Hitech H62 Double X, Ponsel TV Dual GSM Berkemampuan Java

Hitech H62 Double X

thePONSEL.com – Sukses dengan seri tv dual GSM-nya, tak membuat HiTech puas. Ini dibuktikan dengan dikenalkannya tipe terbaru di jajaran generasi ‘Double X’, yakni H62 Double X.

Ponsel ini diklaim sanggup menghadirkan nuansa baru dalam menikmati siaran tv, tentunya dengan sokongan fitur yang lebih komplit ketimbang seri perdananya.

Desain

Dibanding model pertamanya, HiTech H62 Double X bisa dibilang lebih ramping. Namun, urusan modis disain H61 masih lebih keren. Untuk layar, HiTech H62 sedikit mengalami penurunan ketimbang seniornya.

Luasnya lebih kecil 0,2 inci, tapi tetap menyuguhkan ketajaman 262 ribu warna. Sementara, teknologi LCD yang digunakan sedikit meningkat, yakni telah mengandalkan layar sentuh (touchscreen).

Sektor keypad, masih mencomot model lama dengan tetap menawarkan cita rasa Cina. Hadirnya kemampuan Dual On GSM, mengharuskan ponsel ini mendukung kemudahan akses kedua kartu.

Ya, seperti kebanyakan ponsel jenis ini, HiTech H62 pun menanamkan dua tombol langsung untuk penggunaan kartu SIM berbeda. G1 untuk SIM pertama, G2 untuk kartu tambahan.

Sama halnya H61, bodi belakang H62 pun ditancapkan ’kick stand’ dengan fungsi untuk kenyamanan saat menonton siaran tv. Jadi, Anda tak perlu repot memegangnya.

Namun, posisinya yang sejalur dengan port charger dan handsfree, bakal merepotkan peletakannya ketika dibarengi pengisian baterai dan juga penggunaan handsfree. Sayang sekali.

User Interface

Tak ada perbedaan mencolok antara H38, H61 dan HiTech H62 ini, penggunaan software yang sama berimbas pada interface menu yang identik pula. Struktur menu utamanya terbagi dalam dua area berbeda.

Kiri, menampilkan model list untuk struktur menu utamanya. Sementara, sebelah kanan menampilkan sub menu turunan dalam model matrik grid.

Tampilan ikon grafik sederhananya pun, serupa seniornya. Intinya, tak banyak polesan pembaharu yang hadir di ponsel paling anyar ini.

Kerennya, HiTech H62 sudah mendukung teknologi ’auto rotate’ untuk tampilan layar. Jadi, jika kepingin menonton siaran tv dalam modus yang lebih nyaman tinggal ’goyang’ atau rubah posisi ponsel saja.

Misalnya, dari model portrait ke modus landscape. Lumayan keren, ketimbang Anda harus memencet ikon ’transform’ yang ada di layar.

Fitur Unggulan

Jaringan

Seperti halnya HiTech H61, ponsel ini pun lebih mengedepankan teknologi dual On GSM-nya ketimbang tv. Ya, pastinya sesuai dengan jargon ’Double X’ yang diembannya. L

ayaknya ponsel Dual On GSM lain, dua slot kartu yang tersedia pun bisa digunakan untuk dua kartu SIM GSM berbeda. Tentunya, bisa pula beroperasi secara bersamaan, tanpa perlu proses switching.

Urusan menjaring frekuensi operator, HiTech H62 cukup bisa diandalkan. Bahkan, indikator sinyal di pojok kiri atas layar terbilang stabil.

Meskipun sebenarnya tergantung kualitas sinyal operator itu sendiri. Untuk pengenal identitas operator pun cukup tepat dan sesuai.

TV Tuner

Unggulan berikutnya jatuh ke TV Analog. Kemampuannya sepadan ponsel-ponsel tv keluaran HiTech terdahulu. Apalagi, dalam hal menangkap gelombang siaran tv.

Tak perlu diragukan lagi. Namun, kualitas layar yang tidak widescreen membuat tayangan televisinya jadi kurang maksimal. H62 tak sanggup menampilkan siaran dalam format sesungguhnya.

Bahkan, ketika diatur ke model landscape, tampilan gambarnya malah terlihat seperti di ’melarkan’. Sayang sekali.

Satu hal yang keren, hadirnya teknologi ’auto rotate’ memudahkan Anda merubah posisi tampilan dari modus portrait ke landscape.

Bahkan, Anda juga bisa menggonta-ganti channel siaran tv, hanya dengan menggoyang kan ponsel. Cukup atraktif.

Kamera

Meski bukan sesuatu yang dijagokan, namun fitur satu ini lumayan bisa diajak ’gaya-gayaan’. Tak seperti ponsel asal negeri tirai bambu lain, yang kebanyakan ’menipu’ konsumen lewat resolusi kamera yang tak sesuai kenyataan.

Baca:   Lenovo Q320, Dual On Qwerty Paket Bundling Rp 500 Ribuan

HiTech tak demikian, di H62-nya ponsel ini jelas menyuntikan kamera VGA sesuai spesifikasi yang diberikan dan dituliskan di brosur.

Bagaimana dengan kualitas? Yah, namanya juga kamera VGA pasti hasil fotonya pun seadanya, yang penting ada.

Seperti halnya still camera, kemampuan merekam gambar bergerak (video) pun dimiliki ponsel ini. Kinerjanya pun biasa-biasa saja. Lumayan lah untuk merekam momen berharga dan tak terduga, dengan format AVI.

Multimedia

Seperti kebanyakan ponsel Cina, unsur multimedia cukup jadi perhatian. Hal ini pun diakomodasi lengkap HiTech H62.

Ponsel ini menyediakan pemutar musik/video serta radio FM. Kemampuan memainkan file musik/video pun terbilang standar. Termasuk kualitas radio FM yang serupa kebanyakan ponsel Cina lain.

Satu hal yang menarik di HiTech H62, ponsel ini telah di suntikan fasilitas Java. Namun, untuk menikmati dan menginstal file Java, Anda harus menyisipkan kartu memori eksternal lebih dulu.

Konektivitas dan Internet

Kedua fasilitas ini juga terakomodasi lengkap di HiTech H62. Untuk berkirim file, ponsel ini menyediakan Bluetooth dan juga slot kabel data USB. Performa kedua sarana ini cukup bisa dibanggakan, tanpa ada kendala sama sekali.

Untuk urusan berkeliling di dunia maya, HiTech H62 disuntikan browser WAP 1.2.1 dengan kanal data GPRS. Lumayan lah untuk sekedar membuka halaman xHTML, meski sebenarnya masih terkesan lambat.

Baterai

Untuk sumber power, HiTech H62 digawangi jenis Lithium Ion. Kapasitas standarnya sebesar 1000 mAh. Sayang sekali, padahal dengan komplitnya fitur multimedia, termasuk hadirnya tv analog dan teknologi dual on GSM, daya tahan baterai yang handal merupakan suatu keharusan.

Beruntung, dalam paket penjualannya HiTech H62 menyediakan baterai cadangan dengan kapasitas yang sama.

Untuk sekali charging, baterai ini sanggup mensuplai daya hingga 5-6 jam untuk menonton tayangan berita di tv analognya. Sementara, untuk standby bisa bertahan selama 1,5 hari.

Kesimpulan

Hadirnya kemampuan dual on GSM di ponsel tv, merupakan suatu keunggulan tersendiri. Apalagi, sokongan beberapa fitur terkini semisal; teknologi ’auto rotate’ dan juga Java bisa pula Anda nikmati di HiTech H62. Banderolan harga yang rencananya bakal dilego sekitar 1,7 jutaan pun cukup masuk akal.

Namun, kemampuan layar yang belum maksimal (tidak widescreen), serta peletakan port charger/kabel data dan handsfree yang mengganggu kenyamanan saat menonton tv patut pula dipertimbangkan, saat membeli produk ini.

Spesifikasi:

Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz) Dual On; Dimensi: 10,26×4,6×1,37 cm; Layar: 2,6 inci, TFT Touchscreen 262 ribu warna, 240×320 piksel (QVGA); Kamera: VGA (640×480 piksel), Video, 4x digital zoom; Transfer data: GPRS; Memori internal: 760 kb; Memori eksternal: microSD (TransFlash) up to 2GB; Messaging: SMS, MMS; Konektivitas: Bluetooth, kabel data USB; Browser: WAP 1.2.1; Fitur lain: Polifonik (MP3/MIDI), TV Tuner, FM Radio, MP3 Player, Mpeg4 Player, Java, Shake / Motion sensor, Games, sound/video recording, Kalkulator, Converter, Memo, Kalender, Alarm, PC camera support, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium Ion 1000 mAh

votes
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 3941 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

18 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments