Nexcom NC329, Replika BlackBerry Torch Harga Rp 450 Ribuan

Model disain yang disuguhkan Nexcom NC329 ini sejatinya bukan model baru lagi. Sebelumnya, IMO Mobile Entertainment dan Konka Mobile juga merilis tipe yang sama dengan masing-masing seri IMO B9800 dan KNK WM5. Tampilan disainnya mengadopsi konsep BlackBerry Torch, dengan konstruksi geser (slide) yang juga dibekali layar sentuh (touchscreen) plus keyboard QWERTY (slide out). Pokoknya, mirip banget dengan BlackBerry Torch.

Interface
Untuk layar, Nexcom NC329 menggunakan jenis TFT Resistive Touchscreen 262k warna, beresolusi QVGA seluas 2.6 inci. LCD jenis ini tentu saja kurang responsif jika diakses menggunakan ujung jari. Jadi, supaya proses penelusuran menu atau akses fitur bisa lebih maksimal, konsumen harus memanfaatkan media lain semisal stylus.

Bergeser ke sisi dalam, Nexcom NC329 menerapkan struktur menu yang juga mengadopsi model khas OS BlackBerry. Termasuk ikon menu yang terlihat identik. Namun, untuk sub menu tetap menampilkan karakter khas ponsel merk lokal/ponsel Cina. Untuk navigasi menu, Nexcom NC329 menyediakan tombol D-pad konvensional, bukan berupa tombol sentuh.

Network & Konektivitas
Di sektor ini, Nexcom NC329 dibekali dua slot SIM card dengan network Dualband GSM (900/1800 MHz). Struktur pengaturan, serta fasilitas tambahan terkait fungsi dari masing-masing kartu SIM pun khas ponsel lokal. Sebagai tambahan, kedua slot SIM card tersebut juga bisa diatur penggunaannya untuk profile browser internet.

Nah, terkait kebutuhan browsing ke dunia maya, Nexcom NC329 hanya mengandalkan jalur GPRS. Meski begitu, untuk membuka link wap/mobile situs jejaring sosial semisal Facebook atau twitter, sudah tergolong lumayan baik.

Soal koneksi dan keperluan bertukar file atau mengkoneksikannya dengan perangkat lain, ponsel Dual On ini menyediakan jalur Bluetooth dan port kabel data. Fungsi kabel data ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana penghubung ke PC, dan menjadikan ponsel layaknya mass storage berkat tersedianya slot kartu memori ekspansi berjenis microSD.

Fitur Multimedia
Tak hanya berkutat pada tampilan luar, sisi dalam pun tentu saja dijejali beragam fasilitas menarik supaya konsumen tertarik untuk membeli. Tengok saja fitur multimedia, di Nexcom NC329 ini sudah dilengkapi dengan 2 buah kamera (depan dan belakang) dengan resolusi VGA (640×480 piksel). Fasilitas pendukungnya pun lumayan komplit, mulai dari LED flash, White balance, Night mode, effect, contras serta Anti flicker.

Soal kualitas foto, kedua kamera ini tentu saja hasilnya standar. Malah, masih banyak noise (blur) yang menghiasi gambar hasil capture. Poin plusnya, kamera Nexcom NC329 juga bisa dimanfaatkan untuk merekam video.

Selain kamera, ponsel berharga jual sekitar Rp 450.000,- ini juga dilengkapi dengan pemutar mudik/video, radio FM serta perekam suara. Secara keseluruhan, fasilitas hiburan yang ditanamkan ke Nexcom NC329 memang tak jauh beda dengan kebanyakan ponsel lokal di rentang harga yang sama.

Fitur lain & baterai
Sebagai tambahan, ponsel ini juga menyediakan fasilitas harian semisal World clock, Currency converter, Stopwatch, E-book reader, speakerphone dan game. Untuk sumber powernya, Nexcom NC329 menggunakan baterai Lithium ion 900 mAh, yang dapat menyuplai daya untuk standby hingga 350 jam.

Spesifikasi:
Jaringan: Dualband GSm (900/1800 MHz) & Dual On; Dimensi: 90x50x15mm; Layar: 2.6 inci, TFT Touchscreen 262k warna, QVGA; Transfer data: GPRS; Kamera: Dual camera, VGA (640×480 piksel), LED flash, video recorder; Memori internal: 506Kb; Memori eksternal: microSD up to 4GB; Messaging: SMS, MMS; Konektivitas: Bluetooth, kabel data; Browser: WAP; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3/MP4 player, radio FM, Java, Sound recorder, Alarm, Calendar, Calculator, Facebook, chatting application, World clock, Currency converter, Stopwatch, E-book reader, speakerphone, game; Baterai: Lithium ion 900 mAh; Standby: 350 jam; Talktime: 4 jam

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

10 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments