IMO i178, Qwerty Dual On Murah Buat Facebook-an

Untuk mengokohkan eksistensinya sebagai pemasok ponsel merk lokal paling inovatif, IMO kembali mengenalkan satu seri terbaru ponsel QWERTY yang menyasar segmen low end. Tak hanya menyandang harga murah, ponsel berlabel IMO i178 ini pun dibekali sederet fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Secara disain, IMO i178 sejatinya tak jauh beda dengan ponsel sejenis. Yakni, menawarkan konsep ala smartphone berlayar lebar dan dilengkapi keypad full QWERTY. Namun, konstruksinya tergolong mungil dan ergonomis ketimbang ponsel sekelas. Sepintas, disainnya malah terlihat mirip Samsung CorbyTXT. Cukup cantik dan elegan. Sayang, material cover yang digunakan untuk membungkus rangka terkesan kurang mewah. Pokoknya, khas ponsel Cina lah.

Di sektor navigasi, IMO i178 menerapkan panel D-pad konvensional empat arah, yang dikelilingi beberapa tombol cepat ke fitur favorit. Sebut saja shortcut kamera dan pemutar musik. Dan layaknya ponsel QWERTY Dual On, i178 juga menanamkan tombol pilihan kartu SIM untuk memudahkan komunikasi. Ada tombol call SIM 1 dan SIM 2.

Khusus keypad QWERTY, IMO i178 megaturnya dalam model standar. Hanya, strukturnya dibuat agak rapat dengan bidang sempit. Meski begitu, ukuran masing-masing tombol dibuat besar dan pas dengan tekstur jari. Saat ditekan, keypad plastik keras ini tercatat cukup empuk dan nyaman.

Untuk media interaksi dengan pengguna, IMO i178 menanamkan LCD matriks aktif 65 ribu warna seluas 2.2 inci. Cukup terang dan jernih buat menampilkan antarmuka dengan struktur menu khas ponsel Cina. Secara keseluruhan, interface IMO i178 tak jauh beda dengan ponsel sekelasnya, dimana menu-menunya diatur dalam model grid. Sedangkan sub-menu, dibuat dalam mode list.

Kamera

Meski tergolong murah, IMO i178 sudah dilengkapi kamera. Hanya, performa untuk membuat gambar tentunya apa adanya. Wajar, resolusi lensa yang didukung ponsel ini hanya sebatas VGA. Itupun tak dilengkapi fasilitas tambahan semisal LED flash. Jadi, hanya pasrah pada pengaturan white balance dan night mode yang masih terasa ‘payah’.

Jika dibanding ponsel sekelas, hasil foto i178 masih terbilang sedikit lebih bagus. Tingkat over exposure-nya pun tak terlalu parah, meski masih terlihat noise di sana-sini. Buat yang kepingin merekam video, kamera i178 sudah dilengkapi video recording dengan format rekam avi. Sedangkan untuk player video, IMO i178 sudah mendukung format mp4, avi dan 3gp. Namun, tentu saja yang sudah mengalami konversi terlebih dulu.

Audio Player & Radio FM

Buat pecinta musik, IMO i178 menyediakan player audio yang bisa memutar lagu berformat MP3. Interfacenya sih biasa saja. Bahkan, tak disediakan pengaturan equalizer untuk mendapatkan hasil keluaran audio yang baik. Jadi, untuk out put suara tergantung dari kemampuan loudspeaker yang di tanam di bodi belakang.

Seperti kebanyakan ponsel local, audio yang keluar bisa menggelegar sangat kencang dan nyaring. Namun, kualitasnya tentu saja tak sehalus dan sebaik ponsel branded. Malah, jika volume suara distel ketingkat maksimal, suara yang dikeluarkan justru terdengar cempreng dan pecah.

Nah, supaya hasilnya terasa lebih ‘nendang’, kita bisa memanfaatkan headset bawaan atau menggunakan headset tambahan yang memiliki port audio jack 3.5mm.

Untuk alternative hiburan, IMO i178 menyediakan radio FM. Karena tak dilengkapi internal antenna, otomatis kita harus menancapkan handsfree untuk bisa mengaktifkan fitur ini.

Internet & Koneksi

Meski dibanderol dengan harga miring, yakni sekitar Rp 399 ribu-an, IMO i178 nyatanya sudah dilengkapi dengan fasilitas jelajah dunia maya. Namun, data bearer-nya hanya sebatas GPRS. Standar memang, namun lumayan lah untuk sekadar membuka situs-situs wap atau versi mobile portal jejaring sosial  semacam Facebook dan Twitter.

Buat pecinta layanan chatting, IMO i178 juga menyediakan beberapa aplikasi client yang diantaranya adalah Yahoo Messenger.

Bagaimana dengan pengaturan internetnya? Tenang, kita bisa mengatur profile internet sesuai dengan kartu SIM yang digunakan (SIM 1 atau SIM 2). Tinggal pilih saja di bagian pengaturan profile browser wap. Mudah dan tak merepotkan.

Nah, buat yang kepingin bertukar file, IMO i178 bisa memanfaatkan jalur Bluetooth atau via kabel data lewat modus mass storage di PC.

Aplikasi Standar

Untuk fasilitas default, IMO i178 mengelompokannya dalam folder ‘Organizer’. Di sini, tersedia beberapa fitur harian semisal alarm, calculator, world clock dan calendar. Namun yang paling menarik, IMO i178 juga dilengkapi fitur e-book reader yang bisa dimanfaatkan untuk membuka file dokumen berformat txt.

Memori & Baterai

Soal penyimpanan file, IMO i178 memang menyiapkan ruang internal yang minim. Hanya bisa dimanfaatkan oleh system ponsel. Namun, buat ‘gudang’ file sejatinya disediakan slot kartu memori ekspansi berjenis T-flash alias microSD.

Terakhir adalah pasokan daya. IMO i178 mengandalkan baterai lithium ion 850 mAh. Kapasitas ini sebenarnya lumayan pas untuk ukuran ponsel sederhana. Untuk pemakaian standar, baterai ini bisa bertahan lebih dari 2,5 hari.

Spesifikasi:

Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On GSM; Layar: 2.2 inci, TFT 65 ribu warna; Transfer data: GPRS; Kamera: VGA, Video record; Memori eksternal: microSD; Messaging: SMS, MMS; Konektivitas: Bluetooth, kabel data, audio jack 3.5mm; Browser: WAP; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3/MP4 player, radio FM, Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, Calendar, Alarm, To do list, Calculator, World clock, e-book reader, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion 850 mAh; Harga: Rp 399 ribu-an

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

5 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
chacha
chacha
10 years ago

mnta settingan gprs !!

ocha
ocha
10 years ago

akhhh muna n jlekk

talita cantik
talita cantik
10 years ago

bagus banget layanannya

talita cantik
talita cantik
10 years ago

imo internetnya ada gak gamesnya soalyna aku itu punya laptop tapi sayang nya poenya ayah ak.ooooooooooo iya ada gak imo yang terbaru ……….. balas!!!!!!!

plenscung
10 years ago

itu lmyn bgus tp aq g mdeng ngcilke volume music/ radio… it crnya gmn?