Alcatel OT-813D, Dual On Touchscreen plus Qwerty dan WiFi

Selain menghadirkan ponsel berlayar sentuh (Alcatel OT-710D, Alcatel OT-890D) Alcatel Mobile juga punya varian lain yakni Alcatel OT-813D. Menariknya, selain didukung dengan layar sentuh, ponsel trendi ini juga menghadirkan keypad QWERTY. Layar sentuh resistif-nya berukuran 2.4 inci TFT 262k QVGA.

Tampil dengan pilihan warna ‘anak muda’ banget (cyber blue, black, cherry red) plus disain yang kompak. Covernya menggunakan bahan plastik keras, dengan tekstur permukaan yang kesat. Untuk tombol keypad, modelnya sedikit agak menyembul dengan susunan yang rapat. Meski begitu, tetap empuk dan nyaman untuk mengetik pesan.

Di bagian sisi kiri bodi, tertanam tombol khusus untuk mengaktifkan fitur audio player. Jadi, buat yang kepingin mendengarkan music, cukup menekan tombol ini. Di sisi berlawanan (sisi kanan bodi) terdapat tombol volume. Sementara, di sudut atas bodi ada port audio jack 3.5mm dan port kabel data microUSB yang juga sekaligus sebagai port charger.

Interface
Di bagian dalam, Alcatel OT-813D dibekali user interface yang lumayan keren dan unik. Untuk membuka layar (screen lock), kita bisa memanfaatkan metode geser (slide screen) atau dengan cara konvensional, yakni menekan beberapa tombol.

Lebih dalam lagi, kita akan disuguhi susunan menu dengan struktur widget yang terdiri dari 5 halaman (page), dan tentu saja bisa diatur sesuai keinginan. Untuk keseluruhan, Alcatel OT-813D juga menyediakan struktur menu utama yang dibuat grid dengan ikon menu atraktif. Sebagai tambahan, di bagian bawah menu utama (widget) tersedia pula jajaran ikon shortcut menu-menu favorit.

Dual On Dual Standby
Sama seperti Alcatel OT-710D, OT-890D dan seri lain yang akan segera meramaikan pasar ponsel tanah air, Alcatel OT-813D juga didukung oleh kemampuan Dual On Dual Standby. Namun, tak seperti kebanyakan ponsel Dual On yang beredar, di Alcatel OT-813D tak disediakan tombol pilihan kartu SIM khusus. Jadi, tetap hanya satu tombol call saja. Tapi, jika ingin melakukan panggilan, kita tetap akan diberikan opsi untuk menggunakan kartu SIM 1 atau 2.

Dengan kemampuan Dual Standby-nya, masing-masing slot SIM card memiliki fungsi yang sama. Mulai dari call, akses data hingga fasilitas umum lainnya. Untuk pengaturannya pun disediakan dengan lengkap.

Internet & Konektivitas
Buat internetan, Alcatel OT-813D didukung network data EDGE/GPRS class 12, plus browser native WAP 2.0 serta Opera Mini 5. Menariknya, kita juga bisa memanfaatkan koneksi WiFi 802.11 b/g yang memang jadi andalan ponsel ini untuk browsing internet gratis.

Seperti tipe-tipe lainnya, Alcatel OT-813D ini pun dilengkapi widget aplikasi social semacam Facebook dan mTweet, yang benar-benar berupa aplikasi khusus bukan link shortcut layaknya ponsel merk lokal kebanyakan. Sebagai tambahan, fasilitas online lain yang juga disediakan ponsel Dual On ini diantaranya Palringo, My Friends (Bebo, Friendster, Hi5, MySpace, Flickr), Yahoo Messenger.

Kamera
Sektor ini, Alcatel menanamkan kamera standar beresolusi 2 megapiksel. Fitur pendukungnya ada Image size, Quality, Timer, Night mode, Color mode, EV, Storage.Untuk video, format rekam default-nya adalah 3gpp dengan kualitas standard yang juga masih terlihat patah-patah. Secara keseluruhan, fitur satu ini tak jauh beda dengan tipe ponsel yang akan dirilis berbarengan dengan Alcatel OT-813D nanti.

Hiburan
Di lini ini, Alcatel OT-813D menyediakan audio/video player dan radio FM dengan fasilitas pendukung yang standar. Soal kualitas, tentunya juga standar saja. Untuk musik player misalnya, meski disediakan pengaturan playlist dan pengorganisasian file audio yang baik, tetap output suara yang keluar terasa kurang ‘nendang’. Beruntung, kita bisa memanfaatkan headset ekstra dengan port 3.5mm atau memanfaatkan headset Bluetooth yang terkoneksi dengan profile A2DP ponsel ini.

Fitur tambahan
Alcatel OT-813D juga didukung fasilitas Email client, Push Mail, Group Message, Ebook reader, Phonebook Syncronization serta deretan fitur harian standar ponsel.

Kesimpulan
Tak seperti rekan-rekannya, Alcatel OT-813D ingin menyuguhkan sesuatu yang baru, yakni dengan menghadirkan teknologi Dual Input (Layar Sentuh plus QWERTY). Buat yang hobi chatting dan social networking, bisa memilih keypad QWERTY. Sedangkan yang gemar browsing internet, bisa memanfaatkan layar sentuh. Poin plusnya, Alcatel OT-813D juga sudah didukung dengan koneksi WiFi.
Nah…soal fasilitas lain, tentunya tak jauh beda dengan ponsel merk lokal kebanyakan. Mulai kemampuan Dual On, multimedia serta layanan jejaring sosial. Hanya, dukungan aplikasi serta performa keseluruhannya memang jauh lebih baik.

Spesifikasi:

Jaringan: Quadband GSM (850/900/1800/1900 MHz) & Dual On; Dimensi: 115×61.1×12.9mm; Layar: 2.4 inci, TFT Resistive Touchscreen 262k warna, QVGA (320×240 piksel); Transfer data: EDGE/GPRS class 12; Kamera: 2MP, Video recorder; Memori internal: 60MB; Memori eksternal: microSD up to 8GB; Messaging: SMS, MMS, Email, IM, Push Mail; Konektivitas: WiFi 802.11 b/g, Bluetooth, kabel data microUSB, audio jack 3.5mm; Browser: WAP 2.0, Opera Mini; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3 player, Video player, radio FM with RDS, Java MIDP 2.1, Facebook, mTweet, Palringo, My Friends (Bebo, Friendster, Hi5, MySpace, Flickr), Yahoo Messenger, Calendar, Calculator, Alarm clock, Converter, Stopwatch, Task, Notes, Weather, News, Ebook reader, Customizable Widgets, Group Messaging,Sync ML, Voice recorder, Speakerphone; Baterai: Lithium ion 1000 mAh; Standby: 700 jam; Talktime: 10 jam

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments