Telkom dan Huawei Perkuat Komitmen ITDRI Berdayakan Talenta Digital BUMN

ITDRI

thePONSEL.com –Telkom melalui inisiatif ITDRI (Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute), menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Huawei ASEAN (Indonesia) Academy untuk berdayakan talenta digital BUMN.

Nota kesepahaman yang ditandatangani kedua belah pihak menyoroti beberapa komitmen kerjasama antara pusat pelatihan telekomunikasi terbaik di Indonesia yaitu ITDRI-Telkom Center of Excellence, dan Huawei ASEAN Academy Indonesia dengan fasilitas terlengkap di Asia Pasifik.

Herlan Wijanarko, CTO Telkom Group dalam kata sambutannya mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi atas kolaborasi yang dilakukan bersama antara Huawei Indonesia dan Indonesia Telecommunication & Digital Research Indonesia (ITDRI) melalui pembelajaran dan inovasi untuk menumbuhkan talenta digital di Indonesia seperti yang telah kami rencanakan bersama”.

Melalui kerja sama ini, ITDRI dan Huawei ASEAN Academy Indonesia akan melaksanakan program pembelajaran bersama dalam pengembangan dan penyelenggaraan pembelajaran di bidang teknologi digital.

Kedua pusat pelatihan unggulan tersebut juga akan melakukan inisiatif inovasi bersama, sehingga masing-masing pihak memiliki peran yang signifikan dalam pengembangan dan pengoperasian produk ekosistem yang saat ini sedang dibangun oleh Institut Riset Telekomunikasi dan Digital (ITDRI) untuk kemajuan BUMN Indonesia.

Jemy Vestius Confido, Chairman of ITDRI dan SGM Telkom Corporate University Center mengatakan, ”Kami akan menyusun landasan kerjasama lanjutan antara Huawei Indonesia dan Telkom yang telah ditunjuk oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) selaku pengelola ITDRI, ditujukan untuk mendukung dan memberikan pemberdayaan kepada seluruh BUMN di 12 klaster. Ini merupakan momentum yang luar biasa baik bagi Telkom melalui ITDRI maupun Huawei. Bersama-sama, kami akan berkolaborasi dalam mempersiapkan 3 core untuk klaster BUMN dalam hal pembelajaran, penelitian, dan inovasi.”

Telkom meyakini Huawei memiliki perkembangan teknologi yang sangat maju dan Huawei ASEAN Academy Indonesia yang memiliki fasilitas terlengkap di Kawasan Asia Pasifik sekaligus memiliki visi yang kokoh untuk memperkuat kesiapan Indonesia menuju revolusi industri 4.0.

Di sisi lain, Telkom juga memiliki tujuan yang besar untuk mempersiapkan bangsa dalam hal pengembangan talenta dan penguasaan teknologi.

“Oleh karena itu, kami yakin kolaborasi ini akan bermanfaat dalam perspektif bisnis untuk keduabelah pihak, Huawei Indonesia dan Telkom. Hal tersebut juga akan menjadi pondasi yang sangat kuat bagi BUMN dan bangsa pada umumnya, untuk mempersiapkan kapabilitas yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan di era disrupsi digital yang kini sedang dihadapi oleh berbagai sektor industri. Terima kasih kepada Huawei Indonesia yang telah berpartisipasi dalam kerjasama inisiatif ITDRI,” kata Jemy.

Bagi Huawei ASEAN (Indonesia) Academy, kerjasama dengan Telkom Center of Excellence ini akan semakin memperkaya kontribusi Huawei dalam upaya meningkatkan kompetensi talenta digital Indonesia melalui pemanfaatan fasilitas unggulan yang telah tersedia.

Huawei ASEAN Academy (Indonesia), yang terdiri dari Business College, Technical College dan Engineering College, didukung oleh lebih dari 100 pelatih, lebih dari 3.000 kursus atau pelatihan, dan lebih dari 100 lingkungan pembelajaran, dan dilengkapi dengan laboratorium, ruang kelas, pelatihan pusat, dan fasilitas untuk mempelajari beragam instalasi perangkat keras dan pekerjaan lapangan terkait lainnya.

Sejalan dengan kerjasama ini, Albert Yang, VP Management Transformation Huawei Indonesia dan Dekan Huawei ASEAN (Indonesia) Academy Business Institute mengatakan,”selama lebih dari 20 tahun, Huawei merasa terhormat atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Telkom untuk bekerja sama dalam pembangunan dan pemeliharaan fasilitas teknologi jaringan telekomunikasi di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, Huawei juga telah mendukung Telkom dan Pemerintah Indonesia dalam menyelenggarakan program inkubasi dan program pengembangan kompetensi talenta digital Indonesia”.

Di Huawei ASEAN (Indonesia) Academy, para peserta program dapat mengikuti kerja lapangan, mengikuti ujian, dan memperoleh sertifikasi. Huawei ASEAN (Indonesia) Academy juga menyelenggarakan praktik kerja di lapangan dengan modul yang dapat digunakan kembali.

Hal ini memungkinkan peserta didik untuk ikut serta dalam pelatihan di lapangan sekaligus. Oleh karena itu, diharapkan sebanyak 1.500 hingga 2.000 program pelatihan dan sertifikasi TIK dapat diselenggarakan setiap tahunnya.

votes
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 3581 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments