Alcatel OT-890D a.k.a OT Ski, Android 2.2 Froyo Dual On Rp 1 Juta-an

Setelah cukup lama absen di pasaran ponsel tanah air, Alcatel kembali hadir dengan membawa sederet ponsel berkualitas dan tentunya dibanderol dengan harga yang terjangkau. Seperti produk berkode Alcatel OT-890D a.k.a Alcatel OT Ski.

Bodi ponsel ini tak terlalu besar, yakni sekitar 110x58x12.6mm dan berat 100.7gr. Di sisi depan tak ada keypad konvensional maupun QWERTY. Ya, ponsel ini memang mengandalkan layar sentuh sebagai media akses utama. Diagonalnya 2.8 inci, berjenis TFT Resistive 262k warna beresolusi 320×240 piksel. Namun, di bagian bawahnya ternyata tetap dihadirkan beberapa tombol akses. Di baris pertama berteknologi sentuh untuk tombol shortcut menu, search dan back. Baris kedua tombol konvensional untuk call, back dan end call.

Di sisi atas bodi tertanam port audio jack 3.5mm. Sisi kiri bodi ada port kabel data miniUSB dan sisi kanan tombol volume. Penutup baterai (cover belakang) menggunakan konsep ‘cungkil’ untuk membukanya. Sedikit agak merepotkan untuk yang tidak memiliki kuku panjang. Namun secara keseluruhan, konstruksi bodi dan struktur fisik Alcatel OT-890D ini terbilang kokoh dan menarik. Apalagi, material cover menggunakan bahan plastik berkualitas yang di-dope sehingga tidak licin, dan tersedia dalam beberapa pilihan warna. (Orange, Pink, Black).

Interface & Sistem Operasi
Beralih ke bagian dalam. Alcatel OT-890D ini ternyata telah didukung sistem operasi Android 2.2 Froyo. Hal ini terlihat jelas dari struktur homescreen yang ditampilkan. Selain model utama yang menampilkan jajaran ikon menu secara keseluruhan, interface ponsel ini juga dibagi lagi menjadi empat slide yang bisa disisipkan menu atau widget favorit. Metode aksesnya dengan mengusap atau menggeser (slide) ke kiri/kanan. Berkat ditanamkannya G-sensor dan Akselerometer, antarmuka ponsel pintar ini pun bisa menyesuaikan dengan posisi tampilan layar saat membuka fitur atau aplikasi. Untuk chipset prosesor, Alcatel OT-890D menggunakan MTK65xx.

Kamera
Di sektor ini, Alcatel OT-890D a.k.a OT Ski dibekali kamera beresolusi 2 megapiksel. Ditambah fitur pendukung lengkap seperti :  EV, Scene Mode (Auto, Night), Picture size (2MP, 1.3MP, VGA), Picture Quality (Super fine, Fine, normal), Color effect (none, mono,sepia, negative, sepia green, sepia blue), Capture mode (normal, smile shot, panorama), Burst shot, Selftimer, Face detection, Anti flickr, White balance serta 8x digital zoom. Untuk video, format rekam default-nya adalah 3gpp dengan kualitas standard masih terlihat patah-patah.

Internet
Untuk kebutuhan online, Alcatel OT-890D hanya mengandalkan jalur EDGE/GPRS class 12, belum mendukung network 3G. Jadi, wajar jika untuk membuka halaman situs internet membutuhkan ekstra waktu sedikit lama. Namun, dengan hadirnya WiFi bisa jadi solusi menarik untuk menjelajah dunia maya. Bahkan, kita bisa menjadikannya sebagai hotspot Wifi (Tethering) dan membagi koneksi ke lebih dari satu perangkat.

Menariknya, browser yang ditanamkan bisa multitasking. Artinya, dapat membuka beberapa halaman situs sekaligus. Termasuk membuat shortcut dan bookmark situs-situs favorit. Selain browsing, Alcatel OT-890D juga menyediakan fitur social networking semacam Facebook, Palringo, Google Search dan aplikasi chatting. Untuk yang hobi berburu aplikasi dan game, bisa memanfaatkan Android Market.

Office
Fitur bisnis yang disiapkan Alcatel OT-890D a.k.a OT Ski diantaranya OfficeSuite (Word, Excel, Power Point). Fitur lainnya yaitu News & Weather yang menyajikan info cuaca dan berita terbaru. Tidak ketinggalan fitur Email/Gmail dan juga Google Maps plus GPS/A-GPS.

Hiburan
Fitur hiburan yang bisa dinikmati di ponsel ini masih berkutat seputar Music Player, Video Player dan FM Radio. Music Player dibantu fitur Playlist, Shuffle, Repeat dan Equaliser. FM Radio diselipkan fitur AutoScan, Background Play, FM Auto Off, dll. Suara lagu/radio yang keluar dari speaker di bodi belakang terdengar nyaring dan jernih. Selain video player, juga disediakan fitur YouTube untuk video streaming.

Kesimpulan
Secara keseluruhan, tak ada masalah soal kinerja ponsel Android Froyo ini. Hanya saja, penggunaan chipset MTK65xx untuk prosesor yang kurang jelas benchmark aslinya dan berapa clockspeednya sedikit membuat aksi telusur menu, serta pengoperasian aplikasi terasa sedikit lambat. Selain itu, masih digunakannya layar sentuh jenis resistive membuat interaksi dengan menu terasa kurang responsif. Namun, untuk ponsel Android 2.2 Froyo Dual On Dual Standby dengan fitur lengkap ini, banderolan harga sekitar Rp 1 juta-an pastinya cukup kompetitif dan menarik.

Spesifikasi:
Jaringan: Quadband GSM & Dual On GSM; Dimensi: 110x58x12.6mm; Berat: 100.7gr; Display: 2.8 inci, TFT Resistive touchscreen 262k warna, 320×240 piksel; OS: Android 2.2 Froyo; Transfer data: EDGE class 12, GPRS; Kamera: 2.0 MP, Video recorder; Memori internal: 175MB storage; Memori eksternal: microSD up to 16GB; Messaging: SMS, MMS, Email, IM; Konektivitas: WiFi 802.11b/g, Bluetooth v2.1 with A2DP, kabel data microUSB; Browser: Google Chrome, HTML, Opera mini Android; Fitur lain: Polifonik (MP3), Audio/video player, radio FM, Facebook for Android, Twitter for Android, Palringo, Gmail, Android Market, Google Maps, Google Search, YouTube, GPS, A-GPS support, Sound recorder, Voice search, Office Suite, Calendar, Calculator, Clock, Speakerphone; Baterai: Lithium ion 1000 mAh

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments