K-Touch H999, Qwerty Dual On Ada WiFi dan Trackball

Jika kebanyakan ponsel QWERTY lokal menganut konsep disain smartphone papan atas, semisal BlackBerry maupun Nokia. Tak demikian dengan K-Touch H999. Cover fisiknya dibungkus dengan bentuk yang terkesan kotak dan kaku. Namun, dimensinya lumayan ramping dan pas digenggaman. Inilah salah satu daya tarik seri ponsel yang merupakan merk asli Cina. Pokoknya, beda deh dari para seniornya (K-Touch H888 maupun K-Touch H899).

Untuk panel navigasi, K-Touch H999 mengandalkan trackball yang memiliki tingkat sensitifitas lumayan baik. Aksi jelajah menu pun jadi mudah dan nyaman. Hal yang sama juga terasa saat kita menggunakan tombol QWERTY ketika mengetik pesan.  Tiap tuts bisa menterjemahkan karakter alfanumerik dengan tepat dan tanpa kendala, meskipun strukturnya dibuat agak rapat.

Bergeser ke bagian interface. Modelnya memang tetap serupa beberapa tipe ponsel sejenis. Di halaman utama berjajar beberapa shortcut untuk mengakses menu favorit, dan tentunya bisa diatur sesuai keinginan. Begitu pula dengan struktur menu grid dengan ikon dan efek pergantian menu atraktifnya, semua bisa dipersonalisasikan. Pastinya khas banget ponsel Cina deh.

Multimedia

Soal sarana entertain, K-Touch H999 tergolong royal. Hampir semua media disediakan dengan lengkap. Mulai kamera, pemutar musik dan video serta radio FM. Untuk kamera, disediakan resolusi 2 MP dengan fasilitas pengaturannya yang tergolong standar. Hanya disediakan pengaturan kontras, warna dan efek.

Untuk foto outdoor, hasil fotonya tercatat cukup terang dan tajam. Dibanding ponsel sejenis, terbilang ada di atas rata-rata. Namu, untuk kondisi minim cahaya dan di ruang tertutup (indoor), hasilnya memang sedikit agak mengecewakan. Gambar yang dibuat terkesan kabur dan kurang fokus, bahkan banyak juga dihiasi noise alias ngeblur.

Poin plusnya, kamera K-Touch H999 selain untuk foto bisa pula digunakan untuk merekam video. Format rekamnya avi. Namun untuk playernya, sudah mendukung jenis 3gp, mpeg4 dan avi.

Berikutnya fitur audio player. Kita bakal disuguhkan tampilan player standar, khas ponsel berplatform MTK. Tak banyak variasi fitur termasuk minimnya kemampuan menampilkan informasi ID3Tag maupun Album art. Fitur pengelola musik pun tergolong biasa. Cuma tersedia pengaturan equalizer, serta pilihan mentransfer audio via Bluetooth.

Untuk output audio, loudspeaker K-Touch H999 memang sanggup menghantarkan semburan musik yang menggelegar. Namun, tetap saja terasa cempreng dan memekakan telinga jika volumenya diatur ke maksimal. Nah, untuk mengakalinya kita bisa memanfaatkan headset yang tertacap di port jack audio 3.5mm atau mengandalkan headset Bluetooth stereo via profile A2DP. Secara keseluruhan, kemampuan audio ponsel ini tak jauh beda dengan yang ditawarkan ponsel sejenis.

Terakhir adalah radio FM, kemampuannya sih standar. Namun, tersedia fasilitas untuk merekam siaran radio yang bisa diatur dengan jadwal tertentu.

Internet dan Koneksi

Hadirnya fasilitas online semisal Facebook, Twitter, Frienster serta sederet aplikasi chatting (Emoze, Mobinity, Snaptu, Yahoo, Google dan MSN), tentunya membutuhkan akses data dan browser internet. Di K-Touch H999 kebutuhan ini hanya diakomodasi jalur GPRS dan browser wap standar.

Namun, untuk kemampuan browsing internet yang lebih baik, ponsel ini menyediakan dua pilihan browser alternatif. Yakni Bolt Lite dan Opera Mini.

Sebagai alternatif browsing internet, K-Touch H999 menyediakan kanal koneksi WiFi. Sedangkan untuk bertukar file, ponsel ini menggunakan Bluetooth atau via kabel data yang terkoneksi ke PC.

Fitur lain

Selain fasilitas di atas, K-Touch H999 pun tetap menyediakan beberapa fitur harian. Misalnya saja file manager, calculator, converter, health, task, stopwatch, alaram Adzan alarm dan world clock.

Untuk yang sedikit lebih kompleks, ponsel ini juga menawarkan fitur melody composer, photo editing, anti theft, blacklist, SMS blacklist, E-book reader serta beberap buah game (Push Box dan Candy bomb).

Seperti kebanyakan ponsel QWERTY lokal, K-Touch H999 juga dibekali teknologi Dual On GSM-GSM single standby. Artinya, saat nomor utama melakukan atau menerima panggilan, nomor keduanya tak bisa menerima panggilan dan akan memberika nada pengingat khusus.

Memori & Baterai

K-Touch H999 memiliki memori internal sebesar 78MB, plus slot microSD dengan kapasitas maksimal hingga 16GB. Dalam paket penjualan, disediakan bonus kartu microSD sebesar 2GB.

Untuk baterai, HP ini menyuguhkan lithium ion 800 mAh yang mampu menyuplai daya lebih dari 2 hari.

Spesifikasi:

Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On GSM-GSM (single standby); Layar: 2.2 inci, TFT 256k warna, QCIF; Transfer data: GPRS; Kamera: 2 MP, video recording (avi); Memori eksternal: microSD up to 16GB; Messaging: SMS, MMS; Konektivitas: WiFi, Bluetooth (A2DP support), kabel data, 3.5mm audio jack; Browser: WAP, HTML (BOLT Lite), Opera Mini; Fitur lain: Polifonik (MP3), Audio/video player, radio FM, FM recording, Java MIDP 2.0, facebook, Friendster, Twitter, MySpace, chatting (MSN, Yahoo, Google), Trackball, calendar, calculator, alarm, world clock, stopwatch, converter, speakerphone, game; Baterai: Lithium ion 800 mAh

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
ujang
ujang
10 years ago

maaf kameranya bukan vga boss……2mpx
layar juga bukan 65000 tp 256000 warna…..

trims

trackback
Tweets that mention K-Touch H999, Qwerty Dual On Ada WiFi dan Trackball | theponsel.com -- Topsy.com
10 years ago

[…] This post was mentioned on Twitter by Boankz Perkinz. Boankz Perkinz said: K-Touch H999, Qwerty Dual On Ada WiFi dan Trackball http://bit.ly/bmRs22 via @AddToAny […]

Ajun
Ajun
9 years ago

Itu colokan headsetnya universal yg bunder ato yg beda ndiri???