NASA Bikin Satelit Berbasis Android

Sistem operasi Android saat ini sudah ‘menerobos’ ke berbagai lini teknologi. Termasuk teknologi luar angkasa. Salah satu buktinyatanya adalah proyek yang dilakukan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), yang dikabarkan tengah menggarap beberapa satelit kecil yang dinamakan “”PhoneSats”.

Seperti yang dilansir thePONSEL dari Mashable Selasa (28/8), NASA tengah mengembangkan dua satelit kecil yang menggunakan smartphone Android untuk menampilkan beragam fungsi yang ada di satelit tersebut. Perangkat smartphone yang digunakan antara lain HTC Nexus One serta Samsung Nexus S.

Baca juga:   3 Kunci Utama Membangkitkan Semangat Bisnis Anak Muda ala ShopeePay

Di situs resminya, NASA menjelaskan bahwa smartphone yang digunakan tersebut menawarkan kemampuan yang dibutuhkan untuk sistem satelit, termasuk prosesor cepat, sistem operasi yang mudah diadaptasi, multiple miniature sensors, kamera beresolusi tinggi, penerima GPS, dan radio.

Baca juga:   EZVIZ Hadirkan Produk Baru dan Promo Ramadan #LebihEazy

Untuk mendukung proyek tersebut, investasi yang dikucurkan NASA terbilang tak terlalu besar. Untuk satu unit satelit, diakalkulasi akan menghabiskan dana sekitar USD 3.500 atau Rp 32 juta.  Rencananya, satelit kecil (PhoneSats) ini akan diluncurkan secara perdana pada akhir 2012, dengan lokasi peluncuran akan dilakukan dari fasilitas milik NASA di Pulau Wallops, Amerika Serikat. (AE/thePONSEL)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments