Huawei U1280, 3G Murah Paketan IM3 Groove

IM3 Groove_Huawei U1280

Indosat lewat IM3 Groove-nya merilis paket bundling ponsel 3G murah ke pasaran. Hendset yang dipaketkan adalah Huawei U1280, dan menjadi paket promo ponsel 3G ‘termurah’ untuk saat ini, dengan harga bundling sekitar Rp 950 ribu-an.

Meski dibanderol dengan harga miring, tak berarti fasilitas yang ditawarkan paket promo ini jadi apa adanya. Di sisi fitur saja, Huawei U1280 ini sudah menyediakan kamera 2 megapiksel, pemutar musik/video, Bluetooth dan slot kartu microSD. Belum lagi promo yang ditawarkan Indosat.

Disain
Tampilan fisik ponsel candybar ini terbilang stylis dan trendi. Wajar, pilihan cover yang ditawarkan ponsel slim dan ringan ini memang cukup beragam. Ada 4 (empat) pilihan warna yang disediakan. Material penyusun covernya pun terbuat dari bahan plastik yang lumayan baik, dengan permukaan kesat hampir di seluruh sisi bodi.

Di sektor keypad, Huawei U1280 IM3 Groove ini menerapkan konsep konvensional. Konturnya sedikit menyembul, dengan model tuts yang besar dan empuk ketika ditekan. Untuk panel lain, ponsel ini tak terlalu banyak variasinya. Cuma menambahkan navigasi D-pad sebagai media akses ke struktur menu bagian dalam.

Di bagian atas disain, hadir port kabel data dan audio jack 3.5mm. Sementara, di sisi bodi tertanam tombol shutter kamera dan volume. Untuk bagian belakang cover, dibenamkan selongsong kamera dan corong speaker kecil.

Meski masuk dalam kategori low end, Huawei U1280 IM3 Groove sudah dibekali interface yang lumayan memukau. Tengok saja, layar utamanya menggunakan matriks aktif berketajaman 262.144 warna dengan resolusi QVGA (320×240 piksel).

Network
Seperti disebutkan sebelumnya, Huawei U1280 ini menjadi paket bundling ponsel 3G termurah untuk saat ini. Sayang, network 3G yang disupportnya masih sebatas UMTS dengan speed akses data mencapai 384 kbps. Meski begitu, kemampuan ini terbilang sudah lumayan baik dan stabil. Apalagi, ponsel ini juga menawarkan kemudahan untuk menjadikannya sebagai modem internet untuk PC.

Selain itu, berbagai layanan 3G yang ditawarkan operator Indosat pun bisa dinikmati dengan baik. Salah satunya video call. Untuk mengakomodasi keperluan ini, Huawei U1280 IM3 Groove dibekali kamera sekunder di bagian kanan atas.

Anda yang hobi menikmati layanan online, juga bisa memanfaatkan jalur data ini. Misalnya untuk akses portal jejaring sosial facebook dan chatting. Link shortcut ke layanan ini pun sudah disediakan. Chatting misalnya, bisa memakai mig33 yang memang telah jadi layanan tambahan Indosat.

Untuk browsing internet, ponsel ini menggunakan browser WAP standar yang juga dilengkapi pilihan browser pihak ketiga: Opera Mini.

Menariknya, meski Huawei U1280 ini dibundling lewat promo IM3 Groove, nyatanya slot kartu SIM yang disediakan tidak dikunci (unlock). Jadi, bisa disisipkan simcard operator lain dan bisa berfungsi normal. Hanya, untuk pengaturan profile internet yang disediakan memang hanya produk Indosat saja. Untuk kartu SIM opereator lain, harus melakukan pengaturan manual.

Multimedia
Selain menjagokan sisi jaringan 3G, Huawei U1280 IM3 Groove juga menyediakan sederet fasilitas hinburan yang tak kalah keren. Ada kamera 2 megapiksel, dengan kemampuan meng-capture foto berukuran 1600×1200 piksel. Sayang, fasilitas pengaturan tambahan yang dibawa kamera ponsel ini terbilang minim. Tak ada autofokus dan lampu flash. Viewfinder kamera dalam posisi landscape. Hal ini terkait dengan hadirnya tombol shutter di sisi bodi, sesuai dengan model kamera saku digital.

Untuk hasil foto, lumayan baik dengan penyerapan cahaya yang cukup terang. Sayang, masih terasa kurang focus (gambar sedikit ngeblur).

Selain untuk foto, kamera ponsel ini juga bisa digunakan untuk merekam video. Format rekamnya MP4. Meski bisa merekam video dengan cepat, namun hasilnya terlihat pecah dan patah-patah.

Hiburan lain yang juga disediakan ada MP3 player dan radio FM. Interface pemutar musik ini lumayan keren dengan tambahan graphic equalizer. Fasilitas di dalamnya juga lengkap, seperti Playlist, Rating, Shufle, Loop dan Equaliser. Suara lagu yang keluar dari speaker di bodi belakang cukup bagus, meski tidak begitu nyaring. Anda yang kepingin mendengarkannya secara lebih pribadi, bisa memanfaatkan port jack audio 3.5mm atau bisa pula memakai headset Bluetooth Stereo.

Memori & Baterai
Ponsel ini menyediakan kapasitas memori internal sebesar 15 MB. Namun, untuk tambahan juga disediakan slot kartu memori ekstra berjenis microSD. Sayang, dalam paket penjualannya tak ditambahkan kartu microSD ekstra.

Untuk sumber power, Huawei U1280 ini dibekali baterai lithium ion 900 mAh. Bisa digunakan untuk standby selama 2 harian.

Spesifikasi:
Jaringan: GSM (900/1800/1900 MHz) & UMTS 2100 MHz (3G); Dimensi: 10.5 x 4.5 x 1.5 cm; Berat: 90 gram; Layar: TFT 262.144 warna, 240 x 320 pixel, 2 inchi; Transfer data: 3G/UMTS, GPRS; Kamera : 2 megapiksel; Memori Internal: 15 MB ; Memori eksternal: microSD; Messaging: SMS, MMS, Email, Instant Messaging; Konektivitas: Bluetooth, kabel data miniUSB; Browser: WAP, Opera Mini; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3/MP4 player, radio FM, Alarms, Calender, task, Memo, Synchronise, Calculator, Unit Converter, Curency Conveter, Voice Recorder, World Time, Stopwatch, Timer; Baterai standar: Lithium ion 900 mAh; Paket penjualan: Ponsel Huawei U1280, Charger, Baterai, headset stereo, kabel data; Harga: Rp 950.000

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

7 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
karen
karen
10 years ago

keren de emang indosat.. berkembang pesat.. makin murah ya im3..

Fikar
Fikar
10 years ago

kbtulan sy dah beli juga dari indosat, cuma saya masih penasaran ini HSDPA ga? thnks

siMerah
siMerah
10 years ago

kata siapa im2 makin murah, coba aja loe beli dan trus coba koneksi internetnya, buka facebook kebukanya tahun depan.

silahkan coba………

Wayan lukito
Wayan lukito
10 years ago

Harganya skrng cuma 500ribu (new). Belum hsdpa tapi sudah 3G.

Toni
Toni
10 years ago

Saya pnya huawei u 1280 pi kq d bwt muter video 3gp kq gk bsa ya, trus nyri tema bwt cver hp jga sulit, n bwt video call pkei krtu IM3 jga gk bsa, mhon bntuan x ya. Mksh!

Aditya Rahman
6 years ago

masih produksi gak???