Nokia Jual HERE Maps ke Audi, BMW dan Daimler Senilai Lebih dari 3 Miliar USD

Nokia-HERE-MapsNokia sepertinya bakal lebih memfokuskan diri ke bisnis lain seperti Virtual Reality (VR). Hal ini diperkuat dengan kabar dijualnya layanan peta digital HERE ke konsorsium pembuat mobil asal Jerman termasuk BMW, Audi dan Mercedes, induk perusahaan Daimler.

Here sendiri merupakan fondasi dasar bagi generasi berikutnya dari layanan yang berbasis mobilitas dan lokasi. Bagi industri otomotif, ini adalah dasar untuk sistem panduan digital yang baru. Peta digital yang sangat tepat akan digunakan dalam kombinasi dengan data kendaraan real-time untuk meningkatkan keselamatan di jalan dan untuk memfasilitasi produk dan layanan baru yang inovatif.

Kesepakatan harga yang tercapai adalah €2,8 miliar atau lebih dari USD $3 miliar. Masing-masing pemegang saham akan memiliki jumlah yang sama dan tidak akan ada usaha untuk memiliki saham mayoritas.

“Pemetaan digital yang memiliki tingkat ketepatan yang tinggi merupakan komponen yan penting untuk mobilitas bisnis di masa mendatang. Dengan akuisisi bersama Here ini, kami ingin mengamankan kebebasan dari pusat layanan ini untuk semua produsen kendaraan, pemasok dan pelanggan di industri lainnya,” ungkap Dieter Zetsche, Ketua Daimler.

Akuisisi ini diperkirakan akan selesai di quarter pertama 2016.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments