Nokia Kembali Gugat RIM Terkait Paten Produk

Saling mengusut dan memperkarakan patent produk sepertinya kini menjadi selingan di tengah inovasi para vendor pembesut ponsel pintar. Seperti yang dilakukan Samsung terhadap Apple tentang indikasi meniru spesifikasi salah satu hardwarenya. Dan yang terkini adalah vendor ponsel asal Finlandia yakni Nokia menggugat produsen BlackBerry (RIM) terkait pelanggaran hak paten penggunaan teknologi.

Nokia mengajukan gugatan kepada RIM di pengadilan regional Munich – Jerman dengan tuduhan bahwa RIM telah menjiplak tiga paten produk milik Nokia. Penjiplakan tersebut diungkapkan oleh pihak Nokia meliputi sistem kinerja penyimpanan dan transfer tag di fitur multimedia, kinerja  alat untuk memperbarui atau update software dari device mobile menggunakan OTA (On the Air), dan juga sistem kerja transfer informasi sumber daya.

Tuntutan Nokia kepada RIM ini terbilang bukan pertama kalinya. Sebab sebelumnya di awal Mei 2012 kemarin Nokia menggugat RIM terkait 7 paten di 3 lokasi pengadilan di Jerman. Dua gugatan di Dusseldorf, dua di Mennheim dan 3 gugatan di Munich.

Baca:   Oppo F1 Buka Pre Order di Indonesia Awal Februari 2016

Tak hanya RIM yang menerima gugatan dari Nokia, nasib yang sama pun diterima oleh HTC dan Viewsonic dengan gugatan puluhan hak paten. Dan pergelaran kasus ini terjadi di Jerman dan Amerika Serikat sejak Mei 2012 lalu.

Aktivis HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) Florian Muller angkat bicara dalam blog FOSS Patents-nya, bahwa kemungkinan besar Nokia bakal menang atas gugatan ini, sehingga RIM berkewajiban membayar uang akibat pelanggaran yang telah dilakukan. (AE/thePONSEL).

votes
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 3808 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di theponsel@gmail.com
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments