Mobile-8 Siapkan Infrastruktur Quick Count PILPRES 2009

Setelah sebelumnya ikut menyelenggarakan pelaksanaan perhitungan cepat (quick count) pemilihan anggota legislatif (April 2009), PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) kembali akan menyiagakan infrastruktur layanan data untuh hasil quick count PILPRES 2009 yang diselenggarakan Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) dan akan disiarkan oleh RCTI.

“Diharapkan dengan kehandalan teknologi dan layanan telekomunikasi akses data yang dimiliki oleh Mobile-8 akan dapat mendukung pesta demokrasi bangsa Indonesia. Melalui acara ini kami mengharapkan dapat membantu memberikan gambaran hasil pemilu presiden melalui perhitungan secara cepat yang hasilnya akan ditampilkan secara realtime kepada masyarakat dengan menggunakan layanan akses data untuk menghubungkan server LP3ES dengan server RCTI” ujar Lukas A. Heryanto, Direktur Teknik PT Mobile-8 Telecom Tbk.

Ditambahkan oleh Lukas A. Heryanto, “Selain itu Mobile-8 juga ikut secara aktif mengirimkan pesan singkat (SMS) untuk mengajak para pelanggannya untuk berpartisipasi di acara pesta demokrasi ini dengan menggunakan hak pilihnya pada tanggal 8 Juli 2009 besok. Kerjasama ini merupakan tanggung jawab bersama antar ketiga perusahaan yang ditanggapi secara serius, sehingga menjadi komitmen untuk selalu mendukung proses demokrasi bangsa Indonesia”.

Mengenai kerjasama ini, Direktur LP3ES, Suhardi Suryadi, mengatakan bahwa tantangan bagi lembaga penyelenggara quick count adalah bagaimana ribuan relawan yang tersebar di seluruh Indonesia dapat mengkomunikasikan data hasil pemantauan secara cepat dan aman, sehingga secara agregat prediksi hasil secara nasional juga dapat disajikan secara cepat dan akurat. “Untuk itulah keberadaan Mobile-8 sebagai selular provider sangat membantu proses quick count LP3ES.” Dengan dukungan Mobile-8, LP3ES berharap proses pemantauan dan penghitungan hasil Pemilu Presiden dapat disampaikan secara cepat, tepat dan akurat; sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan Pemilu yang jujur, adil dan transparan.

“Data hasil quick count kami rencana akan diumumkan paling lambat pada pukul 16.00 WIB atau tiga jam setelah TPS ditutup,” lanjut Suhardi.

Selain itu, Arief Suditomo selaku Pemimpin Redaksi RCTI mengatakan, “Ini adalah kerjasama yang melambangkan gabungan berbagai kekuatan seperti pengalaman, integritas, infrastruktur dan tenaga kerja berkualitas. Kombinasi inilah yang akan kami dedikasikan kepada publik Indonesia, bukan hanya sekedar menyajikan yang tercepat dan eksklusif tetapi juga untuk pendidikan politik bangsa ini”.

Pelaksanaan perhitungan cepat (quick count) bertujuan untuk memprediksi perolehan hasil suara pemilu yang disertai survei preferensi pemilih untuk menganalisis pola dan pergeseran pilihan pemilih. Setiap kegiatan didasarkan pada data yang diperoleh dari TPS yang dipilih secara acak yang tersebar di seluruh Indonesia. Berdasarkan pengalaman yang dimiliki LP3ES saat Pemilu Legistatif 2009 kemarin membuktikan dapat diumumkannya hasil quick count  dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments