Nexian NX-G801, Chatting via Nexian Messenger

Fasilitas online semisal Facebook dan chatting, sudah jadi fitur langganan sebuah ponsel. Tak hanya merk branded, ponsel lokal pun mulai menyuntikan fitur online yang beragam. Termasuk yang dibuat khusus bagi penggunanya. Misalnya Nexian, brand lokal ini memberikan nilai lebih bagi penggunanya lewat fasilitas chatting khas yakni ‘Nexian Messenger’. Model perdana yang sudah ditanamkan fitur ini adalah Nexian NX-G801.

Secara disain, ponsel ini tak ubahnya merk sejenis. Lebar dengan mengusung keypad QWERTY. Navigasi menunya sudah menggunakan trackball. Material bodi terbuat dari bahan plastik solid, dikombinasikan dengan metal tipis yang membuat bodinya terasa sedikit berat.

Tersedia port jack audio 3.5mm, sebagai alternatif menikmati musik selain mengandalkan selongsong speaker stereo. Posisi loudspeaker ini bersebelahan dengan kamera yang sudah berkekuatan 2 MP. Sayangnya, tak tersedia shortcut khusus untuk mengakses menu kamera secara cepat. Sudah gitu, fitur bawaan kamera pun terasa kurang maksimal. Tak ada autofokus dan LED flash. Meski begitu, tersedia fitur editing yang lumayan oke. Seperti 12 macam frame, menambah icon, text dan deffect, membuat efek mirror, rotate, red eye reduction, expand canvas, undo, dan juga cropping.

Seperti disinggung sebelumnya, Nexian NX-G801 sudah ditanamkan fitur Nexian Messenger. Dengan aplikasi ini, kita bisa menikmati komunikasi virtual (chatting) sesame pengguna Nexian dengan lebih interaktif. Untuk sekali login menggunakan PIN khusus yang melekat pada SIM card, kita bisa terus online. Dan tiap ada chat baru, kita akan diberi notifikasi layaknya Instan Messaging lain.

Fitur tambahan Nexian Messaging adalah  menambah dan menghapus kontak, menambah grup, memindah profit, melihat profil sendiri, melihat kontak detail dan info. Tak ketinggalan, ping dan smiley lucu pun disediakan, sehingga kita bisa chattinga dengan lebih menyenangkan.

Karena merupakan program bundling, Nexian Messenger hanya bisa dinikmati menggunakan kartu XL. Paket yang ditawarkan berupa akses Nexian Messenger 500 rupiah per hari atau 15 ribu per bulan.

Selain menyediakan aplikasi chat khusus, Nexian NX-G801 juga menambahkan aplikasi chat lain. Ada eBuddy, GTalk, Yahoo Messenger, Skype dan MSN. Jalur data yang digunakan adalah EDGE/GPRS. Sedangkan untuk keperluan browsing internet, tersedia Opera Mini.

Untuk fitur online, Nexian NX-G801 punya aplikasi Facebook yang diklaim memiliki interface dan kemampuan khusus, tak seperti versi mobile yang banyak dipakai ponsel QWERTY lokal kebanyakan. Selain bisa update status dan mengakses news feed, kita juga bisa upload foto langsung loh.

Selain itu, Nexian NX-G801 juga dilengkapi dengan fasilitas hiburan lengkap. Ada video recorder, audio player, video player dan radio FM plus schedule FM recorder. Khusus audio, NX-G801 sudah dilengkapi chipset Wolfson yang mampu menghantarkan suara audio cukup menggelegar dan mantap, layaknya digital MP3 player.

Soal koneksi, Nexian NX-G801 sudah dilengkapi Bluetooth (A2DP support) dan kabel data miniUSB. Untuk keperluan menyimpan file, ponsel ini menyediakan memori internal sebesar 25MB dan tersedia slot ekspansi microSD.

Spesifikasi:

Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On GSM-GSM; Dimensi: 11,4×6,2×1,2 cm; Layar: 2.2 inci, TFT QVGA; Transfer data: EDGE/GPRS; Kamera: 2 MP, Video, Editing; Memori eksternal: microSD; Messaging: SMS, MMS; Konektivitas: Bluetooth, kabel data; Browser: WAP, Opera Mini; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3/MP4 player, radio FM, Trackball, Schedule FM recording, Facebook, Nexian Messenger, Chatting Applications (Yahoo, Skype, MSN, Google Talk and eBuddy), Voice recorder, Audio recorder, Stereo speaker, Speakerphone, Calendar, calculator, alarm; Baterai: Lithium ion

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Maulidisya Aulia
Maulidisya Aulia
10 years ago

HP w tuh