Lexus 3800, Disain Antik dengan Lampu Senter

Di jajaran ponsel Lexus, Seri ini merupakan model kedua yang berteknologi Dual On GSM-GSM dan masuk dalam kelas menengah-bawah. Hal ini terlihat dari banderolan harganya yang sekitar Rp 1.069.000, dan juga deretan fitur yang disuntikan ke dalamnya. Mulai dari kamera digital, layar sentuh, radio FM, Bluetooth serta slot kartu memori eksternal.

Disain
Tak seperti kebanyakan ponsel lokal yang beredar, bentuk candybar Lexus 3800 terbilang unik.Sudut kiri atas bodi sedikit menonjol dengan lubah berlapis kaca bak lampu senter. Ya, tonjolan ini memang sejatinya adalah sebuah lampu senter dengan fungsi utama sebagai penerang.

Balutan warna silver dikombinasikan dengan hitam, membuat bodi bongsornya tetap terlihat cantik. Apalagi, ditambah dengan struktur keypad yang terkesan ‘aneh’. Sedikit besar dengan bentuk layaknya bantal. Sayang, dengan tuts yang besar seharusnya proses pengetikan pesan akan lebih nyaman dan enak. Namun, nyatanya justru Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menekan masing-masing tombol. Pasalnya, bahan plastik yang digunakan sangat keras dan kurang responsif ketika bersentuhan dengan jari.

Di sisi navigasi menu, Lexus 3800 menyematkan D-pad empat arah plus tombol eksekusi di bagian tengah. Sementara, untuk memudahkan pilihan ke kartu SIM saat bertelfon, ponsel ini juga menanamkan dua tombol khusus. Master dan additional tuts (ditandai dengan angka ‘2’).

Layar & Interface
Kejernihan layar sentuh (touchscreen) yang disuguhkan ponsel ini, patut diacungi jempol. Matriks aktif seukuran 2.4 inci miliknya, telah berkekuatan 262K warna. Lumayan jernih dan jelas.

Berikutnya bagian muka alias interface. Tak ada yang istimewa di bagian antar muka. Meski menyuguhkan ikon-ikon grafik yang lumayan atraktif, performa dan fungsi sejatinya tak jauh dibanding ponsel lokan di kelas yang sama. Hanya, milik Lexus 3800 terlihat sedikit lebih teratur dan rapih. Serta mudah dicerna masing-masing kegunaannya.

Seperti ponsel Cina berlayar sentuh lain, Lexus 3800 juga menanamkan ikon shortcut ‘monoton’ yang ada di bagian dasar layar. Fungsi awal shortcut ini sebenarnya untuk memudahkan pengguna dalam mengakses fitur utama ponsel.

Jaringan
Seperti disinggung sebelumnya, ponsel ini telah mendukung teknologi Dual On GSM-GSM. Terlihat dari hadirnya dua slot kartu SIM operator yang posisinya ada sisi bawah baterai. Lewat kemampuan ini, Anda bisa menyisipkan dua kartu SIM berbeda dan mengoperasikannya secara bersama-sama.

Multimedia
Di sinilah gudang dari segala fitur. Semua fasilitas yang ada di model-model sekarang, telah terakomodasi dengan baik di Lexus 3800. Satu diantaranya adalah pemutar audio/video. Format file yang didukung pun sudah lebih mendunia, yakni MP3/MP4. Soal kualitas keluaran audio, rasanya tak perlu diragukan lagi. Speaker bercorong bulat tertanam di bodi belakang ponsel. Kekuatannya cukup dahsyat. Namun, seperti loudspeaker ponsel Cina kebanyakan, saat volume dinaikan ke posisi maksimal, suara yang keluar akan terasa pecah dan tidak fokus lagi.

Begitupun dengan radio FM, siaran berita yang didengarkan akan kurang bersih jika loudspeaker maksimal. Namun, Anda bisa memanfaatkan earphone untuk mendapatkan hasil yang sedikit lebih baik. Meski sebenarnya, earphone sendiri pun masih kurang mantap.

Satu hal yang sedikit mengganggu, dalam spesifikasi yang tertera di dus dan brosur, Lexus 3800 telah dicangkokan dengan kamera berkekuatan 1.3 megapiksel. Tapi, kenyataan yang terlihat di dalam, resolusi maksimal gambar yang bisa diterjemahkan kamera ponsel hanya sebatas VGA, 640×480 piksel. Untuk kualitas foto, tentu saja tak sebagik kamera VGA di ponsel-ponsel branded.

Konektivitas & Internet
Untuk sarana berkirim file, ponsel ini mengandalkan Bluetooth dan juga kabel data dengan kemampuan yang sedikit lebih stabil dalam proses pengiriman file ke perangkat lain semisal PC. Sementara, untuk kemampuan menjelajah dunia maya hanya bisa dimungkinkan oleh kartu master lewat network GPRS dan browser WAP standar.

Memori
Untuk memori, ponsel ini membaginya dalam dua kanal. Pertama, bilik internal dengan kapasitas 761 kb dan kedua adalah slot kartu microSD yang mendukung hingga kapasitas 1GB.

Baterai
Untuk ketahanan baterai, Lexus 3800 menggunakan baterai lithium ion berkapasitas 1500 mAh. Beruntung, pihak distributor memberikan baterai ekstra untuk berjaga-jaga jika baterai utama habis. Dalam sekali charging, baterai ini bisa bertahan selama 3 harian.

Spesifikasi:
Jaringan Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On; Layar: 2.4 inci, TFT Touchscreen 262K; Kamera: 1.3 megapiksel Riil-nya VGA), Video; Transfer data: GPRS; Memori internal: 761 kb; Memori eksternal: microSD up to 1GB; Messaging: SMS, MMS; Konektivitas: Bluetooth, kabel data; Browser: WAP; Fitur lain: Polifonik (MP3/MIDI), MP3/MP4 player, radio FM, Torch, Disco lamp, Handwriting recognition, Image viewer, Sound recorder, Schedule FM record, Calendar, To do, Alarm, World clock, Calculator, Currency converter,Game, Speakerphone; Baterai: Lithium Ion 1500 mAh.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
andremaulana
andremaulana
9 years ago

pa bagaimana saya akan belajar hp vitellini,model hp 330 pa