SMS Saweran KPK Merebak

Sudah banyak modus penipuan lewat undian berhadiah, transfer dana via ATM, sedot pulsa, SMS Hoax dan masih banyak ragam motif yang tak lelah dilancarkan oleh para oknum tak betanggung jawab.

Kali ini modus baru lagi mencuat dipermukaan, yakni SMS yang berkedok ajakan untuk partisipasi untuk kepentingan pembangunan gedung KPK ( Komisi Pemberantasan Korupsi ) atau layaknya disebut SMS “saweran KPK”. Model SMS yang dibroadcast kali ini hampir mirip dengan penipuan SMS memohon transfer pulsa.

Broadcast SMS tersebut sampai jatuh ke tangan anggota Komisi I DPR Roy Suryo, pihaknya mengaku telah memeroleh SMS modus pembangunan gedung KPK tersebut mirip SMS “minta kirim pulsa”. Tetapi kali ini sepertinya pelaku ingin mngeruk keuntungan lebih besar. Dari pada mengirimkan SMS “minta kirim pulsa” sepertinya lebih menjanjikan keuntungannya dengan menggunakan kedok permohonan partisipasi pembangunan gedung baru KPK.

Dengan sigap kasus ini langsung ditanggapi serius oleh pihak Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dengan mengambl langkah untuk segera memblokir nomor yang digunakan oleh si pengirim SMS tersebut.

Terkait dengan kasus di atas, sampai ekarang pihak Kemkominfo masih belum menerima laporannya. Adapun isi SMS “saweran KPK” tersebut demikian : “Koin utk pembangunan gedung baru KPK, dpt dikirm berupa pulsa ke nmr simpati: 081215040222 terima ksh,” .

Pelaku broadcast SMS ini memang cukup jeli mengamati kesempatan, sebab sampai kini untuk saweran gedung baru untuk KPK telah dihandle dan bekerja sama dengan Indonesia Corruption Watch (ICW) atas kerja bareng dengan BNI Cabang Melawai Raya Jakarta Selatan dengan No rekening: 0056124364 dan laporannya pun dishare lewat socaial media atas akun twitter @illiandeta.

“Saya memang menerima SMS saweran KPK tersebut, berikutnya saya periksa nomor si pengirim ternyata sudah melakukan broadcast ke nomor-nomor lain, ini sudah jelas penipuan sms yang sejenis ‘mama minta pulsa’ namun dengan modus kali ini menggunakan isu pembangunan gedung baru KPK,” ujar Roy Suryo.(AE/thePONSEL)

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments