IMO i188, Murah Tapi Tak Murahan

Persaingan di kelas low end memang terbilang cukup ketat. Harga murah, tapi tak didukung fitur yang lumayan baik akan mudah dilibas produk lain. Contohnya IMO i188. Ponsel yang dibanderol seharga Rp 450 ribuan ini bisa dibilang sebagai produk murah, tapi tak murahan. Buktinya, ponsel ini sarat dengan fitur tangguh. Diantaranya audio/video player, radio FM, browser internet serta slot kartu memori eksternal.

Disain
Di kelas low end, disain candybar memang cukup favorit. Selain lebih simple, ponsel jenis ini pun cukup mudah dioperasikan. Itulah sebabnya IMO i188 dibuat dengan konsep batang. Di sisi tampilan, disain flat dengan dimensi mungil ponsel ini terlihat lumayan cantik. Apalagi, ditambah lis silver dan orange. Permukaan layar bak kaca yang bisa merefleksikan gambar wajah, sedikitnya menambah daya tarik ponsel ini.

Struktur keypadnya cukup teratur, dengan tombol berbahan karet. Meski sedikit keras, tapi tetap nyaman untuk mengetik pesan. Tombol D-pad empat arah plus ‘OK’ juga disediakan untuk akses ke menu di dalamnya. Fungsi shortcut pun bisa terakomodasi lewat tombol-tombol arahnya.

Layar & User Interface
Sebenarnya, penampang layar yang disediakan cukup luas. Sayang, hal ini kurang efektif. Pasalnya, IMO i188 hanya menyematkan layar seluas 1.5 inci. Alhasil, tampilan gambarnya terkesan kecil. Ditambah lagi, kualitas LCD yang digunakan hanya berjenis CSTN. Cukup wajar sih, mengingat harga yang dibanderolkan cuma Rp 450.000 saja.

Kondisi ini juga berimbas pada kualitas tampilan interface. Semuanya dibuat sesederhana mungkin. Tengok saja struktur menu yang dipasang, semuanya minimalis. Satu ikon menu mewakili satu tampilan layar alias model list layaknya IMO i168. Jadi, bukan model grid. Metode pergeserannya pun sama, yakni ke atas dan bawah.

Antar muka seperti ini juga banyak digunakan ponsel murah-meriahnya Nokia. Bagaimana dengan sub menu di dalamnya? Cukup teratur dan mudah dicerna, termasuk pengguna pemula.

Fitur Unggulan
Media Player & radio FM
Meski berharga murah, nyatanya IMO i188 sanggup tampil prima di sisi hiburan. Ada pemutar musik dan video player. Kedua fitur ini bisa dinikmati dengan lancar, tampilannya pun tak jelek-jelek amat. Yang pasti bisa menghibur. Untuk dukungan file, player musik IMO i188 bisa memutar lagu berformat MP3. Sementara, untuk video jenisnya MP4 dan 3GP.

Untuk kualitas tayangan, tak kalah dibanding ponsel sejenis yang ada di level harga lebih tinggi. Cukup lancar dan enak dilihat. Performa audionya pun cukup membuat gendang telinga nyaman. Meski tak terlalu keras dan tidak menyediakan loudspeaker khusus, tapi dentuman musik yang keluar tetap jernih dan empuk didengar. Bandingkan dengan beberapa ponsel musik garapan vendor lokal lain, yang jika volumenya diatur ke tingkat maksimal justru akan pecah.

Sebagai pilihan tambahan, IMO i188 juga menyiapkan radio FM. Seperti fitur radio di ponsel Musik HiTech dan StarTech, milik IMO i188 juga bisa diaktifkan tanpa mencolokan handsfree. Sayang, kualitas tangkapannya masih kurang bagus. Jadi, untuk mendapatkan gelombang siaran yang pas, Anda tetap harus memasangkan handsfree bawaan. Menariknya, fitur radio i188 menyediakan fasilitas ‘record’ siaran. Nantinya, hasil rekam ini bisa dibuat sebagai nada dering atau nada alarm. Cukup keren dan menghibur.

Internet
Urusan menjelajah ke dunia maya, ponsel ini pun mengakomodasinya dengan baik. Meski hanya mengandalkan saluran GPRS dan juga browser WAP standar, namun sudah lumayan baik dalam menampilkan halaman situs internet.

Selain itu, proses pengaturan profilnya pun cukup mudah. Anda tinggal pilih salah satu profil sesuai dengan kartu SIM operator yang digunakan. Pasalnya, pihak pabrikan telah menyisipkan pengaturan standar internet untuk beberapa operator tanah air. Namun, untuk pengaturan manual, tetap disediakan beberapa slot kosong.

Messaging
Sektor ini juga digarap dengan baik oleh IMO. I188-nya menyediakan sarana perpesanan yang lumayan komplit untuk ponsel sekelasnya. Tak hanya model pesan singkat (SMS), Anda juga bisa menyisipkan gambar berwarna bahkan audio di satu file pesan, yang kerennya dikenal dengan MMS (Multimedia Messaging).

Format pesan panjang juga bisa diakomodasi dengan baik, dalam sekali kirim SMS Anda bisa mengetikan pesan hingga 612 karakter. Menariknya, IMO i188 juga menyediakan proses dialog pesan yang lebih atraktif. Yakni, lewat kamar-kamar (rooms) khusus layaknya chatting, yang disebut IMs.

Memori & Konektivitas
Hadirnya pemutar musik dan video, pastinya harus didukung memori yang besar. Sayang, untuk internal IMO i188 hanya meyiapkan memori sebesar 250 kb. Tapi jangan berkecil hati. Pasalnya, ponsel ini telah menyiapkan slot kartu microSD sebagai pilihan tambahan ruang penyimpanan file. Kapasitas yang didukung mencapai 2GB. Untuk koneksi, IMO i188 hanya menyiapkan kabel data. Namun, urusan transfer file tak perlu diragukan. Apalagi, ponsel ini juga bisa dimanfaatkan layaknya Mass Storage, saat terkoneksi ke PC.

Fitur lain
Meski masuk dalam kategori ponsel murah-meriah, nyatanya IMO i188 tetap menyuguhkan fitur harian yang lumayan komplit. Ada File manager, Calendar, Notes, Alarm, World clock, Calculator, Unit converter, Currency converter dan Stopwatch. Anda yang hobi baca, bisa memanfaatkan fitur E-Book reader. Ada juga fitur ‘Torch’, yakni semacam lampu senter. Kegunaannya sama seperti beberapa ponsel low end Nokia, semisal Nokia 1200 atau 1100.

Baterai
Rata-rata, ponsel kelas low end lebih mengedepankan daya tahan baterai untuk mendukung percakapan yang lebih lama. Begitu juga dengan IMO i188. Ponsel ini mengandalkan baterai lithium ion dengan kapasitas standar 650 mAh. Bentuknya mencomot model baterai Nokia BL-4C, yang kini jadi tipe baterai universal. Untuk penggunaan normal, kekuatannya bisa mencapai 4-5 harian untuk standby. Sementara, jika digunakan telpon bisa bertahan hingga 3 jam.

Spesifikasi:
Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz); Dimensi: 9,8×4,3×1,8 cm; Layar: CSTN 1.5 inci; Memori internal: 250 kb; Memori eksternal: microSD up to 2GB; Transfer data: GPRS; Messaging: SMS, MMS, IMs; Konektivitas: Kabel data; Browser: WAP; Fitur lain: Music player, Video Player, Radio FM, Phonebook 300 entri, File manager, Torch, Calendar, Notes, Alarm, World clock, Calculator, Unit converter, Voice recorder, Currency converter, Stopwatch, E-Book reader, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion (BL-4C); Standby: 120 jam; Talktime: 3 jam

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
marchell
marchell
11 years ago

boleh nih sya beli !!

tp dmna tmpatnya !!

repp ke email uw aj !!

thx,,

ByOu
ByOu
11 years ago

mayan ne….. di Mataram Lombok dah masuk ga ya…. kasi info yach yang tau

idruss
idruss
11 years ago

boss katanya imo hp cina apa ni original apa selundupan nya saya sangat tertarik tapi kata orang kalau barang cina itu cepet rusak