Review Singkat, Fitur dan Harga Vivo Y30 di Indonesia

Vivo Y30

thePONSEL.com – Setelah sebelumnya meluncurkan Y50, Vivo Indonesia kembali merilis satu perangkat baru di keluarga Y Series, yakni Vivo Y30.

Smartphone yang hadir dengan konsep desain berlayar bolong ini menawarkan fitur unggulan seperti Quad Camera, memori besar dan baterai yang tahan lama.

Desain
Tidak jauh beda dengan seniornya, Y50, Vivo Y30 pun mengusung konsep desain kekinian dengan layar Ultra O Screen. Konsep layar bolong ini memiliki diagonal 6.47 inci dan punya resolusi HD+. Jenis layar yang digunakan adalah IPS LCD, dengan rasio layar-ke-bodi mencapai 90,7% dan aspek rasio 19,5:9.

Punch hole di smartphone ini posisinya ada di pojok kiri atas, sama seperti beberapa produk Vivo sebelumnya. Di lubang ini Vivo menaanamkan sensor kamera untuk selfie.

Selain itu, untuk memberikan kenyamanan visual layar perangkat ini dibekali fitur Eye Protection mode yang dapat mengatur warna tampilan untuk mengurangi cahaya biru dan meringankan ketegangan mata.

Di bagian belakang, Konsep desain 3D Curve yang ditampilkan Vivo Y30 terlihat keren. Di pasaran, smartphone ini tersedia dalam pilihan warna paduan Zamrud hijau bercampur hitam elegan yang menghasilkan warna Emerald Black. Sedangkan warna satu lagi yaitu Moonstone White terinspirasi dari batu mutiara yang menampilkan kesan menawan serta menenangkan.

AI Quad Camera
Vivo Y30 membawa AI Quad Camera di bagian belakang sebagai salah satu fitur unggulan. Konfigurasinya terdiri dari 13MP kamera utama. Sensor ini memiliki bukaan lensa (aperture) yang lumayan besar untuk ukuran ponsel entry level, yakni f/2.2.

Kamera kedua 8MP Super Wide-Angle menawarkan 120 derajat area jangkauan panadang horizontal, yang dapat menangkap pemandangan lebih luas dan foto grup dengan lebih banyak orang.

Selanjutnya adalah 2MP Super Macro Camera dengan fokus 4cm. Sensor ini mampu menjelajahi dunia mikro dengan sangat detil. Mulai dari tetesan embun hingga sarang lebah yang berkilau, detail lebih jelas terlihat.

Satu lagi yang tidak kalah kerennya adalah 2MP Super Bokeh Camera. Kamera ini mampu menangkap gambar dengan latar belakang ngeblur. Areaa bokeh yang dihasilkan pun terlihat halus dan apik.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Vivo Y30 hadir dengan kamera depan berkonsep punch hole. Kamera selfie ini memiliki resolusi 8MP dan tentunya disokong beragam fitur kekinian seperti Beauty, filter yang juga dikolaborasikan dengan teknologi AI, Selfie Softlight dan Live Photos untuk hasil jepretan selfie terbaik di segala kondisi.

Performa
Vivo Y30 diperkuat dengan prosesor MediaTek Helio P35 dengan pabrikasi 12nm. Chip octa-core ini tersusun dari 4×2.35GHz Cortex-A53 dan 4×1.8GHz Cortex-A53 yang diklaim mampu menghasilkan akselerasi terbaik dalam menjalankan sistem ponsel berbasis Android 10 dengan antarmuka FunTouch OS 10.

Untuk mendapatkan kinerja yang tangguh, Vivo Y30 menyertakan RAM 4GB serta penyimpanan internal 128GB. Kolaborasi ini tentu saja membuat kinerja keseluruhan perangkat jadi lebih maksimal. Urusan penyimpanan foto, video, file dokumen dan lain sebagainya pun jadi lebih aman, tanpa khawatir penyimpanan cepat habis.

Bagi yang hobi bermain game, spesifikasi hardware yang dibawa perangkat ini sudah tergolong apik. Terlebih, Vivo Y30 juga telah dilengkapi dengan Ultra Game Mode yang didalamnya ada fitur Competition Mode terbaru. Fitur ini dirancang khusus untuk penggemar game yang mencari pengalaman bermain lebih seru dan lancar.

Ada juga Multi-Turbo 3.0 terbaru yang mengadopsi teknologi VPG (vivo Process Guardian) pertama di Industri. Menggunakan Center Turbo untuk mengalokasikan sumber daya sistem inti demi kecepatan maksimum dan AI Turbo memberikan keputusan cerdas. Teknologi tersebut dapat memprediksi kelainan sistem disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga dan menyelesaikan masalah sebelum terjadi

Baterai 5000 mAh dan Pengisian Daya
Selain kamera dan performa hardware, Vivo Y30 juga mengunggulkan daya tahan baterai yang diklaim cukup tahan lama. Dengan kapasitas 5000 mAh, baterai perangkat ini sanggup emnghadirkan waktu standby 29,7 hari, 66 jam telpon di jaringan 2G, 40 jam telpon di jaringan 3G, 34 jam telpon di jaringan 4G. Baterai ini juga bisa memberikan waktu panjang untuk nonton video hingga 12,97 jam, 11 jam lebih main game dan 46,3 jam mendengarkan musik.

Vivo Y30 mendukung kemampuan 5V/1A reverse charging untuk mengisi daya perangkat lain seperti ponsel dan jam tangan pintar.

Untuk melakukan pengisian daya, Vivo Y30 sudaah menyertakan USB Type-C paling baru yang tentunya lebih mudah dan aman.

Harga dan Ketersediaan
Vivo Y30 hadir dengan dua pilihan warna yakni Emerald Black daan Moostone White. Perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 2.799.000. Pre Order Vivo Y30 dibuka mulai 13 Mei 2020, dan selama masa Pre Order konsumen akan mendapatkan bonus berupa Earphone, kartu perdana IM3 Ooredoo, Voucher Gram & Grab Food serta Voucer Video.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments