5 Smartphone Kamera Pilihan untuk Lebaran

Smartphone kamera

thePONSEL.com – Selain kapasitas baterai yang besar dan spesifikasi hardware yang tangguh, ternyata banyak pula konsumen yang masih mengincar kamera sebagai fitur penting untuk mengabadikan berbagai keseruan, termasuk saat momen Lebaran.

Umumnya, resolusi kamera yang besar serta banyaknya sensor kamera yang hadir di sebuah smartphone menjadi salah satu patokan utama untuk menjadikannya kandidat terpilih. Padahal tidak demikian loh. Sejatinya, masih banyak faktor penting yang membuat kamera di smartphone jadi lebih menarik dan pantas untuk dijadikan teman traveling. Misalnya saja dukungan software peningkat kualitas kamera, fitur editing foto bawaan juga mode kamera yang beragam.

Paling penting lagi, smartphone kamera yang memenuhi kriteria tersebut juga dibanderol dengan harga yang masih masuk dalam anggaran belanja rumah tangga. Pertanyaannya, untuk saat ini kira-kira mana saja smartphone kamera paling baru yang didukung oleh poin-poin penting di atas?

Berdasarkan hasil kurasi , setidaknya ada beberapa smartphone baru di pasaran yang berdasarkan promosinya mengunggulkan kemampuan kamera. Apa saja smartphone tersebut? Berikut daftarnya.

1. OPPO Reno3

OPPO-Reno3

Suksesor dari Reno2 F ini menjagokan kemampuan kamera terutama untuk mode malam. Baik itu untuk kamera belakang maupun kamera depan. Reno3 didukung konfigurasi 48MP Quad Camera yang terdiri dari 48MP Ultra Clear Main camera + 13MP Telephoto Lens + 8MP Wide-angle Lens + 2MP Mono Lens. Selain itu, kamera Reno3 juga menghadirkan jepretan 108MP Ultra Clear Image.

Kamera belakang Reno3 juga didukung 5x Hybrid Zoom dan 20x Digital zoom, yang selain untuk foto juga bisa diterapkan pada perekaman video. Kemampuan ini tetap mampu menghasilkan detil foto yang baik. Satu lagi yang cukup menarik, kamera 2MP di Reno3 punya kemampuan foto macro dengan jarak jangkauan terbaik hingga 3cm. Cocok untuk yang hobi foto obyek-obyek kecil.

Untuk bagian depan, Reno3 hadir dengan sensor kamera berkekuatan 44MP yang diklaim pertama di pasaran Indonesia. Keunggulan utama dari kamera depan ini adalah Ultra Night Selfie, yang diklaim mampu menghadirkan foto selfie berdefinisi tinggi untuk kondisi malam hari dengan detail tekstur wajah yang terbaik. Untuk mendapatkan kualitas tersebut, OPPO mengembangkan dan memperbaharui algoritma Ultra Night Mode. Selain itu, OPPO juga memanfaatkan NPU dengan algoritma kecerdasan buatan baru untuk memberikan fitur Ultra Dark Mode yang akan aktif apabila kondisi pencahayaan rendah di bawah 1 lux. OPPO Reno 3 dibanderol dengan harga Rp 5.199.000.

2. OPPO A91

OPPO-A91

Selain Reno3, smartphone ini juga menjadi jagoan baru OPPO yang fokus pada kemampuan kamera. OPPO A91 dijual perdana melalui jalur online yang bekerjasam dengan beberapa e-commerce tanah air. Perangkat ini membawa keunggulan 48MP Quadcam, dengan konfigurasi Sensor 48MP kamera utama yang dapat menyajikan gambar lebih tajam tanpa kehilangan detail. Kamera Ultra-wide angle 8MP untuk fotografi sudut lebar, Lensa Macro 2MP yang memiliki jarak focus minimal 3cm dan lensa Mono 2MP yang memberikan gambar hitam putih tampil lebih artistik. OPPO A91 juga menghadirkan fitur Night portrait mode, yang menghasilkan foto tajam dengan detail terjaga, pada kondisi minim cahaya atau malam hari. Perangkat ini juga dilengkapi fitur Portrait HDR yang membuat foto tampil lebih menarik dengan efek bokeh pada latar belakang.

Selain untuk foto, kamera smartphone ini juga tangguh dalam merekam video. Apalagi, dilengkapi pula dengan fitur AI Video Beautification yang diterapkan pada kamera depan dan belakang, sehingga pada saat pengambilan video, secara otomatis perangkat dapat menganalisa detail wajah, warna dan tipe kulit. Kemudian perangkat akan melakukan penyesuaian untuk menampilkan hasil perekaman wajah secara alami. Perekaman video A91 dilengkapi dengan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) yang telah dikembangkan, meningkatkan efek anti-shake dan menghasilkan video yang lebih tajam.

OPPO A91 hadir dalam konfigurasi  8GB RAM dan 128GB ROM serta disokong baterai sebesar 4000mAh yang membawa sistem pengisian daya cepat 20W VOOC Flash Charge 3.0. Soal harga, OPPO A91 dibanderol Rp 3.699.000 untuk promo flash sale dari harga normal Rp 3.999.000.

3. Samsung Galaxy M31

Galaxy-M31

Smartphone yang masuk dalam lini M Series ini sejatinya mengunggulkan daya tahan baterai yang superior lewat kapasitas jumbo, 6000 mAh. Meski begitu, Samsung Galaxy m31 juga tetap membawa sektor kamera yang mumpuni untuk fotografi mobile. Untuk spesifikasi kamera belakang, Galaxy M31 dilengkapi dengan Quad Camera yang terdiri dari 64MP lensa utama (f/1.8), lensa Ultra Wide 8MP (f/2.2) yang bisa menjepret foto dengan sudut hingga 123 derajat, Lensa Depth 5MP (f/2.2), serta lensa macro 5MP (f/2.4) yang memungkinkan untuk foto macro dengan jarak obyek hingga 4cm.

Serupa smartphone A Series, di Galaxy M31 ini Samsung juga menghadirkan beragam fitur kekinian yang cocok diterapkan untuk menghasilkan foto lebih kreatif, salah satunya Live Focus mode. Pilihan fitur kamera ini memungkinkan pengguna untuk mengatur tingkat bokeh secara langsung saat akan menjepret foto. Selain foto, kamera Galaxy M31 juga cukup bisa diandalkan untuk merekam video. Apalagi, perangkat ini sudah disokong fitur Super Steady yang dapat membantu pengguna merekam konten video dengan hasil rekaman yang stabil meskipun tanpa bantuan gimbal.

Samsung Galaxy M31 hadir dalam tiga varian warna yaitu biru, hitam, dan merah. Untuk harga, Samsung Galaxy M31 di Indonesia dijual dengan banderol Rp 3.699.000, yang bisa didapatkan secara online di beberapa e-commerce kenamaan tanah air termasuk di Samsung Online Store. Namun, Samsung sendiri juga menggelar sesi Flash Sale untuk Galaxy M31 ini, perangkat ini bisa didapatkan dengan harga khusus, Rp 3.499.000.

4. realme 6

realme-6

Serupa varian ‘Pro’, realme 6 pun mengunggulkan teknologi layar dan juga kamera. Lewat tagline “64MP Pro Camera, Pro Display”, realme 6 siap menjadi smartphone mid-end bercitarasa flagship. realme 6 menawarkan set-up Ultra Quad Camera terbaru, terdiri dari 8MP 119 ° ultra-wide angle yang memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar pemandangan, arsitektur, dan foto grup besar yang lebih luas. Lensa utama dari realme 6 dilengkapi dengan sensor Samsung 64MP GW1. Sensor mampu mencapai 1/1,72 inci, dan dengan bukaan besar F1.8, pengguna bisa mendapatkan hasil foto yang terang dan alami, bahkan dengan tingkat cahaya yang minim sekalipun. Resolusi output maksimum 9280×6944, tanpa melewatkan detil sekecil apapun pada foto

Ada juga lensa portrait 2MP yang bisa menghasilkan efek B&W, serta dan Lensa ultra-makro 2MP akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan bidikan yang lebih dekat dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm. Kamera pada realme 6 memiliki sensitivitas sensor cahaya tinggi, prosesor canggih yang terintegrasi dan algoritma yang dioptimalkan seperti Multi-Frame Noise Reduction. Lewat dukungan Super Nightscape 2.0, pengguna dapat menjepret pada malam hari dengan terang dan jelas meskipun tanpa menggunakan tripod.

Kamera realme 6 juga disokong Ultra Image Stabilization di lensa Ultra-wide untuk merekam konten video dengan stabil dan sudut rekaman yang luas hingga 119 derajat. Di update terbaru, realme juga menghadirkan mode UIS Max yang lebih stabil lagi. Untuk para pecinta selfie, realme 6 pun mengakomodasinya dengan baik. Perangkat ini menghadirkan kamera depan 16MP yang juga dibekali beragam fitur keren salah satunya Slo-mo selfie 120fps. Di pasaran Indonesia, realme 6 hadir dalam dua varian memori yakni RAM 4GB yang dibanderol Rp 3.399.000 dan RAM 8GB di harga Rp 3.799.000.

5. vivo V19

Vivo-V19

Smartphone ini hadir di pasaran dengan membawa embel-embel ‘Perfect Night, Perfect You”. Dari tagline tersebut, Vivo V19 memposisikan diri sebagai smartphone kamera yang bisa dioptimalkan untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi dikondisi malam hari. Untuk kamera V19 menyematkan 32MP Super Night Selfie di bagian depan, dan AI Quad Camera dibagian belakang yang terdiri dari 48MP AI Rear Camera dengan Ultra Stable Video, 8MP Super Wide-Angle, 2MP Macro Camera, dan 2MP Depth Camera.

Peningkatan kualitas kamera smartphone pun dilakukan dari berbagai aspek, seperti teknologi  Artificial Intelligent (AI) pada kamera 32MP Super Night Selfienya serta kamera belakang 48MP AI Quad Camera. Selain itu, teknologi kamera di vivo V19 juga dilengkapi dengan berbagai fitur AI lainnya. Antara lain Pose Master, yang dapat membantu pengguna dengan memberikan arahan gaya berpose layaknya super model. Dan ada juga AI Makeup yang memberikan hasil foto seakan objek foto sudah di-makeup dengan lebih cantik.

Untuk unggulan utamanya ada fitur Super Night Mode pada vivo V19 ini mengandalkan teknologi HDR, Algoritma, dan Multi Frame Noise Reduction yang mampu menangkap beberapa foto yang sama dan menggabungkannya menjadi satu gambar dengan hasil noise yang rendah. Hasilnya, detail gambar bisa lebih tajam, meski kondisi cahaya sangat redup dan tidak mendukung untuk swafoto. Soal harga, Vivo V19 hadir dengan dua pilihan varian yakni RAM 8GB/ROM 128GB dibanderol Rp 4.299.000, dan V19 RAM 8GB/ROM 256GB dijual seharga Rp 4.999.000.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments