Xperia X, Andalan Baru Sony di MWC 2016

Sony-Xperia-X
Meski tak banyak dirumorkan, namun Sony Mobile mampu mencuri perhatian di ajang bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2016 lalu. Vendor asal Jepang ini mengumumkan tiga model anyar di lini baru Xperia, yakni Sony Xperia X, Xperia XA dan Xperia X Performance.

Sony Xperia X
Smartphone yang menyasar kelas menengah ini hadir dengan layar 5 inci Full HD 1080p. Meski mengususung desain khas Xperia Series, namun Xperia X ini menggunakan material logam. Smartphone Android 6.0 Marshmallow ini dibalut casing yang atraktif dengan pilihan warna Graphite Black, White, Lime Gold atau Rose Gold.

Layaknya Xperia Z 5, Sony Xperia X pun disokong kamera terbaru berkekuatan 23 MP plus kamera depan 13 MP. Menariknya, kamera smartphone ini dibekali teknologi terkini yaitu Sony Predictive Hybrid Autofocus, yang memungkinkan pengguna membidik dan mendeteksi fokus objek yang bergerak.

Sebagai sumber power, Xperia X menggandeng baterai berkapasitas 2620 mAh, dimana dijanjikan dapat bertahan hingga 2 hari. Fitur speaker stereo pun ada di sini, dipadankan dengan Hi-Res Audio dan DNC di dalamnya. Dan tak kalah menarik yaitu dukungan fitur pemindai sidik jari.

Untuk dapur pacunya, Sony Xperia X menanamkan SoC Qualcomm Snapdragon 650, yang dikombinasikan dengan RAM 3GB dan kapasitas memori internal 32GB. Slot microSD ikut disertakan padanya, bila ingin memperluas kuota ruang penyimpanan file/data.

Sony Xperia X Performance
Spesifikasinya lebih gahar dibandingkan Xperia X. Smartphone ini ditenagai SoC Snapdragon 820, terbaru dan terkuat saat ini keluaran Qualcomm, dimana dikombinasikan dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB.

Ponsel Xperia X Performance ikut dibekali sertifikat IP68, yang tahan air dan debu. Kemudian pada sisi layar 5.0 incinya telah diterapkan resolusi full HD (1080p).

Kemampuan fotografi Xperia X Perfomance diyakinkan tidak jauh berbeda dengan saudaranya Xperia X. Pasalnya lensa kamera yang tertanam setara, yaitu 23 megapiksel untuk sektor belakang, dimana memiliki daya rekam video 4K dan rentang ISO mencapai 12800. Fitur pemindai sidik jari pun hadir di ponsel pintar ini, yang ditempatkan di tombol power.

Sony Xperia XA
Model ketiga ini menyasar kelas menengah-bawah. Layarnya 5 inci beresolusi HD 720p. Kekuatan kameranya kelas 13 megapiksel di bagian belakang dan 8 MP di sisi depan, yang diyakini ampuh untuk aksi swafoto aka selfie.

Berbeda dari model Xperia X dan Xperia X Performance, ponsel Xperia XA mengadopsi dapur pacu chip MediaTek MT6755, bukan chip garapan Qualcomm. Kapasitas memori RAM-nya 2GB, didukung penyimpanan internal 16GB. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 6.0 Marshmallow.

Dengan segmen pasar lebih ke bawah, maka Xperia XA pun menyesuaikan fiturnya, dengan tidak menyertakan pemindai sidik jari dan speaker stereo. Kapasitas baterainya pun lebih minim, 2300 mAh.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments