Iran Buka Blokir YouTube dan Gmail?

Jika sebelumnya Iran dikabarkan mem-blokir akses Google serta layanan turunannya seperti Gmail dan YouTube, kini Negara tersebut kembali membuka ‘keran’ untuk akses semua layanan Google tersebut. Hal ini sempat ditanggapi oleh sekertaris badan lembaga pengawasan konten nasional Iran, Abdolsamad Khoramabadi. Ia mengatakan, layanan Google akan difilter sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Mohammad Reza Miri, anggota komite kementerian telekomunikasi Iran juga menambahkan bahwa blokir Gmail tersebut akibat ketidak sengajaan  saat penerapan sensor untuk YouTube diberlakukan. Miri juga mengaku pihaknya belum menguasai pengetahuan teknis cukup untuk membedakan dua layanan ini. Sebenarnya pihaknya menargetkan YouTube dan Gmail diblokir.

“Kami tak ingin YouTube bisa diakses di Iran. Oleh karenanya kementerian telekomunikasi Iran mencari solusi perbaikan masalah memblokir YouTube di bawah protocol HTTPS dan untuk sementara Gmail  dinon-akseskan. Dan ini akan kami lakukan” tandas Miri.

Seperti yang dilansir thePONSEL dari AFP Senin (1/10), pengguna internet di Iran kembali dapat mengakses layanan Google dengan lancar. Akun Gmail, YouTube serta search engine Google versi secure (HTTPS) juga bisa diakses usai terblokir di waktu yang sama. Namun, untuk mesin pencarian Google versi unsecure (HTTP) tak diblokir. (AE/thePONSEL)

vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments