Layanan Call XL Melonjak Hingga 870 juta Menjelang dan Selama Lebaran

Menjelang dan selama hari raya Idul Fitri 2008 ini, layanan voice (call) PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) mengalami lonjakan hingga 870 juta panggilan, atau mencapai trafik hingga 149%. Sementara, di sisi jaringan tetap normal dan lancar melayani kebutuhan jasa para pelanggan setianya.

GM Corporate Communications XL Myra Junor mengatakan, “Pola yang kerap terjadi dari tahun ke tahun adalah lebih tingginya lonjakan trafik SMS mulai H-2 hingga puncaknya di H-1. Namun sejak 2 tahun ini, lonjakan trafik panggilan voice lebih tinggi dari pada trafik SMS, dimana pelanggan XL ternyata lebih banyak menelpon sehingga terjadi peningkatan trafik yang tinggi. Hal ini terjadi karena dipicu oleh promo tarif telepon yang dikeluarkan XL bagi pelanggan XL prabayar maupun pascabayar.”

Lebih lanjut Myra menambahkan bahwa dibandingkan dengan tahun lalu, lonjakan panggilan voice mulai tampak pada H-2. Puncak meningkatnya trafik panggilan terjadi pada hari H atau Lebaran hari pertama (1/10) hingga 149% atau sekitar 870 juta panggilan dibanding tahun lalu yang mencapai hampir 350 juta panggilan. Sedangkan pada H-1 Lebaran 2008 (30/9) terdapat peningkatan trafik panggilan 143% atau sekitar 850 juta panggilan dibanding tahun lalu yang mencapai 350 juta panggilan. “Namun demikian kami juga mengalami lonjakan trafik SMS hingga mencapai 100 juta pada H-1 dan pada hari H lebih dari 100 juta, melonjak 6% lebih tinggi dari H-1 tahun lalu yaitu sekitar 94 juta SMS dan 16% dibandingkan hari H tahun lalu yang mencapai 86 juta SMS,” jelasnya.

Trafik SMS di hari-hari normal pada jam sibuk mencapai 60 juta per hari. Sementara trafik panggilan keluar rata-rata adalah 380 juta per hari. ” Peningkatan trafik selama Hari Raya Idul Fitri ini sudah kami prediksi akan mengalami lonjakan. Untuk itu XL sebagai salah satu penyedia jasa telekomunkasi terkemuka di Indonesia sudah siap menghadapi lonjakan trafik dan telah melakukan antisipasi dengan meningkatkan kapasitas voice hingga 1,5 kali lipat, bahkan hingga 2 kali lipat di beberapa daerah tujuan mudik. Sehingga kami bersyukur bahwa jelang dan selama hari raya tidak terjadi gangguan yang berarti dan performa jaringan kami mampu menampung lonjakan yang terjadi,” pungkasnya.

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments