Trikomsel Gandeng SingPost Kembangkan Bisnis e-Commerce di Indonesia

Trikomsel-dan-SingPostPeluang bisnis e-commerce yang masih terbuka luas di tanah air, menjadi salah satu alasan PT Trikomsel Oke Tbk (Trikomsel) untuk mengembangkan unit usahanya dengan menggandeng salah satu raksas penyedia logistik perdagangan elektronik/ online (e-commerce) di Asia, SingPost.

Kerjasama ini memiliki tujuan strategis sebagai partner utama bagi merek dan merchant  bisnis e-commerce di Indonesia yang sedang tumbuh pesat. Hal ini dilakukan dengan penyediaan logistik dan omni channel e-commerce bagi perusahaan-perusahaan global terkemuka dan merek-merek terkenal di Indonesia. Kemitraan ini akan menggabungkan kelebihan Trikomsel dalam kepemilikan jaringan distribusi yang luas di Indonesia dan keahlian SingPost dalam operasional logistik dan e-commerce secara regional sehingga memberikan solusi layanan bisnis e-commerce yang lengkap dan kepuasan berbelanja online bagi para konsumen.

Kedua perusahaan telah sepakat untuk membentuk perusahaan patungan di Indonesia dimana Trikomsel akan mengambil kepemilikan saham sebesar 67% dan SingPost melalui anak perusahaan yang dimiliki seluruhnya yakni SP eCommerce, akan mengambil kepemilikan sisanya yakni sebesar 33%. SP eCommerce akan terus berinovasi dan memberikan layanan ecommerce yang handal termasuk penggunaan teknologi, manajemen operasi, pergudangan, pengiriman dan linehaul, pembayaran dan parcel collection, pemasaran digital dan dukungan pasca penjualan, sedangkan Trikomsel dengan pengalamannya akan membantu pengembangan toko online di  Indonesia.

Sugiono Wiyono, Presiden Direktur Trikomsel, mengatakan, “Kami antusias, ditengah pertumbuhan ecommerce yang begitu cepat di dunia dan khususnya di Indonesia, kami dapat bekerjasama dengan SingPost dalam mengembangkan bisnis e-commerce di Indonesia”.

“Dengan keahlian, teknologi dan sumber daya yang kuat yang dimiliki kedua belah pihak, kami optimis, kerjasama ini akan dapat memenuhi dan memberikan pelayanan yang inovatif bagi para pelanggan kami diseluruh Indonesia dengan cepat, efektif dan efisien yang pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” demikian ditambahkan Sugiono.

Dr Wolfgang Baier, Group Chief Executive Officer SingPost mengatakan: “Indonesia diharapkan akan menjadi konsumen terbesar ketiga didunia setelah China dan India serta ekonomi urutan ketujuh terbesar diseluruh dunia. Sebagai perusahaan regional yang mendorong pertumbuhan ecommerce, penting bagi kami untuk menemukan rekan bisnis yang baik di pasar negara berkembang. Trikomsel memiliki akses dan jangkauan distribusi ritel yang luas di seluruh Indonesia. Trikomsel akan dapat memanfaatkan keahlian kami dalam bidang logistik ecommerce serta inisiatif dan platform bisnis kami untuk mengembangkan bisnisnya.”

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments