HT G30, Ponsel facebook Garapan HT Mobile

HT G30

thePONSEL.com – Tak mau kalah dengan merk lokal lainnya, HT Mobile pun iku-ikutan merilis ponsel dengan kemampuan akses ke layanan facebook, yakni HT G30.

Sejatinya, client facebook yang ditanamkan merupakan aplikasi Java yang sebenarnya bisa pula diinstal ke ponsel berplatform Java. Sementara, untuk akses ke portal jejaring sosial tersebut tetap saja melalui link mobile-nya (m.facebook.com), yang memiliki keterbatasan konten.

Dengan kata lain, pengguna HT G30 cuma bisa untuk memantau status facebook, menggonta-ganti status serta memberikan komentar dan menuliskan pesan ke rekan-rekan facebook. Sementara, untuk layanan upload foto/video tetap tidak bisa dinikmati.

Untuk chatting, aplikasi yang disisipkan adalah eBuddy. Sama seperti Nexian NX-G900. Namun, hadirnya platform Java di ponsel ini bisa pula dimanfaatkan untuk menambahkan client chatting lain.

Misalnya saja Yamee. Untuk data bearer, HT G30 mengandalkan GPRS class 12. Namun, performanya masih terbilang lambat dan kurang lancar. Apalagi, jika sinyal GPRS operator yang digunakan pun lemot, Alhasil jangan harap bisa online dengan nyaman.

Karena tak mendukung kemampuan multitasking, otomatis si pengguna tak bisa terus-terusan online. Baik facebook, maupun chatting-nya.

Namun, dengan harga yang terjangkau ditambah disainnya yang lumayan oke (mirip Nokia E71), HT G30 bakal jadi alternatif ponsel facebook merk lokal yang cukup direkomendasikan. Selain itu, konsep keypadnya yang full QWERTY juga menambah daya tarik tersendiri.

Meski model tutsnya yang terbilang mungil, namun komposisi dan tekstur bahan yang digunakan terasa enak dan nyaman ditekan.

Soal kemampuan lain, HT G30 juga menawarkan fitur Dual On GSM dengan dua tombol call di jajaran keyboard, untuk memudahkan komunikasi. Layar TFT 2.2 inci-nya cukup jernih dan baik dalam menampilkan hasil jepretan kamera VGA, termasuk hasil rekam video berformat avi.

Dibandingkan dengan ponsel sejenis, HT G30 terbilang cukup komplit. Selain fasilitas di atas, ponsel ini juga menanamkan magic sound yang bisa digunakan untuk merubah suara saat bertelpon. Aksesnya bisa untuk kedua kartu SIM. Ada juga fitur Anti maling (Anti Theft), namun cuma bisa dinikmati kartu SIM 1.

Baca:   Soundcore Life Note, Review Singkat dan Kelebihan Utamanya

Anda yang maniak game, HT G30 juga menyisipkan beberapa buah game termasuk emulator NES. Untuk organisernya, ada penanda waktu Sholat (Islam Pray) dan sarana standar lain.

Seperti kebanyakan ponsel merk lokal, HT G30 juga membenamkan fitur E-book reader. Namun, format file yang bisa dibaca hanya yang berekstensi .txt (biasanya Notepad).

Soal kemampuan multimedia, tentunya tak perlu diragukan lagi. Player musik yang tertanam bisa menjalankan file audio berformat MP3, AAC, AAC+ dan WAV, yang bisa diakses langsung dari kartu memori dengan kapasitas yang bisa diekspansi hingga 16GB.

Radio FM yang ada, menyediakan 30 channel kosong untuk menyimpan gelombang siaran favorit. Kemampuan merekam siaran berita juga dimiliki fitur radio HT G30. Hasil rekamnya bisa langsung dijadikan nada dering, atau nada alarm.

Yang terakhir adalah kemampuan baterai. Sumber powernya berasal dari baterai lithium ion 1000 mAh (standar), yang mampu bertahan selama 2 harian untuk standby. Namun, jika digunakan untuk browsing dan menikmati sarana multimedianya, otomatis bakal merosot drastis.

Spesifikasi HT G30:
Jaringan: Dualband GSm (900/1800 MHz) & Dual On GSM; Dimensi: 11,35×5,7×1,1 cm; Berat: 88gr; Layar: 2.2 inci, TFT 262.144 warna, 220×176 piksel; Kamera: VGA (640×480 piksel), video recording; Transfer data: GPRS class 12; Memori internal: 500KB; Memori eksternal: microSD up to 16GB; Messaging: SMS, MMS, Email, IM; Konektivitas: Bluetooth (A2DP support), kabel data miniUSB; Browser: WAP; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3/MP4 player, radio FM, FM recording, Java, facebook client, eBuddy client, Support Yamee, Magic sound, Anti Theft, Blacklist, Emulator NES, Islam Pray time, Phonebook 500 entri, Voice recorder, E-book reader, PC webcam, Calculator, Calendar, Alarm, stopwatch, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion 1000 mAh

votes
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 3935 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

144 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments