Huawei Umumkan Jadwal Peluncuran EMUI 11 Global

Peluncuran EMUI 11 Global

thePONSEL.com – Setelah hadir di Tiongkok, Huawei akhirnya mengumumkan jadwal peluncuran EMUI 11 global yang akan tersedia untuk 14 smartphone flagship.

Platform antarmuka khas Huawei terbaru yang secara resmi diumumkan saat Global Launch Event pada 22 Oktober 2020 menghadirkan rangkaian fitur software terbaru, penyempurnaan dalam privasi dan keamanan, serta pengalaman yang lebih lancar dan intuitif untuk mempertahankan kecepatan perangkat besutan Huawei.

Peluncuran EMUI 11 global akan diadakan dalam dua fase. Fase pertama bagi perangkat flagship Huawei P40, HuaweiI P40 Pro, HuaweiI P40 Pro+, Huawei Mate 30, Huawei Mate 30 Pro dan Huawei Mate 30 Pro 5G, pengguna akan menerima update pada Desember 2020.

Seluruh perangkat lainnya akan menerima update pada Maret 2021. Update ini akan didorong oleh Huawei Over-The-Air (HOTA).

Daftar Perangkat yang Mendapat update EMUI 11

Untuk perangkat keseluruhan yang akan mendapatkan peningkatan ke EMUI 11 diantaranya Huawei P40, Huawei P40 Pro, Huawei P40 Pro+, HuaweiI Mate 30, HuaweiI Mate 30 Pro, Huawei Mate 30 Pro 5G, Huawei Mate Xs, Huawei nova 7, Huawei P30, Huawei P30 Pro, Huawei Mate 20, Huawei Mate 20 Pro, Porsche Design Huawei Mate 20 RS, Huawei Mate 20 X, Huawei Mate 20 X (5G), Huawei nova 5T, Huawei MatePad Pro, Huawei MatePad Pro 5G, Huawei MediaPad M6, Honor View30 PRO, Honor 30 Pro+, Honor 30, Honor View20, Honor 20 dan HonorR 20 PRO.

Peningkatan di EMUI 11

Sebagai versi update, EMUI 11 tentu saja menghadirkan sejumlah peningkatan yang cukup signifikan dan digadang-gadang dapat mendongkrak kinerja keseluruhan perangkat Huawei. Apa saja peningkatannya?

Desain Lebih Menarik dan Performa Lebih Mengalir

Dari perspektif desain, EMUI 11 menawarkan pengalaman generasi terbaru dari Always-On Display (AOD) dengan tambahan gaya seni modern terbaru.

Terdiri dari warna merah, kuning dan biru, AOD terbaru menggunakan garis sederhana untuk memberikan tampilan yang mencuri perhatian.

Palet warna dapat dipersonalisasi, selain warna-warna primer, pengguna dapat mengatur AOD mereka dengan pilihan spektrum warna yang beragam.

Selain itu, pengguna dapat menggunakan teknologi colour extraction yang dirancang dalam fitur dengan mengambil sampel foto dari pakaian, dompet, sepatu atau aksesoris lain untuk menampilkan pilihan warna yang luar biasa.

Mengintegrasikan visual yang menarik dengan interaksi intuitif tidak hanya membutuhkan keahlian dari seniman, namun juga riset mendalam mengenai cara manusia mengelola informasi – yang dikenal dengan human factors research. 

EMUI 11 memperkenalkan Long-take Animations, terinspirasi dari teknik dalam bidang sinematografi, animasi ini mengembangkan konten yang dibagikan atau kedua area di antara interface untuk memproduksi transisi yang lembut dari satu ke yang lain.

Hal ini memastikan fokus pengguna dan memungkinkan mereka untuk tetap memperhatikan bagian paling penting dan aktif dari layar, sekaligus meningkatkan kelancaran visual dan memberikan dorongan substansial untuk efisiensi pengenalan visual.

Smart Multi-Window, Edge Panel, Floating Window dan Multi-tasking features khas EMUI tentunya sudah tidak asing bagi pengguna. EMUI 11 memperkenalkan pengalaman Smart Multi-Window yang disempurnakan. Sistem operasi yang baru memperbolehkan pengguna untuk membuka beberapa Floating Windows di waktu yang bersamaan.

Laman ini dapat di minimize ke Quick Ball terbaru, yang dapat di ekspansikan untuk memperlihatkan seluruh laman yang tertutup secara cepat dengan satu sentuhan.

Selain itu, merespon masukan dari pengguna, EMUI 11 menambahkan dukungan untuk penyesuaian laman – menyesuaikan ukuran lama dengan sangat mudah dengan menarik ujung laman.

Peningkatan produktivitas Multi-Screen Collaboration

Huawei mendistribusikan teknologi dari EMUI 11 dan membawa penyempurnaan baru bagi Multi-screen Collaboration dari smartphone-notebook dan tablet-notebook.

Setelah pembaharuan ini, pengguna dapat mengaktifkan dua aplikasi di smartphone secara bersamaan dengan PC (dalam pembaruan yang akan datang pengguna bisa mengaktifkan lebih dari tiga).

Dengan ini, pengguna dapat dengan mudah membandingkan harga antara dua toko online, menanggapi pesan teks sambil menonton acara TV, atau menikmati kontrol penuh dengan harga saham yang ditampilkan di satu laman dan platform perdagangan di laman lain.

Peningkatan Keamanan Data

Dalam dunia yang dijalankan oleh informasi, Huawei tetap berkomitmen untuk menjaga privasi pengguna melalui inovasi. Saat ini, EMUI 10.1 sudah mendukung Password Safe dan fitur privasi yang lebih User-Centric.

Ditambah dengan CC EAL5+ certified TEE OS microkernel, EMUI menawarkan pengamanan yang komprehensif bagi pengguna. EMUI 11 diciptakan di atas fondasi yang kuat dengan memperkenalkan ENcrypted Memo, yang mengamankan memo personal dengan menggunakan password atau biometric check.

Data sensitif dalam foto, seperti lokasi, waktu dan tipe perangkat yang digunakan dapat dengan mudah dihilangkan dari media, mencegah penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

EMUI 11 Meningkatkan Pengalaman all-scenario

Dari desain UX yang baru menghadirkan visual yang indah dan pengalaman interaksi yang lebih nyaman, ke pengembangan dari Multi-Screen Collaboration dan Smart Multi-Window yang menawarkan efisiensi dalam multi-tasking, EMUI 11 diciptakan untuk menjadi pengembangan besar dibandingkan dengan pendahulunya.

Sejak peluncuran EMUI 10, Huawei telat mengakselerasi kecepatan dan pembaharuan roll-out. Dengan EMUI 11, Huawei mencapai milestone baru dengan program beta yang telah tersedia saat pengumuman OS, merupakan bukti dari komitmen Huawei bagi pengguna.

vote
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 3273 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments