CSL Blueberry @8250, Qwerty Triple On Plus TV

Tak seperti Blueberry i9000, CSL @8250 memiliki bodi yang cukup bongsor. Bahkan, dibanding Blueberry @9250 maupun BlackBerry Storm, fisik ponsel ini cuma beda dikit. Nilai plusnya, ukuran layar serta struktur keypad jadi lebih luas.

Di sisi bodi, tak banyak panel kontrol yang disediakan. Hanya ada port kabel data miniUSB yang berfungsi ganda sebagai port charger, dan port jack audio 2.5mm. Namun dalam paket penjualan, handsfre yang disertakan memiliki konektor miniUSB.

Untuk mengkontrol menu dan fungsi lain, CSL Blueberry @8250 sepenuhnya mengandalkan keypad QWERTY dan navigasi trackball. Sebagai ponsel Triple On, Blueberry @8250 menyediakan tombol cepat untuk memilih kartu SIM yang akan digunakan. Ada tombol C (CDMA) dan G(GSM). Khusus GSM, ada pilihan tambahan untuk menggunakan SIM 1 atau SIM 2. Sedangkan tombol C sendiri sejatinya merupakan shortcut menu. Sementara, untuk mengakses call history di kartu CDMA kita harus menekan dan menahan tombol tersebut beberapa saat.

Trackball yang ditanamkan sebagai media navigasi terasa kurang menonjol. Alhasil, untuk surfing menu akan sedikit kurang nyaman. Tapi soal sensitifitas, disediakan menu khusus untuk mengaturnya.

Beralih ke layar, CSL Blueberry menggunakan LCD TFT QVGA seluas 2.4 inci. Lumayan terang dan jernih menampilkan struktur menu khas ponsel berplatform MTK. Struktur dan ikon menu yang disuguhkan Blueberry @8250 mengadopsi milik BlackBerry. Model ini juga banyak dipakai oleh ponsel merk lokal lain. Secara tampilan sih memang cukup keren, namun kesannya ‘ngejiplak’ abis.

Multimedia

Layaknya ponsel merk lokal yang banyak beredar di pasaran, CSL Blueberry @8250 pun membawa fasilitas hiburan yang cukup komplit, satu diantaranya TV tunner. Chipset yang digunakan adalah milik Telegent System. Kemampuan menangkap frekuensi siaran TV terbilang cukup baik, hal ini terkait dengan tersedianya antena internal khusus. Proses pencarian gelombang TV pun bisa dilakukan secara otomatis (auto search), dan untuk menyimpan siaran TV favorit disediakan slot channel kosong. Untuk pemilihan channel dan pengaturan volume suara TV, menggunakan navigasi trackball. Sebagai tambahan, volume juga bisa diatur langsung dari tombol keypad (-) dan (+).

Berikutnya adalah audio/video player. Interfacnya sih standar, namun tersedia pengaturan background playing, shuffle, equalizer dan penampil lirik lagu. Soal kualitas keluaran audio, loudspeaker CSL @8250 tak perlu diragukan lagi. Cukup ‘nendang’ dan keras. Pokoknya, tak jauh beda dengan ponsel sejenis. Menariknya, kita bisa menikmati alunan lagu secara lebih personal. Bisa menggunakan headset bawaan atau memanfaatkan profile A2DP yang didukung Bluetooth-nya.

Tak seperti audio, CSL Blueberry @8250 tak menyediakan menu khusus untuk player video-nya. Jadi, untuk menayangkan klip film kita harus membukanya dari file manager.

Fitur hiburan yang tak kalah pentingnya adalah kamera. Sayang, resolusi gambar maksimalnya cuma VGA (640×480 piksel). Fasilitas tambahannya pun standar. White balance, night mode dan beberapa efek. Untuk hasil foto, tentunya sudah bisa ditebak. Buram dan terkadang over exposure jika membidik obyek di tempat bercahaya lebih. Kemampuan rekam video juga dimiliki kamera ponsel ini. Tapi, tetap saja kualitasnya tak jauh beda dengan fungsi fotonya.

Terakhir adalah radio FM. Hadirnya antena internal, membuat kita tak perlu menancapkan headset untuk menghidupkan radio.

Hardware

Seperti disinggung sebelumnya, CSL Blueberry @8250 didukung oleh teknologi triple On. Artinya, tersedia tiga slot kartu SIM (GSM-GSM-CDMA) yang semuanya bisa aktif secara bersamaan. Untungnya, model yang dites theponsel.com tidak dilock operator tertentu. Jadi semuanya bebas disisipkan kartu dari operator GSM/CDMA mana saja.

Menariknya, CSL @8250 sudah mendukung kemampuan dual standby. Jadi, saat kartu CDMA sedang melakukan/menerima panggilan, kartu lain tetap bisa dihubungi. Tentunya dengan menampilkan notifikasi khusus.

Urusan menyimpan file, CSL Blueberry @8250 menyediakan slot memori internal sebesar 206Kb, dan menawarkan ruang memori ekspansi berjenis microSD dengan kapasitas maksimal 2GB.

Facebook, Chatting dan Browsing

Layaknya ponsel QWERTY lain, Blueberry @8250 pun dilengkapi sederet fasilitas online, yang rata-rata hanya berupa link shortcut ke versi mobile layanan tersebut. Ada Facebook, Twitter serta aplikasi chatting eBuddy, mig33, eMSN dan Yahoo.

Untuk mendukung kemampuan ini, @8250 memanfaatkan kanal data GPRS. Selain itu, network ini juga bisa dimanfaatkan untuk browsing internet via wap brpwser standar atau Opera Mini.

Seperti halnya CSL Blueberry i9000 dan @9250, ponsel ini juga sudah didukung platform Java. Dengan demikian, CSL Blueberry @8250 bisa disisipkan aplikasi/game tambahan berbasis Java.

Fitur Islami

Ponsel ini juga dapat dimasukan ke dalam kategori ponsel Religi karena memiliki kelebihan adanya jadwal adzan/ adzan alarm di beberapa kota besar di seluruh dunia. Selain itu ponsel ini juga terdapat suara adzan serta dapat membantu anda dalam menentukan arah kiblat.

Baterai

Soal penyedia power, CSL Blueberry @8250 menggunakan baterai lithium ion berkapasitas 1000 mAh. Sebenarnya lumayan besar untuk ukuran ponsel masa kini. Namun, hadirnya teknologi triple on, TV tunner serta fitur multimedia lengkap, bakal menyedot daya lebih besar jika digunakan terus menerus. Kekuatan normalnya sekitar 1-2 hari.

Spesifikasi:
Jaringan: Quadband GSM (850/900/1800/1900 MHz)/CDMA 800 MHz & Triple On GSM-GSM-CDMA; Dimensi: 11,55×6,33×1,36 cm; Layar: 2.4 inci, TFT QVGA (320×240 piksel); Transfer data: GPRS; Kamera: VGA, CMOS, Video recording; Memori internal: NOR+PSRAM:128+32(GSM) & NOR+PSRAM:64+32(CDMA); Memori eksternal: microSD; Messaging: SMS, SMS chat, MMS, Email; Konektivitas: Bluetooth, kabel data miniUSB, 2.5mm audio jack; Browser: WAP, Opera Mini; Fitur lain: Polifonik (MP3), TV tunner, Platform software MTK 6225, Audio/Video player, radio FM, Java, facebook, eBuddy, eMSN, mig33, Twitter, Message firewall, call in firewall, sound recorder, E-book reader, Islamic feature (Azan, Kiblat, Waktu Sholat, Al-Quran), Alarm, Task, Calculator, File manager, E-book reader, World clock, Game; Baterai: Lithium ion 1000 mAh

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
irma
irma
9 years ago

di mana bisa mendapatkan casing CSL Blueberry @8250,
posisi saya ada di kota makassar