Kuartal 1 2012, Penjualan Tablet Meningkat Hingga 2 Juta

Saat ini sudah ada tiga OS besar yang tengah bertarung di pasaran dunia yakni BlackBerry, Android serta iOS. Meski sebelumnya BlackBerry mendominasi hampir di semua lini, namun Android mulai mencuri posisi BlackBerry dan iOS lewat open source-nya.

Selain smartphone, Android pun mulai ‘menjarah’ segmen Tablet PC. Kira-kira, seberapa besar daya jual tablet dan sampai berapa lama mendominasi?

Handset yang didominir OS Android saat ini terpaku pada tablet. Jika ditanya, sampai seberapa daya jual tablet dan hingga bersela berapa tahun lagi peruntungannya?

Berdasarkan hasil survey yang thePONSEL lakukan di berbagai sentra penjualan handphone. Di ITC Roxy Mas-Jakarta untuk segment tablet masih tumbuh peminatnya. Di gedung WTC Surabaya sebagai sentra ponsel jujukan masyarakat Surabaya nampak sedikit perbeda terkait penjualan tablet.

Di WTC penjualan tablet sempat menurun daya jualnya hingg 12 persen. Hal ini disebabkan hadirnya BlackBerry dengan banderol murah meriah. Begitu pula dengan serbuan smarphone Android besutan Samsung. Hal ini dikatakan oleh Candra Irawan selaku Owner PT Garuda Teknik yang berkantor di gedung WTC tersebut.

Daya jual tablet akan diperkirakan mengalami peningkatan hingga 5 – 6 tahun ke depan. Bisa jadi keberadaan pocket PC, PC serta notebook bakal tergeser deras tablet ini.

Pasar Surabaya sedikit berbeda dengan Jakarta, di wilayah ini penjualan notebook tercatat masih stabil. Kondisi ini nampak pada transaksi toko PC maupun netbook dan notebook yang bertengger di kawasan Hi Tech Mall Surabaya.

Secara global, menurut  Agustinus Sutandar, Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) mengatakan bahwa sudah terjadi pergeseran permintaan dari notebook menjadi tablet, tehitung sejak Januari hingga Mei 2012 sempat terjadi penurunan pada penjualan PC.

Pergeseran tersebut menurut Agustinus sudah mencapai 600 persen atau bisa dikatakan 6 kali lipat dibanding periode sebelumnya. Hingga kuartal pertama 2012 penjualan tablet tercatat 320 ribu unit skala nasional.

“Kondisi mulai berubah dengan adanya tablet di tahun 2011, jika diurut kondisi market share di 2009 hingga 2010 merupakan masa peralihan notebook. Untuk 2012 ini diperkirakan pasar tablet meningkatan hingga dua juta unit,” tandas Agustinus.(AE/thePONSEL)

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments