IMO i160, Low End Tapi Tidak Murahan

Tampilan fisik IMO i160 memang tergolong cukup trendi. Ya, selain bentuknya yang ergonomis dan mungil, ponsel ini juga dibekali beberapa pilihan warna cover. Namun, material casing yang digunakan tetap saja khas ponsel merk lokal bikinan Cina, ‘plastik’ dan terkesan biasa.

Bagaimana dengan keypad? Tenang, IMO i160 tetap menyajikan konsep tuts yang tengah ngetrend saat ini, yaitu QWERTY. Strukturnya sih terlihat sedikit ‘aneh’, dengan jajaran tombol bagian bawah yang terkesan melingkar. Soal kenyamanan, model tuts yang agak menyembul ini tetap bisa diajak ‘lincah’ saat mengetik pesan.

Di bagian navigasi, IMO i160 menanamkan D-pad empat arah yang dikelilingi beberapa tombol shortcut ke fitur favorit. Termasuk tombol pilihan kartu SIM yang bisa dimanfaatkan saat ingin melakukan panggilan telepon.

Soal interface, IMO i160 memang tak banyak perbedaan dibanding ponsel sejenis. Tetap menyajikan model grid dengan ikon menu ala smartphone. Namun, lagi-lagi karakter ponsel lokalnya tetap terpancar dengan jelas.

Multimedia

Sisi ini, IMO i160 dijejali segudang fasilitas keren. Mulai kamera, audio/video player, radio FM dan game. Untuk kamera, lensa yang ditanamkan hanya sanggup mencipta gambar beresolusi 220×176 piksel. Tentunya, hasil yang bisa dibuat tak terlalu memuaskan. Apalagi, tak banyak fitur tambahan di kamera yang bisa dieksplorasi.

Berikutnya adalah audio player. Meski interface-nya sederhana, namun sudah bisa membaca data lagu dengan baik dalam format MP3. Menariknya lagi, player IMO i160 ini juga sudah dilengkapi equaliser, audio efect dan background sound. Soal output audio, cukup baik dan keras. Walaupun tetap terdengar pecah jika volume suaranya dibesarkan. Kendalanya, untuk menikmati player ini, kita harus menyisipkan kartu memori ekspansi berjenis microSD terlebih dulu.

Sebagai tambahan, IMO i160 juga punya radio FM, namun tanpa antena internal. Jadi, tetap harus menancapkan headset yang berfungsi ganda sebagai media penangkap frekuensi radio. Baru deh si radio bisa diikmati. Untuk proses pencarian gelombang siaran, bisa dilakukan secara otomatis atau pun manual. Sayangnya, tak dilengkapi kemampuan rekam (record) seperti beberapa rekan seperjuangannya.

Koneksi

IMO i160 didukung Bluetooth dan kabel miniUSB, untuk memudahkan proses transfer data antar perangkat. Plusnya, kedua media koneksi ini sudah dilengkapi profile yang cukup lengkap. Bluetooth-nya mendukung A2DP profile, sedangkan kamel data miniUSB-nya bisa dimanfaatkan untuk menjadikan i160 sebagai mass storage di PC.

Internet

Ponsel Dual On GSM ini didukung network GPRS class 12 sebagai sarana telusur dunia maya. Sayang, link shortcut ke situs jejaring sosial semacam Facebook, Friendster atau Twitter tak disediakan secara default. Namun, kita bisa mengaksesnya dengan cara mengetikan url versi mobile portal tersebut di browser internet i160.

Soal pengaturan profile, sudah disediakan dan kita tinggal memilihnya sesuai operator yang digunakan. Kita pun dapat menyesuaikan dan memakai slot SIM card yang tersedia (SIM 1 atau SIM 2) untuk dijadikan profile data internet. Pokoknya, cukup mudah pengaturannya.

Fitur tambahan

Aplikasi Java memberi pengaruh cukup besar ke fitur penunjang di HP ini. Hanya ada 1 game bawaan IMO i160, yaitu puzzle. Untuk fitur organizer, terdapat jam dunia, kalkulator, satuan konversi, kesehatan,  dan stopwatch.

Yang paling menarik, IMO i160 dilengkapi dengan beragam fitur fun, dan  berjiwa muda. Yakni, Kamus Gaul IMO. Di dalamnya, kita akan menemukan SMS singkatan gaul, beragam emoticons, dan Planet IMO.

Spesifikasi

Jaringan: Dualband GSM 900/1800 MHz & Dual On; Dimensi: 10,8×5,8×1,2 cm; Berat: 85gr; Layar: 2 inchi TFT QCIF 65K colours; Transfer data: GPRS class 12; Kamera: Ada, 220×176 piksel; Memori internal: 123kb; Memori eksternal: microSD up to 2GB; Messaging: SMS, MMS; Konektivitas: Bluetooth, kabel data miniUSB; Browser: WAP; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3/MP4 player, radio FM, MTK6223, Voice recorder, Java, World clock, Calculator, Alarm, Converter, Health, Stopwatch, Game; Baterai: Lithium ion; Harga: Rp 399.000,-

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments