Concox GK301, Ponsel GPS untuk Anak

Di tanah air, ponsel yang dikhususkan untuk anak-anak bisa dibilang belum ada. Padahal, gadget satu ini cukup penting untuk kondisi darurat, atau untuk memantau posisi sang anak. Berbekal kebutuhan tersebut, PT Huawei Tech Investment kabarnya telah menyiapkan sebuah ponsel khusus Anak-anak yang juga ditanamkan chipset GPS, yakni Concox GK301.

Ponsel ini memiliki dimensi 85x45x16.5mm dan bobot sekitar 58 gram, cukup ringan dan mungil untuk ukuran Anak-anak. Tampilan disainnya pun cukup menarik, dengan warna trendi yang pastinya menarik untuk Anak-anak. Sebagai ponsel, Concox GK301 didukung network GSM Quadband (850/900/1800/1900 MHz) dengan posisi SIM card ada di sisi dalam cover belakang.  Tak seperti ponsel kebanyakan, Concox GK301 hanya dibekali 4 tombol khusus untuk grup nomor tertentu dan satu tombol darurat (SOS), yang dilengkapi lampu indikator. Ponsel ini juga dilengkapi lampu indikator khusus, yang akan menyala sesuai dengan nomor grup telpon.

Selain berfungsi sebagai ponsel, Concox GK301 juga merupakan sebuah GPS Tracker untuk melacak lokasi pemilik gadget ini. Selain memanfaatkan SIRF/MTK GPS Module untuk tracking lokasi, bisa juga berdasarkan LBS (Location Based Services) dari BTS operator terdekat. Chipset serta antenna GPS yang ditanamkan terbilang sensitive, dan dilengkapi teknologi untuk menghemat baterai. Untuk mengetahui data lokasi, gadget ini akan mengirimkannya via SMS atau platform layanan yang didukung operator ke nomor terdaftar.

Untuk sumber powernya, Concox GK301 mengandalkan baterai lithium ion berkapasitas 800 mAh. Ponsel mungil yang memiliki disain layaknya seekor beruang kecil ini, kemungkinan besar akan dipasarkan lewat program bundling dengan salah satu operator tanah air. Sayang, info ditel seputar ketersediannya di pasaran belum dirilis secara resmi, begitu pula soal harga. Tapi yang pasti, ponsel GPS untuk anak-anak ini sudah didaftarkan ke Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Postel).

Spesifikasi:
GSM: 850/ 900/ 1800/ 1900 MHz
GPRS: Class12, TCP/ IP built-in GSM Module
GPS: SIRF/MTK GPS Module
GPS Channels: 20
Tracking sensitivity: -159dBm
Acquisition sensitivity: -144dBm
Locating time cost: Hot start: <2 sec?open sky?
Cold start: <38 sec?open sky?
Antenna: Built-in GSM quad band antenna, GPS high gain antenna.
Four groups of special numbers: 1#?2#?3#?4#
Key for emergency call: SOS
Keypad indicator: 1; 2; 3; 4; SOS
LED indicator: GPS-blue LED, GSM-green LED, Power- red LED
Battery: 800mAh
Dimensi: 85x45x16.5mm
Berat: 58 gram

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
dany
dany
7 years ago

Patut untuk dinanti nih ponsel…