghadirkan resolusi tertinggi di kelasnya. Kamera ini juga menawarkan pembesaran viewfinder 0,90x, FOV diagonal 41°, dan titik mata setinggi 25mm untuk tampilan distorsi rendah yang jelas dari sudut ke sudut.

Autofokus yang Canggih

Sony terus mendorong batasan teknologi autofokus dengan memperkenalkan Alpha 1 yang dapat dengan mudah melacak subjek yang bergerak cepat dan kompleks dengan presisi tinggi.

Kamera ini memiliki 759 phase detection points dalam sistem AF phase-detection bidang fokus dengan kepadatan tinggi yang mencakup sekitar 92% area gambar – memastikan keakuratan dan fokus tanpa batas dalam lingkungan di mana pemfokusan mungkin sulit dilakukan.

Real-time Eye AF canggih milik Sony meningkatkan performa deteksi sebesar 30% dibandingkan dengan sistem sebelumnya, berkat mesin pemroses gambar yang andal, BIONZ XR.

Hal ini memastikan deteksi yang akurat dan andal, bahkan saat wajah subjek berpaling. Selain Real-time Eye AF yang ditingkatkan untuk manusia dan hewan, Alpha 1 juga menggunakan teknologi pengenalan subjek tingkat tinggi untuk menyediakan Real-time Eye AF untuk burung yang pertama dalam kamera seri Alpha.

Algoritma yang dioptimalkan memastikan bahwa pelacakan akan berlanjut bahkan jika burung yang duduk tiba-tiba terbang, atau framing yang tiba-tiba berubah.

Alpha 1 juga dilengkapi dengan Real-time Tracking berbasis AI yang secara otomatis mempertahankan fokus yang akurat. Algoritma pengenalan subjek menggunakan data warna, pola (kecerahan), dan jarak subjek (kedalaman) untuk memproses informasi spasial secara real time dengan kecepatan tinggi.

Shutter Elektronik Senyap dan Tanpa Getaran

Pembacaan kecepatan tinggi dari sensor gambar baru memungkinkan pengurangan rolling shutter hingga 1,5 kali saat mengambil still, dibandingkan dengan Alpha 9 II.

Kamera ini juga menawarkan pengambilan gambar secara terus menerus anti-flicker senyap dengan shutter elektronik untuk pertama kalinya di dunia. Shutter elektronik beroperasi dengan senyap, tanpa suara mekanis dan getaran.

Pengambilan gambar beruntun stress-free kini dapat dilakukan bahkan saat memotret dalam situasi pencahayaan yang sulit dengan florescent atau jenis pencahayaan buatan flicker-prone lainnya.

Dan untuk pertama kalinya dalam kamera Alpha, kamera terbaru Alpha 1 ini memungkinkan sinkronisasi flash shutter elektronik hingga 1/200 detik.

Kegunaan dari keunggulan shutter elektronik kini dapat menjadi hidup, bahkan saat menggunakan flash untuk keserbagunaan pemotretan yang luas.

Sistem Shutter Ganda untuk Sinkronisasi Flash 1/400

Alpha 1 memiliki kecepatan  sinkronisasi flash tercepat di dunia dengan 1/400 detik dengan shutter mekanis, membuatnya lebih mudah untuk menangkap gerakan dinamis.

Selain shutter curtain yang terbuat dari serat karbon, Alpha 1 memiliki fitur sistem shutter berpenggerak ganda terbaru menggunakan pegas dan aktuator penggerak elektromagnetik, menawarkan daya tahan tinggi dan ringan pada saat yang bersamaan.

Peningkatan Pengambilan Gambar Resolusi Tinggi

Walau memiliki sensor dengan jumlah piksel yang tinggi, Alpha 1 menawarkan sensitivitas tinggi dengan noise yang rendah, ditambah 15+ stop rentang dinamis untuk video dan 15 stop untuk gambar still, untuk gradasi yang halus dan natural dari bayangan hingga sorotan berkat sistem pemrosesan mutakhirnya di seluruh rentang sensitivitas ISO 100-32.000 (dapat ditingkatkan hingga 50-102.400, saat mengambil gambar still).

Selain itu, kamera baru ini menampilkan mode Pixel Shift Multi Shooting yang telah dikembangkan dan dapat menggabungkan hingga 16 gambar dengan resolusi penuh.

Dalam mode ini, kamera dapat menggeser sensor secara tepat dalam satu piksel atau setengah piksel untuk menangkap 16 gambar dengan piksel yang bergeser secara terpisah, berisi total 796,2 juta piksel data yang kemudian digabungkan menjadi 199 juta piksel (17.280 x 11.520 piksel) menggunakan aplikasi desktop Imaging Edge Sony.

Dengan sinkronisasi flash hingga 1/200 detik, mode ini sangat ideal untuk memotret arsitektur, seni, atau subjek benda mati lainnya dengan tingkat detail dan akurasi warna yang menakjubkan.  

Kualitas Video Profesional

Perekaman Film Resolusi Tinggi 8K

Untuk pertama kalinya dalam kamera Alpha, Alpha 1 menawarkan perekaman 8K 30p 10-bit 4:2:0 XAVC HS dengan oversampling 8,6K untuk resolusi yang luar biasa.

Dipadukan dengan teknologi fokus otomatis Sony yang telah diakui, gradasi dan performa reproduksi warna, Alpha 1 akan membantu pengguna untuk mewujudkan visi kreatif mereka dengan detail terbaik.

Rekaman 8K tersebut juga dapat digunakan untuk pengeditan 4K yang fleksibel saat pasca produksi.

Mendukung Berbagai Format Video untuk Profesional

Alpha 1 menawarkan perekaman 4K dalam kamera hingga 120 frame per detik yang memungkinkan pengguna untuk merekam video slow-motion hingga 5X.

Selain mendukung perekaman 10-bit 4:2:2, fitur ini juga dapat digunakan dengan kompresi Long GOP inter-frame yang efisien atau kompresi Intra (AII-I) intra-frame berkualitas tinggi.

Alpha 1 menampilkan S-Cinetone, matriks warna yang sama dengan yang menghasilkan warna dan warna kulit di FX9 dan FX6 yang terkenal. Kamera ini memberikan mid-tone yang natural, ditambah warna-warna lembut dan highlight yang indah untuk memenuhi kebutuhan akan kedalaman yang lebih ekspresif.

Kurva gamma S-Log3 memungkinkan kamera ini mencapai 15+ stop dari rentang dinamis, sedangkan pengaturan warna S-Gamut3 dan S-Gamut3.Cine mempermudah pengguna untuk menyesuaikan rekaman Alpha 1 dengan rekaman video pada kamera sinema VENICE, FX9 dan kamera sinema profesional lainnya.

Struktur Penghilang Panas

Struktur penghilang panas yang unik menjaga sensor gambar dan suhu mesin pemrosesan gambar dalam kisaran operasional normal, mencegah panas berlebih sekaligus mempertahankan dimensi bodi yang ringkas.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk merekam video 8K/30p secara beruntun selama kurang lebih 30 menit.

Mendukung Pemotretan Hand-held

Unit stabilisasi presisi tinggi dan sensor gyro, serta algoritma stabilisasi gambar yang telah dioptimalkan, mampu mencapai keunggulan kecepatan shutter hingga 5,5-step, memaksimalkan kualitas gambar resolusi tinggi yang diperoleh dari sensor kamera 50,1 megapiksel.

Alpha 1 juga dilengkapi dengan Active Mode yang menawarkan stabilisasi luar biasa untuk pembuatan film menggunakan tangan.

Saat menggunakan desktop Sony Catalyst Browse atau Catalyst Prepare untuk pasca produksi, fungsi stabilisasi gambar yang akurat tersedia dengan memanfaatkan metadata yang dihasilkan oleh gyro yang terdapat di kamera.

Fitur lain yang ditawarkan oleh kamera Alpha 1 meliputi; Output RAW dalam format 16-bit ke perekam eksternal melalui HDMI untuk fleksibilitas pasca produksi yang maksimal.

Ada juga sebuah digital audio interface telah ditambahkan ke dudukan Multi Interface (MI) kamera untuk menghasilkan rekaman audio yang lebih jernih dari mikrofon Sony lainnya yang kompatibel.

Berikutnya adalah pembacaan 5,8K oversampled full pixel tanpa pixel binning untuk film 4K dengan resolusi tinggi dalam mode Super 35mm, dan lainnya.

Konektivitas Lengkap

Alpha 1 telah didesain dan dikonfigurasi untuk mendukung jurnalis foto dan video serta fotografer olahraga yang perlu mengirimkan gambar atau video secepat mungkin dengan pilihan konektivitas yang andal.Alpha 1 menawarkan beberapa fitur untuk proses transfer dokumen yang cepat dan mampu diandalkan.

Teknologi LAN nirkabel tercepat di industri, yang terdapat di dalam kamera memungkinkan komunikasi pada jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz dengan antena ganda untuk memastikan komunikasi yang andal.

Pada jaringan 5 GHz, Alpha 1 didukung oleh 2×2 MIMO (IEEE 802.11a/b/g/n/ac) yang menawarkan kecepatan transfer nirkabel FTP 3,5 kali lebih cepat dibanding Alpha 9 II – sebuah keunggulan penting untuk para fotografer berita dan olahraga yang membutuhkan kecepatan dalam menyajikan konten.

Konektor USB Type-C juga disediakan untuk mendukung transfer data PC Remote (tethered)berkecepatan tinggi untuk penanganan file gambar yang besar dengan lancar.

Alpha 1 juga memiliki konektor built-in LAN 1000BASE-T untuk transfer data dengan kecepatan tinggi dan stabil, termasuk pemotretan jarak jauh.

Lebih lagi, Alpha 1 juga didukung oleh FTPS (File Transfer over SSL/TLS) yang memungkinkan proses enkripsi SSL atau TLS untuk meningkatkan keamanan data.

Selain dokumen RAW yang terkompresi dan tidak terkompresi, Alpha 1 juga menyertakan Lossless Compressed RAW, sebuah kompresi lossless yang efisien tanpa mengurangi kualitas.

Selain itu, kamera ini juga memiliki pengaturan “Light” baru untuk mengatur kualitas JPEG/HEIF untuk menghasilkan file yang lebih kecil dibanding pengaturan “Standar”, sehingga para fotografer berita dan olahraga yang bergantung pada kecepatan dapat melakukan pengiriman file dengan cepat.

Bersama dengan berbagai macam format RAW dan JPEG, Alpha 1 menyertakan format HEIF (High Efficiency Image File) untuk gradasi 10-bithalus, memberikan reproduksi langit dan subjek portrait yang lebih realistis, di mana gradasi yang halus dan natural merupakan hal yang sangat penting.

Gambar yang diambil menggunakan Alpha 1 dapat disesuaikan di dalam kamera untuk mencapai berbagai tujuan, seperti penyesuaian rasio aspek, ukuran, atau posisi yang diinginkan.

Alpha 1 juga kompatibel dengan berbagai macam aplikasi, add-ons, dan perangkat. Dengan Imaging Edge Mobile dan Imaging Edge Desktop, para profesional dapat dengan mudah mentransfer file RAW dan file yang menggunakan lossless compression serta Touch Tracking dan Touch Focus yang dikontrol dari jarak jauh untuk operasional AF yang nyaman.

Aplikasi desktop Catalyst Browse/Catalyst Preparememungkinkan para profesional untuk menelusuri dan mengelola klip video yang diambil oleh kamera Sony.

Selain itu, Remote Camera Tool dapat mengubah pengaturan kamera dari jarak jauh dan mengambil gambar dari komputer yang terhubung dengan kabel LAN, serta menampilkan sejumlah penyempurnaan untuk Alpha 1: transfer yang lebih cepat, touch response, dual slot dan dukungan HEIF, dan masih banyak lagi.

Pengoperasian yang Mudah

Pengguna profesional membutuhkan lebih dari sekadar fitur dan kinerja yang disempurnakan. Mereka juga membutuhkan keandalan dan daya tahan sebagai permintaan dari perangkat profesional mana pun.

Alpha 1 memiliki dua slot media yang keduanya mendukung kartu UHS-I dan UHS-II SDXC/SDHC, serta kartu CFexpress Type-A baru untuk kapasitas keseluruhan yang lebih tinggi dan kecepatan membaca/menulis yang lebih cepat.

Alpha 1 juga dilengkapi dengan sasis magnesium alloy yang tahan lama, masa pakai baterai yang lama dengan Z-battery yang dapat diperpanjang menggunakan Vertical Grip VG-C4EM (dijual terpisah), fitur penghilang debu yang telah dikembangkan, fungsi shutter close pada saat dimatikan untuk melindungi sensor gambar, ditambah ketahanan terhadap debu dan kelembapan yang memaksimalkan keandalan pada lingkungan yang menantang.

Alpha 1 juga dilengkapi dengan konektor HDMI Type-A yang tahan lama dan andal, serta dukungan USB PD (Power Delivery), memungkinkan pasokan daya yang lebih tinggi dari sumber eksternal, sehingga pengguna dapat merekam untuk waktu yang lebih lama dengan penggunaan baterai yang minimal.

Struktur menu yang sudah ditingkatkan memberikan navigasi yang lebih mudah, dan menu operasional touch-responsive menawarkan kontrol yang lebih cepat serta intuitif melalui Touch Focus dan Touch Tracking pada monitor LCD 1,44 juta-dot (perkiraan) tipe 3.0.

Untuk penyesuaian yang mudah, bagian dari pengaturan pemotretan kamera sekarang berubah sesuai dengan mode pemotretan yang dipilih, membuat penggunaan bukaan yang berbeda jadi lebih mudah, kecepatan shutter, dan pengaturan lain untuk pengambilan still dan film.

Ketersediaan

Informasi mengenai harga dan ketersediaan dari kamera Alpha 1 Full-frame interchangeable lens di Indonesia akan segera diumumkan. Untuk review Sony Alpha 1 bisa disimak di thePONSEL.com.

Cerita eksklusif dan konten-konten menarik yang diambil menggunakan kamera terbaru serta produk pencitraan Sony lainnya dapat ditemukan di https://www.sony.co.id/en/alphauniverse/home, sebuah situs yang dibuat khusus untuk mengedukasi dan menginspirasi seluruh penggemar dan konsumen Sony’s ? – Alpha.

vote
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 3375 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments