IMO TV600c

Ponsel TV Plus Dual Mode/On

Kemampuan ponsel asal negeri tirai bambu kian berkembang. Mulai dengan suntikan tv tuner, selanjutnya ditambahkan kemampuan dual on GSM-GSM, hingga akhirnya menyisipkan teknologi dual mode/dual on (GSM-CDMA). Bukti nyatanya ada di seri terbaru IMO Mobile, dengan nama pasarnya IMO TV600c.

Di pasaran sendiri, tercatat beberapa merek sudah menjajal segmen ini. Sebut saja Beyond, MyG, MicXon, Taxco dan Titan. Rata-rata, tampilan fisik hingga suntikan fitur di dalamnya terbilang sama persis. Nah, bagaimana dengan IMO TV600c?

Disain

Disain TV600c memang bukan satu-satunya di pasaran. Jika Anda sering main ke pusat perkulakan ponsel, pastinya bakal menjumpai disain yang sama persis namun dari brand lain. Sebut saja MicXon CTV-880 dan Titan T9898.

Wajar, di Cina urusan paten produk memang sedikit kurang baik. Yang penting, jika terdapat minimal lima perbedaan, suatu produk sudah bisa dibilang lain. Meskipun struktur fisiknya sama persis.

Cita rasa Cina, hadir di jajaran keypad. Yakni, tuts (*), 0 dan (#) diletakan di kolom paling kanan. Ciri satu lagi, yakni hadirnya ikon shortcut di bagian bawah layar yang menandakan ini adalah ponsel berlayar sentuh (touchscreen).

Uniknya, untuk memudahkan akses ke fitur tv tuner, IMO TV600c menyematkan satu tombol cepat. Posisinya di bawah tombol right softkey, bersebelahan dengan tombol power.

Karena mengusung dua jaringan berbeda (GSM-CDMA), ponsel ini pun menanamkan dua tombol singkat untuk memilih kartu SIM mana yang akan digunakan menelpon. Peletakannya ada di sisi kiri tombol navigasi.

Layar dan User Interface

Permukaan atas bodi bongsornya dihiasi layar warna, dengan porsi yang cukup besar. Yakni, 2,6 inci dengan daya pancar 262 ribu warna plus teknologi layar sentuh (touchscreen).

Urusan antar muka (User Interface), IMO TV600c mengandalkan model standar pabrikan Cina. Alhasil, tampilan keseluruhan menu di dalamnya cukup identik dengan ponsel sejenis. Termasuk struktur dan susunan sub menu turunannya.

Hadirnya menu ‘Background play’ kembali jadi poin plus ponsel asal negeri tirai bambu, dalam menghadirkan nuansa multitasking. Khususnya untuk pemutar musik dan radio FM. Jadi, Anda tetap bisa mengoperasikan fitur lain semisal mengetik pesan, sambil tetap mendengarkan lagu atau berita radio.

Fitur Unggulan

TV Tuner

Meski bukan yang pertama menerapkan teknologi tv tuner di ponsel, namun fasilitas ini cukup mendapat respon positif dari masyarakat. Dan di IMO TV600c, fitur ini pantas dijadikan unggulan pamungkas.

Dalam hal menangkap gelombang siaran, IMO TV600c tak perlu diragukan. Pasalnya, antena internal dengan model stick siap dijadikan receiver. Sama halnya dengan IMO C2000, gambar yang tertampil di layar lebarnya cukup jernih dan jelas. Apalagi, modus landscape pun bisa dipilih untuk menambah kenyamanan menonton siaran favorit.

Menariknya, IMO TV600c bisa meng-capture tayangan televisi dan menyimpannya dalam format jpg, layaknya MyG 800, MicXon MTV-800 dan Titan T9898. Sayangnya kemampuan merekam siaran dalam format klip video belum diakomodasi ponsel ini.

Jaringan

Unggulan kedua IMO TV600c ada di teknologi jaringan dual Mode/dual On-nya. Dengan artian, dua slot kartu SIM yang tersedia bisa disisipi dua kartu dari jaringan berbeda, GSM dan CDMA. Kerennya, dua kartu tadi sanggup bekerja secara bersamaan alias dual On/dual standby.

Namun, meski bisa ‘On’ keduanya, Anda tetap dapat mengatur hanya satu saja yang hidup. Setingan ini bisa ditemukan di menu Settings > CDMA&GSM setting.

Kamera

Berdasarkan penelusuran, IMO TV600c hanya mencatatkan kamera berkekuatan VGA, dengan resolusi gambar maksimal yang bisa diterjemahkan yakni 480×640 piksel. Kerennya, kamera yang ditanamkan ke TV600c ada dua. Di belakang dan depan, dengan fungsi utama untuk selfpotrait.

Di sisi kualitas, hasil jepretan foto ponsel ini masih banyak menyimpan noise. Meski pun telah dilakukan pengaturan maksimal. Bahkan, untuk di tempat yang berpencahayaan melimpah, hasil olah gambarnya terlihat over exposure.

Kemampuan mencipta video ikut dimiliki kamera TV600c. Durasi rekamnya bisa diatur unlimited, dengan format avi.

Multimedia

Fitur multimedia merupakan fasilitas wajib di ponsel masa kini. Beruntung, IMO TV600c melahap hampir semua sarana yang diperlukan. Sebut saja pemutar musik dan video. Format file yang bisa didukung player ini antara lain MP3, AAC, AAC+, WAV, AMR, 3gp, mpeg4 dan avi.

Ciri khas ponsel Cina, juga terpancar di tampilan default player musik/video TV600c yang full warna. Hanya, tampilan skin-nya saja yang sedikit beda, dibanding ponsel sejenis.

Serupa kebanyakan ponsel multimedia asal Cina, IMO TV600c juga menanamkan radio FM sebagai alternatif hiburan. Asiknya, Anda tak perlu menancapkan konektor handsfree untuk mengaktifkan fitur ini.

Fitur lain

Untuk urusan pengamanan, IMO TV600c menyuguhkan pilihan yang lebih beragam. Tak hanya fitur antisteal (anti maling), memblokir telpon dan SMS serta memproteksi beragam file pun mampu dilakukannya. Fasilitas ini tergabung dalam menu ‘Bussiness Affair’.

Konektivitas dan Internet

Sebagai sarana berkirim file, IMO TV600c tercatat lumayan handal. Ada Bluetooth dengan kemampuan A2DP, dan kabel data USB yang juga sekaligus jadi charger. Satu lagi, dengan mengkoneksikan kabel data + ponsel ke PC, kamera ponsel ini bisa dijadikan layaknya PC webcam.

Untuk yang ingin berinternet ria, IMO TV600c telah dipersenjatai browser WAP dengan kanal GPRS. Lumayan lah untuk sekedar mengorek informasi dari dunia maya.

Memori

Jangan berharap bisa menyimpan banyak file di memori ponsel. Pasalnya, kapasitas internal IMO TV600c hanya sebesar 195 kb, itu pun harus dibagi-bagi ke fungsi lain. Beruntung, TV600c menyediakan slot kartu microSD.

Baterai

Untuk pasokan daya, IMO TV600c mengandalkan baterai lithium ion berkapasitas besar, yakni 1500 mAh. Tak tanggung-tanggung, dalam paket penjualannya disediakan satu lagi baterai cadangan dengan kekuatan yang sama. Dalam sekali isi ulang, baterai ini sanggup menyumbang daya selama 6 jam untuk menonton siaran tv.

Kesimpulan

Di sektor multimedia, ponsel pendatang baru ini tak kalah komplit dari para pesohornya. Bahkan bisa dibilang super lengkap, dengan hadirnya tv tuner plus teknologi jaringan dual Mode/dual On. Ditambah, disain cover-nya yang lumayan manis.

Namun, kualitas kamera yang seadanya jadi sedikit mengganggu. Termasuk, interface Cina-nya yang masih terlalu mencolok.

Spesifikasi :

Jaringan: Dual band GSM (900/1800 MHz) & CDMA (800 MHz) Dual Mode/On; Dimensi: 11,85×5,5×1,75 cm; Berat: 125 gram: Layar: 2,6 inci, TFT Touchscreen 262.144 warna; Kamera: Dual VGA (640×480 piksel), video (AVI); Messaging: SMS, SMS Chat; Transfer data: GPRS; Memori internal: 195 kb; Memori eksternal: microSD; Konektivitas: Bluetooth v2.0 (A2DP), Kabel data USB; Browser: WAP; Fitur lain: Polifonik (Mp3, AAC, AAC+, WAV, AMR), TV tuner, Audio Player, Video Player, radio FM, Sound recorder, Image viewer, Phonebook 500 entri, Themes, Alarm, Calendar, To do list, Calculator, Stopwatch, Currency converter, Unit converter, Worldclock, E-Book reader, Bussiness Affair (Track, Incall Firewall, MSG Firewall, Remote Control), File manager, Handwriting recognition, Flight mode, Equalizer, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium Ion 1500 mAh.

Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

6 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
benx
benx
12 years ago

minta review yang buat imo i700 dong

Husnoer
Husnoer
12 years ago

Gimana seting laptop winxp agar konek dengan imotv9500 lewat usbnya?, trims.

dafinar
dafinar
12 years ago

untuk system IMO TV600C operationya pake apa ya..?,aku dah coba masukin beberapa aplikasi tapi ga mo di install.klo pake symbian syabian berapa?,

dontelo
dontelo
11 years ago

Gw da punya IMO TV600c,slm pemakaianPertukaran data lewat bluetooth susah bgt, file ukuran 1MB ja sdh out of buffer.Sebenarnya ukuran maks file yang bisa diterima IMO TV600c brp?Solusi buat tukeran file ukuran agak besar?Thx.

aditia
aditia
11 years ago

mas gimana cara hapus nama blutud di hp imo karna hp saya gak bisa ngirim karna penuh & saya coba meilih device list hp nya restard jd gimana caranya ksh tau dong

amel
amel
11 years ago

gimana si nyetting gprs imo..ko ga bisa keterima mulu….