IMO G306

Dual On GSM Murah

Pasar ponsel Dual SIM card sudah diramaikan oleh lebih dari 10 brand lokal maupun Cina. Namun, khusus jalur Dual On GSM-GSM (dual gsm) tercatat baru beberapa saja. Itu pun, membanderol dagangannya dengan harga yang masih relatif mahal. Inilah yang disasar IMO Mobile, lewat garapan teranyarnya: IMO G306.

Meski tercatat bukan generasi pertama yang menyediakan slot kartu SIM ganda, namun G306 jadi ponsel pertama yang mengusung teknologi Dual On GSM-GSM di katalog brand ini. Banderolan harganya sekitar Rp 1 jutaan, plus komplitnya fitur multimedia bisa jadi sumber rujukan ampuh menggaet konsumen.

Disain

Sepintas, konstruksi fisik IMO G306 serupa disain Sony Ericsson CyberShot K810i. Kokoh, dengan model candybar. Panel kamera belakang, dilindungi cover ‘slide Out’. Artinya, dengan menggeser pelindung ini, modus kamera bisa sekaligus diaktifkan. Jadi, tak perlu repot masuk ke menu utama lagi.

Model dan struktur keypad alfanumerik ponsel ini pun mencomot konsep K810i. Yakni, kecil membulat bak ‘paku’. Namun, susunannya yang sedikit renggang plus bahan metal kombinasi plastik yang digunakan, cukup empuk dan nyaman ketika ditekan.

Sayang, jajaran keypadnya masih kental nuansa ponsel Cina. Dimana tombol *, 0 dan # ada di jajaran sebelah kanan. Minus lainnya, ada di backlight LCD keypad yang hanya menerangi tuts angkanya. Sementara, untuk karakter alfabet-nya tidak. Alhasil, jika digunakan mengetik di tempat minim cahaya, Anda yang tak terbiasa bakal kerepotan menentukan huruf yang ingin diketik.

Menariknya lagi, untuk memudahkan penggunaan dua kartu SIM operator GSM yang disupport-nya, IMO G306 menanamkan tombol khusus yang ada di jajaran keypad navigasi. Angka 1 menunjukan SIM card utama, sementara angka 2 untuk kartu SIM tambahannya.

Selain diposisikan sebagai ponsel multimedia murah, IMO G306 pun didedikasikan untuk pecinta game. Buktinya, satu tombol langsung ke menu game dihadirkan ponsel ini.

Layar & User Interface

IMO G306 menanamkan layar matrik aktif 262 ribu warna berteknologi touchscreen. Meski ukurannya standar, yakni 2.6 inci namun tampilannya cukup jernih dan nyaman di pandang mata. Dengan interface ini, Anda pun bisa memanfaatkan keyboard virtual untuk dial telpon, tentunya dengan bantuan stylus. Sayang, mode ini tak terakomodasi buat pengetikan pesan SMS.

Idle screen saat posisi default IMO G306, mencomot interface iPhone. Yaitu ‘Slide to unlock’, atraktif dan keren. Struktur menu utamanya pun cukup menarik. Sisi bawah berjajar ikon mungil berformat matrik grid 2×4. sementara, sisi atasnya menampilkan pilihan menu dengan ikon yang lebih besar, tentunya sedikit dimbumbui efek animasi.

Kekuranggannya, jenis fontasi menu yang digunakan G306 terbilang ‘asing’. Tampilannya tak seperti kebanyakan ponsel masa kini, yang terlihat asik. Namun, di IMO G306 malah mirip karakter mesin ketik.

Selanjutnya, untuk karakter menu dan pengaturan ponsel, IMO G306 menyuguhkan model standar garapan produk Cina lain.

Fitur Unggulan

Teknologi Jaringan

Keberadaan dua slot kartu SIM di IMO G306 jadi poin utama dan paling diunggulkan. Apalagi, ponsel ini dibanderol dengan harga miring. Network yang sanggup dijamah yakni GSM-GSM. Sesuai dengan kondisi perang tarif operator yang kian memanas.

Dibanding IMO C2000, TV600 dan i800 yang lebih dulu beredar, IMO G306 bisa menjalankan dua SIM GSM secara bersamaan alias Dual On. Jadi, tanpa melalui proses switching. Hal ini merupakan suatu kemajuan yang cukup signifikan. Ketimbang, Anda harus bolak-balik ke menu pengaturan kartu SIM atau pun copot-pasang berkali-kali SIM card berbeda.

Interface dual SIM ponsel ini pun sudah lebih bagus ketimbang ponsel sejenis. Nama logo SIM card operator yang disisipkan pun terdeteksi dengan baik. Padahal, dibeberapa ponsel Cina lain justru ada yang tak terdata.

Jika Anda kepingin mengaktifkan hanya satu kartu SIM saja, IMO G306 pun menyediakan pengaturan ini. Tinggal masuk ke Call setting > Dual SIM setting > SIM Enable select, selanjutnya tinggal pilih mau kartu mana yang dihidupkan.

Multimedia

Sokongan fasilitas hiburan di IMO G306 terbilang lengkap, khas ponsel Cina. Ada MP3 player dan media player. Sayang, untuk radio FM tak tersedia di seri ini. Meski tampilan player bawaannya tercatat biasa saja, namun format file yang bisa dimainkan cukup komplit. Untuk audio bisa MP3, AAC, AAC+, WAV dan AMR. Sedangkan klip video, IMO G306 support file 3gp dan mpeg4.

Urusan kualitas output audio, tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, dua corong loudspeaker berkekuatan 3D siap menggetarkan telinga Anda. Bahkan, ponsel ini juga menyertakan enam pilihan equaliser untuk menambah harmonis pancaran lagu yang dihasilkan.

Anda yang kepingin berkaraoke, bisa menambahkan lirik lagu yang akan tertampil saat lagu didendangkan. Asik kan.

Games

Platform game yang di suntikan ke IMO G306 masih tipe Java khusus, belum menggunakan teknologi J2ME atau pun MIDP. Jadi, jangan harap bisa menambahkan game-game yang banyak beredar di portal download maupun layanan instal game, ke ponsel ini.

Beruntung, suntikan emulator game NES (Nintendo Entertainment System) yang juga dikenal dengan FAMICOM (family computer) garapan Nintendo, sedikitnya bisa mengobati kekecewaan ini. Anda bisa menambahkan game-game konsol bikinan Nintendo, semisal ‘Super Mario Bros’ ke folder ROM (game) yang disediakan ponsel ini.

Kamera

Kamera yang dicangkokan ke IMO G306 tercatat hanya berkekuatan VGA. Namun, tak tanggung-tanggung, ada dua buah. Posisinya di bodi depan dan belakang. Peletakannya cukup cermat, apalagi untuk pengambilan gambar pribadi. Gambar maksimal yang bisa direkam berdimensi 640×480 piksel. Lumayan lah untuk sekadar aksi.

Seperti disinggung sebelumnya, kamera belakang dilindungi cover ‘Slide Out’ yang otomatis akan mengaktifkan mode kamera jika digeser. Jadi, selain bisa melindungi lensa juga memudahkan pengoperasian. Anda tak perlu repot masuk ke menu khusus kamera.

Untuk kualitas, tentunya bisa ditebak. Standar dan biasa-biasa saja. Termasuk kemampuan rekam videonya yang hanya berformat 3gp.

Fitur Unik

Selain sisi multimedia, IMO G306 pun menyertakan fasilitas pengamanan yang handal layaknya K-Touch dan HiTech. Lewat fitur ini, Anda bisa memproteksi call log, message, file manager dan sebagainya. Supaya lebih aman lagi, Anda juga bisa menggunakan password khusus.

Satu lagi, lewat ‘ Theftproof’ Anda bisa melacak keberadaan ponsel jika hilang atau dicuri. Prosedurnya sama seperti ‘Lost Mobile Tracker’ yang dimiliki Samsung maupun LG. Yakni, dengan mengirimkan SMS jika ponsel Anda disisipi kartu SIM baru. Ada juga fitur money detector, untuk mengecek keaslian uang.

Internet & Konektivitas

Hadirnya teknologi GPRS dan browser WAP di G306, bisa dijadikan ‘kendaraan’ menjelajah dunia maya.Tampilannya masih sekelas WAP 1.2.1, dan hanya bisa digunakan untuk kartu SIM utama. Sayang sekali.

Sementara untuk jalur koneksi, IMO G306 mengandalkan Bluetooth dan juga kabel data USB. Performanya lumayan oke untuk sekedar berkirim file. Bahkan, dengan bantuan software khusus, kamera IMO G306 bisa pula difungsikan layaknya webcam PC. Tentunya, dengan mengkoneksikan ponsel+PC via kabel data.

Baterai

Untuk pasokan daya, IMO G306 telah menyiapkan baterai jenis Lithium Ion. Kekuatannya luar biasa, yakni 2800 mAh. Sangat besar untuk ponsel yang hanya mengandalkan kamera VGA.

Meski beroperasi dengan dua kartu SIM sekaligus, nyatanya baterai G306 sanggup bertahan hingga 2 harian. Namun, jika Anda tak terlalu sering menggunakan fitur kamera dan MP3 player, kekuatan baterai akan lebih tangguh lagi.

Kesimpulan

IMO G306 bisa jadi alternatif menggiurkan untuk penikmat Dual On GSM-GSM. Apalagi, banderolan harga yang melekat hanya sekitar Rp 1 jutaan. Anda juga bakal mendapatkan fasilitas multimedia yang terbilang komplit. Ada MP3 dan media player, hingga emulator game Nintendo.

Namun, untuk yang hobi fotografi akan sedikit kecewa dengan kekuatan kamera VGA ponsel ini. Termasuk struktur keypad yang cukup merepotkan, saat pengetikan pesan.

Spesifikasi:

Jaringan: Dual band GSM (900/1800 MHz), Dual SIM On; Dimensi: 10,9×4,6×1,56 cm; Berat: 110 gram; Layar: 2,6 inci, TFT Touchscreen 262 ribu warna; Kamera: Dual VGA (640×480 piksel); Video recorder: Ada, 3gp. Durasi: Unlimited; Messaging: SMS, MMS; Memori internal: 36 MB; Memori eksternal: MicroSD (TransFlash); Konektivitas: Bluetooth, Kabel data USB; Browser: WAP; Transfer data: GPRS; Support file audio: Polifonik MP3, AAC+, AMR, WAV, midi; Support file video: 3gp, Mpeg4; Support file image: Jpeg; Speakerphone: Ada; Voice recorder : Ada, WAV. Durasi: Unlimited: Radio FM: Tidak ada; Fitur fun : MP3 Player, Media Player, Game (Links, Boxman), NES Simulator Game, PC camera: Aplikasi lain: Alarm, Calculator, Calendar, World time, E-book, Money Detector, Privacy protect, Theftproof, Pen calibration, File manager, SIM tool kit; Baterai standar: Li-ion 2800 mAh; Harga: Rp 1.080.000

Share this: