ViewSonic V55, Smartphone 64-bit dengan Fitur Pemindai Retina Pertama di Dunia

ViewSonic-V55_Iris-ScannerTeknologi pemindai sidik jari (fingerprint scanner) sebagai fitur pengaman smartphone, nampaknya bakal kalah canggih dibanding pemindai retina (iris scanner) yang mulai dikembangkan vendor ponsel seperti LG dan Samsung. Namun, kedua vendor besar dunia tersebut kalah cepat oleh pabrikan elektronik asal Amerika, ViewSonic yang di 2015 ini kabarnya siap menggelontorkan smartphone dengan teknologi pemindai retina. Smartphone tersebut diberi kode ViewSonic V55.

Dengan kemampuannya tersebut, ViewSOnic V55 digadang-gadang bakal menjadi smartphone dengan teknologi iris scanner pertama di dunia. Ponsel ini sendiri sejatinya direncanakan meluncur pada tahun 2014 lalu, sayangnya karena berbagai kendala jadi baru akan diumumkan pada awal 2015 ini.

Tak seperti panel fingerprint scanner yang terbuka, ViewSonic V55 menempatkan modul iris scanner di pojok atas ponsel dan terlindung oleh komponen khusus yang dapat digeser. Komponen ini tujuannya untuk melindungi sensor retina dari benda tajam, supaya tidak mudah tergores. Secara keamanan, fitur pemindai retina ini bisa berfungsi untuk mengunci file, foto serta beragam data penting lain di smartphone yang tidak ingin diakses oleh pengguna lain.

Untuk spesifikasinya sendiri, ViewSonic V55 kabarnya akan didukung layar berukuran besar, yakni 5,5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan mencapai 401 piksel per inci berteknologi panel IPS kapasitif yang didukung OGS (One Glass Solution). ViewSonic V55 ini telah dibekali dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat.

Sektor dapur pacu, ViewSonic V55 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 410 MSM8216 yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit berkecepatan 1,4GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB dan didukung oleh pengolah grafis dari Adreno 306.

Ponsel cerdas ViewSonic V55 ini dibekali dengan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel autofokus lengkap dengan LED flash dan menggunakan sensor besutan Sony. Sayangnya tak diketahui spesifikasi kamera depan dan kapasitas baterai yang diusung oleh ViewSonic V55 ini.

ViewSonic V55 ini tersedia dalam dua varian kapasitas memori internal, yakni 16GB dan 32GB yang didukung dengan hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal maksimal 64GB. Konektivitas V55 ini cukup lengkap dengan dukungan dual SIM, 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, GPS/GLONASS, dan port microUSB.

Meski secara resmi belum diumumkan, namun beberapa waktu lalu pihak ViewSonic telah mengunggah sebuah video yang isinya memamerkan tentang kecanggihan teknologi iris scanner di ViewSonic V55.

Video from YouTube GizmoChina

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments