XL dan RIM Atasi Gangguan Layanan BlackBerry

PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) telah berhasil mengatasi sebagian besar gangguan yang menimpa layanan XL BlackBerry. Dimana hasil pengecekan menunjukkan seluruh prosedur dan system di internal XL tidak di temukan adanya gangguan. Namun bersama Research In Motion (RIM) sebagai penye di a layanan BlackBerry, XL terus berkoor di nasi dan berupaya keras memperbaiki gangguan yang di akibatkan terja di nya gangguan link komunikasi antara HQ XL dengan RIM.
Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi mengatakan, ”Atas nama XL, kami menyampaikan permohonan maaf atas terja di nya gangguan pada layanan XL BlackBerry ini. Sebenarnya, untuk menghadapi potensi lonjakan trafik selama Ramadhan dan Lebaran, kami telah selesai melakukan proses optimalisasi sekaligus upgrade kapasitas bandwidth BlackBerry. Namun, tiba-tiba muncul gangguan pada link komunikasi antara HQ XL dengan RIM.”
Sebelumnya, XL melakukan proses optimalisasi dan upgrade kapasitas secara berkala hingga 2 kali lipat (dari 45 Mbps menja di 90 Mbps) untuk kesiapan menjelang Lebaran. Namun pada saat yang hampir bersamaan terdapat gangguan pada link komunikasi antara HQ XL dengan RIM yang terdeteksi pada tanggal 9 September 2009. Gangguan ini hanya menimpa sebagian atau kurang dari 3% dari seluruh pelanggan XL BlackBerry yang saat ini jumlahnya telah mencapai lebih dari 150 ribu. Dan gangguan ini yang menyebabkan lambatnya koneksi pada layanan XL BlackBerry, khususnya pada sore dan malam hari.
Saat itu pula tim XL melakukan pengecekan menyeluruh dan hasilnya menunjukkan bahwa seluruh prosedur dan system di internal XL tidak di temukan adanya gangguan. Namun saat ini bersama dengan Research In Motion (RIM) sebagai penye di a layanan BlackBerry, XL langsung melakukan investigasi menyeluruh dan mengambil langkah penanganan untuk perbaikan. Salah satunya adalah dengan memindahkan akses internet BlackBerry melalui WAP (Wireless Access Protocol) XL mulai tanggal 17 September 2009. Hal ini di lakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan XL BlackBerry (info lebih lanjut : www.nyambungterus.com).
Hasnul juga menyampaikan bahwa, “Kepada seluruh pelanggan layanan XL BlackBerry, XL akan memberikan apresiasi sebagai bentuk terimakasih atas kesabaran dan kesetiaan pelanggan saat mengalami ketidaknyamanan akibat dampak dari gangguan yang terja di . Apresiasi yang kami berikan berupa di skon tarif senilai Rp.20.000 (setara dengan di skon 50% tarif BlackBerry selama 8 hari) pada tanggal 18-25 September 2009. Kami juga berharap agar di skon tariff ini dapat lebih menyemarakkan hari Lebaran seluruh pelanggan XL BlackBerry.”
Selanjutnya, XL juga masih akan terus meningkatkan kapasitas bandwidth. “Ini merupakan komitmen XL untuk memastikan kualitas layanan XL BlackBerry sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi seluruh pelanggan XL BlackBerry, yang saat ini jumlahnya terbesar di Indonesia ,” pungkas Hasnul.

Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments