CSL Blueberry @9250, Qwerty TV Tawarkan Aplikasi Islami

Disain ponsel ini memang terbilang bongsor. Dimensinya yang 11,7×6,1×1,35 cm sebanding dengan BlackBerry Storm 9500, bahkan sedikit lebih besar.

Layaknya ponsel online kebanyakan, CSL Blueberry @9250 juga mengandalkan keypad QWERTY untuk memudahkan penulisan pesan atau akses ke portal jejaring sosial. Strukturnya cukup rapat dengan permukaan yang sedikit menyembul. Meski begitu, bentuknya terbilang besar dan empuk saat ditekan. Secara keseluruhan, tak ada masalah disisi disain maupun struktur keypad. Hanya, konstruksinya saja yang memang tergolong besar untuk genggaman tangan.

Untuk panel navigasi, ponsel ini menggunakan trackball dengan tingkat responsibilitas yang lumayan baik. Tapi, karena posisinya yang agak terbenam, akan sedikit menyulitkan pemilihan menu.

Seperti halnya CSL Blueberry i9000, ponsel online ini juga tak menyediakan tombol cepat pemilihan kartu SIM, layaknya ponsel Dual On lain. Namun, saat akan dial telepon pengguna akan diberikan opsi untuk menggunakan kartu SIM 1 atau SIM 2.

Supaya akses ke fitur favorit lebih mudah, CSL Blueberry @9250 menanamkan beberapa tombol cepat di jajaran keypad. DIantaranya fitur TV, kamera, messaging dan modus diam (silent).

Beralih ke urusan antarmuka, CSL Blueberry @9250 mengandalkan lcd 2.4 inci, TFT QVGA (320×240 piksel). Lumayan jernih dan terang. Uniknya, struktur menu yang ditampilkan berbeda dengan kebanyakan ponsel QWERTY yang menggunakan model grid. Di Blueberry @9250 menunya tersusun dalam bentuk list, dengan ikon besar di bagian bawah ketika menu utamanya dipilih. Model struktur menu ini serupa dengan menu Today di Nokia, yang sejatinya untuk menampilkan beberapa menu yang sedang dibuka dan paling favorit.

Multimedia

Sektor ini, CSL Blueberry @9250 mengucurkan fasilitas yang cukup komplit. Ada TV tunner, kamera, audio/video player, radio FM serta beberapa fitur hiburan lain. Khusus TV tunner, chipset yang digunakan menggunakan produksi Telegent Systems yang memang terkenal akan perangkat TV Mobile-nya. Soal performa, TV tunner ini tetap tergantung kondisi dan lokasi penangkapan gelombang siaran televisi. Namun, hadirnya antenna internal yang bentuknya bisa ditarik-ulur dan fleksibel bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kualitas siaran yang lebih baik dan jernih. Untuk pengaturan dan pencarian gelombang, TV tunner di ponsel ini sudah menyediakan pencarian otomatis dan pilihan lokasi (Negara) yang lengkap. Pengguna tinggal pilih saja. Sayang, TV analog ini tak menyediakan kemampuan merekam siaran TV.

Berikutnya adalah kamera. CSL Blueberry @9250 sudah ditanamkan kamera beresolusi 1.3 MP dengan ukuran gambar maksimal 1280×1024 piksel. Interface dan pengaturan bawaannya standar ponsel berplatform MTK. Fasilitas tambahannya berupa white balance, scene mode, effect serta frame. Tak ada autofokus dan LED flash. Otomatis, kualitas fotonya pun bakal biasa saja.

Selain untuk foto, kamera Blueberry @9250 juga bisa digunakan untuk merekam video dengan format rekam avi. Soal kualitas, pun tak jauh beda dengan fungsi capture-nya. Masih belum mulus dan tetap banyak dihiasi noise alias bintik-bintik.

Fitur hiburan lain yang disediakan CSL @9250 yakni audio player. Tampilannya sih biasa saja. Namun, sudah menyediakan beberapa pengaturan yang lumayan keren. Misalnya pilihan equalizer, shuffle serta modus background playing. Alhasil, sambil mendengarkan musik pengguna bisa mengakses fitur lain tanpa harus menutup audio player. Namun, fitur ini tak berlaku jika Anda membuka aplikasi Java maupun beberapa fitur multimedia lain. Khas ponsel merk lokal.

Untuk output audio, tak perlu diragukan lagi. Semburan musik dari speaker besar yang keluar dari corong di bodi belakang terasa menggelegar. Tapi jika Anda kepingin mendengarkannya secara personal, bisa memanfaatkan headset Bluetooth stereo via teknologi A2DP yang memang sudah didukung profile Bluetooth CSL @9250. Atau bisa pula memanfaatkan jack audio 3.5mm yang juga disediakan.

Sebagai alternatif, ponsel ini juga menyediakan radio FM. Karena sudah memiliki antenna internal, radio FM ini bisa dihidupkan tanpa mencolokan headset terlebih dulu.

Facebook, Chatting dan Browsing

Soal layanan online, CSL Blueberry @9250 tak jauh beda dengan ponsel sejenis. Tersedia link shortcut ke versi mobile portal jejaring sosial Facebook, yang sejatinya akan terkoneksi melalui browser standar ponsel. Untuk alternatif akses layanan ini, pengguna juga bisa membuka link m.facebook.com via Opera Mini.

Buat yang hobi chatting, ponsel ini menyediakan aplikasi eBuddy dan Yahoo Messenger. Karena CSL @9250 juga telah didukung platform Java, kita bisa menambahkan aplikasi tambahan lainnya, termasuk game. Contoh game yang support di CSL @9250 bisa didownload dari http://cslmobile.theponsel.com/category/game/.

Untuk mendukung keperluan di atas, CSL Blueberry @9250 sudah dibekali network data GPRS. Meski belum bisa dibilang maksimal, tapi untuk sekadar membuka situ swap serta Facebook-an dan chatting sih sudah lumayan baik dan lancar.

Hardware

CSL Blueberry @9250 membawa teknologi Dual On GSM-GSM sebagai fasilitas utama, layaknya ponsel QWERTY lokal lain. Hal ini ditandai dengan hadirnya dua slot kartu SIM, yang posisinya ada di balik baterai dan bersebelahan dengan slot kartu microSD. Menariknya, dua slot kartu SIM ini bisa disisipi kartu SIM operator mana saja dan sifatnya Dual On alias bisa hidup secara bersamaan. Tapi ada versi lain yang dilock SIM 1-nya karena masuk dalam program bundling.

Kekurangannya, Dual On di CSL @9250 ini tak mendukung kemampuan Dual Standby. Jadi, ketika SIM 1 sedang melakukan komunikasi, SIM 2 tak bisa dihubungi alias offline. Dan akan memberikan peringatan dengan nada sibuk atau langsung voice mail.

Di sisi penyimpanan file, CSL Blueberry @9250 menyediakan ruang penyimpanan internal sebesar 1760kb. Memang terbilang minim untuk menyimpan beragam file multimedia. Beruntuk, slot kartu microSD disediakan sebagai ruang penyimpanan ekstra.

Fitur Islami

Seperti halnya CSL i9000, Blueberry @9250 juga menyediakan aplikasi islami, yakni Azan Alarm. Fitur ini menyediakan panduan informasi jadwal Sholat lima waktu serta petunjuk arah kiblat. Sayang modelnya masih konvensional dimana kita tetap memerlukan bantuan peta untuk menentukan arahnya. Menariknya, Azan alarm ini dilengkapi dengan Azan sound. Jadi, tiap masuk waktu Sholat alarm akan berbunyi dengan suara Azan. Cukup menarik.

Baterai

Sumber energi yang digunakan CSL Blueberry @9250 berasal dari baterai lithium ion sebesar 1500 mAh. Untuk ukuran ponsel Dual On sih sudah lumayan tangguh. Namun, jika fitur TV dan multimedia lain digunakan secara terus-menerus, otomatis ketahanan baterai akan merosot. Normalnya, baterai ini bisa dimanfaatkan untuk standby lebih dari 3 harian.

Spesifikasi:
Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On GSM-GSM; Dimensi: 11,7×6,1×1,35 cm; Layar: 2.4 inci, TFT QVGA (320×240 piksel); Transfer data: GPRS; Kamera: 1.3 MP, Video recording; Memori internal: 1760kb; Memori eksternal: microSD; Messaging: SMS, MMS, SMS chat, Email; Konektivitas: Bluetooth, kabel data, 3.5mm audio jack; Browser: WAP, Opera Mini; Fitur lain: Polifonik (MP3/AMR/MIDI), TV tunner, MP3/MP4 player, radio FM, Java, facebook, eBuddy, Yahoo Messenger, Calendar, To do, Alarm, World clock, Azan Alarm (Qibla direction, Azan sound), Calculator, Unit converter, Currency converter, Stopwatch, E-book reader,  Call blacklist, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion 1500 mAh

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
septi
septi
9 years ago

kk.cc hp’a ribet ga cih