Manta X7, Smartphone Android Tanpa Tombol Fisik di Sekeliling Bodi

Manta-X7Saat ini, industri perangkat bergerak (mobile device) khususnya smartphone tengah naik daun. Beragam teknologi dan inovasi dihadirkan para produsen dan pabrikan smartphone di seluruh dunia. Sejak melambungnya penggunaan layar sentuh di sebagian besar produk gadget, keberadaan tombol akses konvensional (fisik) pun kian berkurang. Sebagai gantinya, muncul tombol sentuh kapasitif yang akhirnya membuat disain gadget jadi lebih minimalis dan elegan.

Namun, dari sekian banyak produk smartphone yang beredar di pasaran, belum ada yang benar-benar menerapkan konsep “bottonless” alias tanpa tombol akses. Hingga akhirnya muncul rumor terbaru terkait sebuah produk smartphone yang digadang-gadang tanpa tombol fisik di sekujur bodi. Ponsel pintar besutan brand asal Shanghai, China Science and Technology C0., Ltd berkode Manta X7 ini kabarnya sedang dalam tahap pengembangan.

Tidak banyak detail mengenai bagaimana cara kerjanya, tetapi bisa ditebak salah satu dari sisi telepon akan menggunakan sensor-bar, yang akan mendeteksi keberadaan ibu jari pengguna dan menyesuaikan keypad telepon agar mudah diakses dengan jari tersebut.

Sensor yang sama ini akan mungkin juga digunakan untuk pengaturan volume, geser ke atas dan ke bawah bezel bisa menjadi cara yang nyaman untuk mengantikan tombol fisik. Ada juga spekulasi bahwa kontrol akan dilakukan melalui gerakan di layar, seperti yang ada di Oppo Color OS memungkinkan pengguna untuk mengatur tingkat volume dengan menyeret dua jari di layar, atau membuka berbagai aplikasi dengan menyentuh layar atau bahkan dengan teknologi air gesture.

Smartphone tanpa keypad fisik ini juga dikabarkan bakal hadir dengan OS kustom yang dibangun berdasarkan platform Android dengan nama MO7os. Sayangnya, spesifikasi detail dari Manta X7 sendiri sangat minim, dan kemungkinan besar prosesornya menggunakan MediaTek.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments