Tingkatkan Produktivitas Babinsa, Smartfren dan Kodam IV Diponegoro Hadirkan Aplikasi SiPINTER

Smartfren-SiPINTERDalam ajang pembukan ICE (Indonesia convention Exhibition) di kawasan BSD (Bumi Serpong Damai), Tangerang. Smartfren perkenalkan aplikasi cerdas untuk meningkatkan produktivitas Babinsa (Bintara Pembina Desa) di jajaran Kodam IV Diponegoro lewat aplikasi SiPINTER (Sistem Pelaporan dan Informasi Pembinaan Teritorial) yang dapat diakses anggota di lapangan lewat smartphone Andromax.

Selain mendukung solusi untuk pembinaan teritorial di Kodam IV Diponegoro, SiPINTER juga mampu mensinerginkan peran petugas Dinas Pertanian, PPL dan Babinsa di lapangan melalui kordinasi terpadu, dan terintegrasi. siPINTER berisi fitur-fitur pelaporan, komando, data, mapping dan operasi khusus. Terkait dengan pertanian, SiPINTER akan menjadi alat bantu bagi setiap Babinsa yang bertugas di wilayah untuk melaporkan hasil kegiatannya.

Terobosan kreatif yang dilakukan Kodam IV Diponegoro bersama Smartfren ini untuk menunjang kinerjanya adalah dengan membentuk Puskodal dan melengkapi Babinsa dengan aplikasi SiPINTER yang terinstal di smartphone. Sejumlah 10.480 telepon selular Smartfren yang dilengkapi aplikasi SiPinter yang akan digunakan para babinsa di desa agar memberikan kemudahan dalam berkomunikasi.

SiPINTER, Sistem Pelaporan dan Informasi Teritorial diciptakan sebagai solusi berbasis teknologi informasi terkini untuk mendukung kinerja dalam fungsi pelaporan, komando, data wilayah data masyarakat serta rekan,  statistik, serta data dan mapping.

“Pertanian berkaitan erat dengan ketahanan pangan, oleh karena itu harus mendapatkan perhatian khusus, tak hanya dari pemerintah, tapi juga melibatkan peran swasta dan masyarakat. Guna membantu produktivitas pertanian, Smartfren menghadirkan SiPINTER. Lebih menarik lagi, SiPINTER juga berisikan fitur-fitur yang dapat menjadi alternatif bagi sistem komunikasi dan komando secara taktis bagi anggota Babinsa,” ujar Merza Fachys, Presiden Direktur PT Smartfren Telecom.

Sebagai aplikasi yang mendukung tugas teritorial Kodam,  SiPINTER dirancang dengan beberapa keunggulan, diantaranya berbasis teknologi mobile sehingga bersifat personal, memiliki kemampuan untuk mendeteksi posisi dan pergerakan anggota, memiliki kemampuan untuk memetakan potensi wilayah, sarana alternatif bagi komunikasi dan komando secara langsung, massal dan terarah. Dan bagi sesama Babinsa dapat melakukan telfon gratis.

Dengan berjalannya program ini TNI Angkatan Darat ikut membantu kemajuan pertanian. Data yang telah terkumpul dapat juga dipergunakan untuk kemajuan penelitian maupun kemajuan pendidikan di Indonesia sehingga dapat membantu meningkatan kesejahteraan rakyat dan tecapainya swasembada pangan Republik Indonesia tahun 2017.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments